Minggu, 24 April 2016

Petirtaan Kuno di Cangkiran Mijen Semarang

Petirtaan Kuno di Cangkiran Mijen Semarang
Minggu, 24 April 2016

     Akhirnya terlaksana juga, Blusukan bareng Dewa Siwa area Mijen (plus sekitarnya) ini. Sebenarnya Lek Trist, Lek Suryo dan Mas Imam sudah sedari pagi muter-muter di Gonoharjo area (Kebetulan saya sudah pula menelusuri : Candi Gonoharjo, 4 Kemuncak Gonoharjo).
gang menuju petirtaan cangkiran
     Saya tunggu mereka di terminal cangkiran, sambil menunggu rekan lain : Mbah Eka yang merapat pula. Setelah barang sebatang rokok habis kami lanjut menuju info lama dari Kang Mas roso tentang Petirtaan Kuno di Cangkiran ini. (Lek Trist yang kebetulan sudah pernah berkunjung menjadi guide. 
    Dari terminal, kami ambil arah BSB.. melewati Gang (sebelah kanan menuju Yoni Mbah Badur), 50m kemudian di sebelah kiri masuk Gang. Tak Sampai 100m sampailah di rimbunan pohon bambu. Sampailah :
Petirtaan Kuno di Cangkiran Mijen Semarang
    Informasi yang kami dapat, dari kang Mas Roso tersebut sebenarnya sudah sejak lama kami dapat, yang fenomenal adanya relief buto yang nampaknya sebagai pancuran air, karena berlubang tembus belakang di mulut buto itu.
sumber foto : Kang mas roso

     Tahun ---- saat Kang mas Roso ke lokasi ini, beliau memberikan gambar yang sangat menarik hati kami..
model juga lek trist
Petirtaan Cangkiran : kondisi November 2015
    Namun saat Lek Trist 'sang pendahulu" ke sini sudah raib, Sekitar bulan november 2015 Lek tris ke lokasi ini, namun.
   Sayang sekali kami tak kebagian melihat secara langsung. Semoga bukan hilang, namun diamankan oleh warga....
mata air petirtaan cangkiran
    Di gambar lek Trist, petirtaan Cangkiran rungkut alias banyak ditutupi rumput liar, air juga belum mengalir dari pipa besi. 
    Saat kami datang ke pertitaan ini, air segar dan dingin mengalir dengan jernihnya. dari mata air yang muncul dari lubang di lereng jalan kampung.
     Saking jernihnya, gambar aliran air dari mata air itu tak nampak... amazing!!. Semoga tetap lestari dan selalu memberikan manfaat bagi makhluk hidup. Rahayu..
     Yang masih tersisa dan membuktikan bahwa sendang ini dulunya Petirtaan kuno, keberadaan watu candi kotak berukuran besar, beberapa mempunyai pola tertentu.
    Selain ada yang di jadikan betengan, ada pula yang dijadikan alas untuk mandi/ cuci pakaian warga. (minimal masih punya manfaat).
      Ada pula batu yang berelief dan ada hiasan di ujungnya, nampak seperti hiasan di ujung bangunan petirtaan

     Video Amatir, property ne lek suryo :  


Blusuk Bersama :
Mbah Eka, Lek Trist(duduk), Saya @ssdrmk, Lek Suryo dan Mas Imam


Save This, Not Only a Stone

Mari Kunjungi dan Lestarikan
Petirtaan Kuno Cangkiran : ssddrmk was here


Salam Pecinta SItus dan Watu Candi

---Perjalanan penelusuran berlanjut.....

Kamis, 21 April 2016

Jejak Peradaban Hindu Di Dusun Nglarangan Desa Candi Bandungan

Situs Nglarangan Desa Candi Bandungan
     Kamis, 21 April 2016, tradisi Blusukan "Kemisan" berlanjut. Kali ini saya menjadi penumpang yang benar-benar diantar ke lokasi: Trims to Lek Suryo Idein. Awalnya hasil blusukan beliau beberapa saat yang lalu bersama rekan DEWA SIWA yang lain : Lek Wahid. Saat hasil penelusuran di posting di grup... membuat saya ingin segera nyusul alias njaluk diterke. 
Gambar 1 : Menuju Candi Gedong songo (google street)
      Singkat cerita, jadilah saya menuju Dusun Larangan Desa Candi, Tak Jauh dari Kompleks Candi Gedongsongo.
    Start dari Perpustakaan Ambarawa jam 3 sore kami melaju melewati Bandungan, jalanan relatif tak ramai, mungkin efek cuaca agak mendung. 
Gambar 2
     Setelah sampai di SPBU, Bandungan, belok kanan mengikuti arah menuju  Candi Gedongsongo (gambar 1). 
     Kira-kira 500 meter kemudian, di sebelah kiri ada Gapura dan papan arah menuju Dusun Larangan, ikuti petunjuk tersebut. (Gambar 2). Masuk ke perkampungan di dusun Nglarangan, kira-kira 500m ketemu dengan pertigaan. Tepat di pertigaan ada Poskamling. 
Watu candi di Poskamling Dsn Nglarangan Desa Candi bandungan
     Watu purbakala yang saya ingin telusuri tepat berada di Poskamling ini. Info keberadaan watu purbakala di lokasi ini tak jelas kami dapatkan. "Ya watu itu dah ada sejak nenek moyang" jelas pencari rumput yang kebetulan berada dekat dengan kami. Sebenarnya ada beberapa ibu-ibu yang awalnya penasaran dengan aktifitas kami mendokumentasikan watu purbakala ini. Namun sayangnya dengan wajah yang sama sekali tak welcome. "Ndherek mirsani watu niki bu",... kami mencoba beramah-tamah... namun yang kami dapat hanya lirikan saja. Kejadian ini kami kami alami 3 kali dengan ibu yang berbeda (tentunya dengan beragam respon, bahkan  ada yang hanya melihat saja= cuek.
   Padahal kami berharap ditanya, kemudian akan kami tanya balik... hehehehe--- 
   Entah apa yang terjadi, namun kami positif saja, yang penting niat kami baik. Dalam hati saya, sangat ingin tahu ihwal sejarah dusun yang diberi nama Nglarangan ini... sangat penasaran namun penasaran itu tak terjawab. (Adakah yang bisa bercerita?)

   Watu purbakala, yang masih terlihat dengan baik ada 2 Yoni, Umpak, Lapik arca.
Yoni, 
    Ada 2 Yoni yang berbeda bentuk dan ukuran di Dusun Nglarangan ini, Sebelumnya saya akan selipkan ulasan mengenai Yoni :
    Yoni adalah landasan lingga yang melambangkan kelamin wanita. Pada permukaan yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat di bagian tengah – untuk meletakkan lingga.
   Yoni merupakan bagian dari bangunan suci. Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, seringkali di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. 

: yoni nglarangan : Berdenah kotak bujur sangkar
     Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan laubang yang membentuk cerat. Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat.
cerat yoni nglarangan
     Bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca. Lingga dan Yoni mempunyai suatu arti dalam agama setelah melalui suatu upacara tertentu. Sistem ritus dan upacara dalam suatu religi berwujud aktivitas dan tindakan manusia dalam melaksanakan kebaktiannya terhadap Tuhan, dewa-dewa, roh nenek moyang dalam usahanya untuk berkomunikasi dengan mereka. 
Yoni sederhana : Nglarangan Candi Kec. bandungan
     Dalam ritus dan upacara religi biasanya dipergunakan bermacam-macam sarana dan peralatan, salah satu di antaranya adalah arca.
   Yoni sederhana (yang nampaknya berusia lebih tua dari Yoni yang penuh ukiran disebelahnya)... ---kesimpulan saya pribadi---. (kami belum dafat info lebih lanjut, ini yoni atau lapik arca). 
     Namun saya memberanikan diri menyimpulkan ini Yoni dari keberadaan Cerat dan lubang dimana lingga berada.--bila nanti ada sejarahwan/ arkeolog , dengan senang hati bila tulisan saya ini dikoreksi----
Lapik Arca, 
Lapik Arca Dsn. Nglarangan Desa Candi Kec. Bandungan
    Di sebelah depan PosKamling, di semen lapik arca. Dari Bapak Pencari rumput dulunya ada arca diatas lapik ini. "Sekitar 10 tahun yang lalu masih ada. bentuknya seperti patung. Makanya sekarang bawahnya di semen seperti itu biar tak hilang", jelas beliau.
   Saya tak mengambil secara detail lapik arca ini, karena saat ambil gambar (hanya 2 kali jepretan)... ada pandangan tak bersahabat dari seorang ibu pemilik warung sebelah poskamling. Itu juga yang membuat saya urung beli air minum di warung beliau...padahal dahaga sudah menyiksa. --lebay tapi tenan---
Umpak
    Sementara itu ada 2 watu purbakala, saya duga termasuk dari struktur bangunan suci yang erat pula kaitan dengan kedua Yoni dan lapik arca ini : bisa umpak, bisa pula kiasan pada atab bangunan suci atau pagar kompleks peribadatan.
    Sementara watu purbakala yang satu sangat abstrak bagi saya untuk mengetahui bagaimana bentuknya, karena nampak sudah terbelah alias pecah







    Video Amatir Blusukan di Dusun Nglarangan Desa Candi bandungan (Property pinjam Lek Suryo) : (Proses uplod You tube)

    Blusuk di temani guide :
Suryo idein : sang pengantar di Situs Nglarangan Candi Kec. Bandungan

Salam Pecinta Situs dan Watu Candi...
@ssdrmkdi Nglarangan Desa Candi Bandungan
Mari Kunjungi dan Lestarikan

--Perjalanan lanjut..... Ke Candi Garon Sumowono, melewati Candi Asu Bandungan.

Toleransi sejarah di Situs dusun Candi Desa Candigaron Sumowono

Situs dusun Candi Desa Candigaron Sumowono
          Kamis 21 April 2016, Setelah penelusuran situs di Dusun Nglarangan, kami jalan terus saja dan ternyata (saya baru tahu), jalan kampung ini tembus ke Jalan menuju Candi Asu Bandungan. Kemudian tembus ke Jalan Sumowono-Temanggung. Kami mengikuti jalur itu, sesampainya di pertigaan Pasar Sumowono kami ambil arah kiri (bila lurus arah Boja/Limbangan).
Gerbang Desa Candigaron Sumowono
    Kira-kira 1km, setelah jembatan kemudian jalan nanjak dan menikung ada pertigaan (tepatnya di desa Lanjan Sumowono) ambil arah ke kanan menuju Temanggung. 
     Laju pelan-pelan karena jalur ini jalan tak lebar dan berkelok-kelok selain itu tujuan kita kali ini tak terlalu jauh. 
gambar x : menuju Situs Candi Desa Candigaron
    Tak Sampai 1000m di sebelah kiri akan kita temui Gapura Menuju Desa CandiGaron Kecamatan Sumowono. Sebenarnya dari sini (kuranglebih 4km ada situs yang cukup fenomenal bagi saya dan kawan2 Dewa Siwa: Situs Kaloran Temanggung).
    Kembali ke tujuan kami, dari pintu gerbang desa Candi garon, kemudian melewati SMPN 2 Sumowono. Laju lagi kira-kira 1000m ketemu dengan pertigaan (gambar x) ambil ke kiri. Dari Pertigaan ini jalan menanjak, melewati sebuah Gereja, Di pertigaan ada masjid, terus sampai ketemu dengan Stupa yang berada di atas atap sebuah bangunan
      Sampailah kita 





        Nampaknya ini yang oleh warga di kenal dengan Vihara Vidyasasana. Dari bangunan yang terdapat sebuah stupa diatasnya. Saat saya masuk...sebuah pemandangan yang "Membuat saya aneh".... Ada Yoni-Lingga-Peripih di Vihara....


    Bahkan informasi lokasi ini yang saya dapat dari Lek Wahid, ternyata dia pun sungguh penasaran, sampai wanti-wanti nunut tulisan "Perpaduan aneh peninggalan hindu di sebuah bangunan Budha", kata Wahid.  (Ini pula yang menjadikan saya nulis nya cukup lama karena nyari referensi dulu.... Yang paling memuaskan hati saya adalah penjelasan tentang simbol swastika didada Sidharta Gautama: Referensi nomor 5 
Yoni - Lingga : Situs dusun Candi Desa Candigaron Sumowono
   Yoni, 
    Yoni Candigaron ini surah rusak, namun masih ada lingganya.


  Yoni adalah landasan lingga yang melambangkan kelamin wanita  . Pada permukaan yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat di bagian tengah – untuk meletakkan lingga – yang dihubungkan dengan kehadiran candi. 


    Bentuk Yoni  berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, seringkali di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan laubang yang membentuk cerat. Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. 

     Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. Beberapa ahli mengemukakan bahwa bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca. 

Peripih, 
Situs dusun Candi Desa Candigaron Sumowono
    Garbhapatra atau Peripih adalah kotak bisa terbuat dari batu atau logam (emas) untuk menaruh benda-benda yang mewakili 5 unsur utama, yaitu: api, air, udara, tanah, dan ether.
Situs dusun Candi Desa Candigaron Sumowono
     
     Patung Sidharta Gautama dan Watu Candi _______ (saya sengaja mengosongi karena terus terang saya tak paham apa nama, fungsi nya---- (mohon pencerahanya)).
     Terlihat tempat suci ini masih digunakan untuk beribadah bagi umatnya, terlihat dari banyaknya dupa dan sisa pembakaran kemenyan.
     Saat kami rehat sebentar di luar bangunan suci ini, pandangan saya seperti tersedot oleh du watu candi. Setelah kami dekati ... Ternyata:
Batu Berelief



    di dekat tandon air malah ada watu kotak yang saya duga bekas unsur sebuah bangunan suci


      Ada juga watu candi yang mirip dengan pucuk sebuah stupa :

     Bukti bukti watu candi, menguatkan dugaan saya pribadi adanya bangunan suci umat Hindu - Budha  di area ini--
     Video Amatir Situs Candigaron :




       Duet Blusukan....
Suryo was here : Candi Garon Sumowono



          

     Mari Kunjungi dan Lestarikan.....
@ssdrmk was here : Candigaron Sumowono

Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

     Sumber bacaan saya, menjawab kebingungan saya saat mendapati ada patung shidarta dengan lambang swatika di dadanya ditempatkan berjejer dalam satu baris di dalam satu ruangan yang sama : sejarah tanpa tahu secara benar, akan berakhir menjadi "Katanya alias jarene".
    Dari penelusuran ini, saya mendapatkan kesimpulan jika Ada benang merah antara Hindu dan Budha, terutama simbol Swatika tersebut.... RAHAYU
Referensi:
  1. http://hinduismegue.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-agama-hindu-setelah-zaman.html
  2. http://budhaisme.blogspot.co.id/2013/06/aliran-aliran-dalam-agama-budha.html
  3. http://kisahasalusul.blogspot.com/2015/10/persamaan-dan-perbedaan-agama-hindu-dan-budha.html
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Gautama_Buddha_dalam_agama_Hindu
  5. https://adnyawayan.wordpress.com/2012/07/11/arti-lambang-swastika-dalam-agama-hindu/
  6. http://www.batanggallery.or.id/p/penulis-egga-pramuditya-mahasiswa.html
---Saya menerima pencerahan/ wawasan baru mengenai topik yang saya maksud diatas..... koreksi ataupun melengkapi pengetahuan saya yang dangkal sangat saya harapkan...Matursembahnuwun...---

Sabtu, 09 April 2016

Watu Lumpang Situs Polaman Mijen Semarang

Watu Lumpang Situs Polaman Mijen Semarang
     Sabtu, 9 April 2016. Awalnya saya mendapat beberapa info dari Kang Mas Roso melalui Percakapan di Messanger Fb. Ketika saya ngajak beberapa rekan responnya belum pasti, kebetulan cuaca pun tak bersahabat, alias hujan sederas-derasnya. Pikir saya tak kan ada rekan yang akan datang. Eh, ternyata.... saat mulai reda, tapi tetap rintik-rintik...Mbah Eka nongol di depan Rumah. 
    Jadilah kami Blusukan weekend, karena start sudah sore, kami sepakat hanya menelusuri 1 lokasi saja. Yaitu di area polaman, tepatnya watu Lumpang di Makam Kyai Ori. Dari Rumah saya, perjalanan melewati Pasar Gunungpati, terus ke arah Boja. kira-kira 5 menit, ada Puskesmas Polaman, di seberang jalan ada ****mart. 
Puskesmas Polaman

   Karena saat itu jalan ramai sekali, akhirnya saya memutuskan untuk memutar di dekat makam (sebelum SPBU), Saat memutar itulah saya sempatkan untuk menelusuri 'apakah ada tinggalan purbakala' di makam, karena khas pohon besar dan mata air di area makam ini, setiap saya lewat jalur ini selalu penasaran. Makam yang kami singgahi : makam Sebumi
    Setelah beberapa saat, kami cari yang kami maksud untuk sementara nihil. Kemudian kami bertanya pada ibu yang jualan di warung depan makam. "Di sana malah ada makam kuno, Makam Kyai Aji, Kalo Kyai ori dekat ****mart, di sampingnya ada rumah jelek, lha di belakang rumah itu mas", jelas Ibu tersebut, tentunya dalam bahasa jawa. 
    Kami segera menuju lokasi, kami tanya arah kepada bapak tukang ojek, tanpa kami duga, malah beliau berkenan mengantar kami. Video Amatir Makam Kyai Aji: 

        Warga masyarakat percaya, Kyai Aji ini dulunya yang merencanakan, membangun dan mengurus tata pengairan jaman dulu. Yang konon area Polaman ini menjadi lahan subur gemah ripah loh jinawi. 
    Beberapa saat kami di makam Kyai Aji, kami tak menemukan tinggalan purbakala berujud watu (seperti yang kami maksud), kemudian kami menuju lokasi berikutnya, 100m dari "makam kyai Aji" kami parkir di halaman toko xxxxmart tersebut, kemudian 'kulonuwun' ke empunya rumah sebelah toko ini --maksud saya yang kulonuwun mbah eka--- saya menyerahkan urusan ini sepenuhnya kepada beliau... hhahahahaha, alibi saya yang sebenarnya takut bin sungkan alias males ber-birokrasi---
     Beberapa waktu nego, akhirnya kami diperbolehkan mengunjungi Watu Lumpang yang tepat berada di belakang rumah beliau (kira-kira hampir seperempat jam Mbah eka ini negoisasi). "Awalnya sempat tak diperbolehkan, namun dengan jurus pamungkas luluh juga bapak tersebut", jelas Mbah Eka
    Kyai Ori sendiri, seperti yang dituturkan Pak Jarot Kepada kami adalah seorang ulama yang 'bubak yoso' alias babat alas mendirikan sebuah pemukiman yang saat ini dikenal dengan Polaman, sambil menyebarkan agama Islam. "Kyai Ori juga guru Mengaji", jelas Pak Jarot yang konon dulunya jagoan desa.
     "Makam kyai ori sebenarnya secara pasti belum diketahui letaknya, bahkan kyai atau sesepuh setempat "Kyai Rosyad"juga masih ragu, namun memang berada di sekitar area makam yang sekarang", jelas Bapak Jarot.
     Watu lumpang menurut penjelasan dari Bapak Jarot, pindahan dari  desa sokorame Gunungpati. Ditempatkan di pojokan area makam. "Dulu saya buatkan bangunan peneduh untuk makam Kyai Ori, namun beberapa waktu lalu roboh", jelas Bapak Jarot. "Karena tak ada yang merawatnya (merawat dalam artian luas)",  tambah beliau.
Watu Lumpang Situs Polaman Mijen Semarang

     Menurut Ibu yang mendampingi kami (kami lupa tanya apakah Ibu ini anak/istri Bapak Jarot). Hingga saat ini, selain banyak yang ziarah di Makam Kyai ori, ada pula yang ritual di watu Lumpang Polaman ini.
Watu Lumpang Situs Polaman Mijen Semarang
    "Ada yang ritual cuci muka menggunakan air dari watu lumpang, ada pula yang membersihkan watu lumpang kemudian mengisi dengan air yang berasal dari beberapa mata air", tambah Ibu tersebut.
 

    
    Video Amatir Watu Lumpang Polaman : 



     Blusuk "weekend" Bersama Mbah Eka, sang Peluluh Hati: 
Mba eka di Watu Lumpang Situs Polaman Mijen Semarang

     


















     Mari Kunjungi dan Lestarikan...

@ssdrmk di Watu Lumpang Situs Polaman Mijen Semarang
     



















    Salam Pecinta Situs Watu Candi, Save This Not Only a Stone!!

Kamis, 07 April 2016

Kemuncak Situs Topi Bandung Bondowoso Sumurejo Gunungpati

Kemuncak Situs Topi Bandung Bondowoso Sumurejo Gunungpati
     Kamis, 7 April 2016... Blusukan Kemisan berlanjut, walau sempet beberapa rekan duet kemisan berhalangan...namun usaha terakhir saya nego Mbah Eka berhasil.... Lumayan Menambah Eksistensi berlangsungnya "Ritual Kemisan" ---heheheheh, kalimat rodo lebay----
    Janjian jam setengah 4di depan SKB Gunungpati (Dulu bekas SD Sumurjurang- Saat ini desa Sumurjurang berganti nama menjadi Kelurahan Sumurejo---end.) Yang familiar, sebelum perempatan menuju Unnes. Dulu saat Wilayah ini masih ikut Kabupaten Semarang, dikenal dengan Desa Sumurjurang, Setelah Ikut Kota Semarang berubah menjadi Sumurejo, ---Barangkali karena nama Sumurjurang tak elok....
    Dari SKB, kami ambil arah kiri tepat di gang ada toko kelontong, (kalo malam ada penjual Nasi Goreng Favorit saya- Nasgor Jagad Rasa--- nama anak saya sama heheheh). Masuk gang tersebut... lurus terus kira-kira 700m , bila sahabat ketemu dengan beberapa bangunan milik PDAM, kemudian ada portal (motor bisa masuk), terus saja..... Melewati Penyimpanan air tinggalane 'londo' : Brongebow 'Moedal, tertulis tahun pembuatan 1911.
Brongeboe Moedal 1911
    Kemudian menyusuri jalan setapak disamping pagar bangunan ini. Suasana sangat berbeda disini...udara terasa sangat lembab, mungkin selain area penyimpanan air juga rimbunan pohon bambu sungguh lebat, ---Agak merinding juga--- barangkali si "Naja" berdomisili di bawah rumpun bambu itu.... Naja alias si sendok mematikan....masyarakat familiar dengan cobra----
pohon sekepeng
    --Saya tantang rekan saya max trist dan suryo idein untuk menelusuri lantai candi yang konon ada di sekitar rumpun bambu ini......----
     Parkir di halaman belakan penyimpanan air, jalan kaki menyusuri kebun kosong milik warga (--belum dapat sumber siapa yang punya lahan ini), Kemuncak tepat berada di bawah pohon 'sekepeng'.
   Ketika saya mendengar nama situs ini topi bandung Bondowoso, alis naik, alias saya bertanya-tanya..... kok bisa?.... Karena teringat cerita rakyat tentang Bandung Bondowoso vs roro Jongrang..... penasaran, apa hubunganya.....
Kemuncak Situs Topi Bandung Bondowoso Sumurejo Gunungpati
    Menurut cerita yang didapat mbah eka, Kemuncak ini di kenal warga secara turun temurun dengan nama Topi bandung Bondowoso, 
    Alkisah..
 Ketika Bandung Bondowoso ingin membangun candi di daerah kekuasaanya, beliau mencari batu di sekitar Gunung Ungaran. Saat itu melihat raja Jin di kejauhan, seperti dalam cerita rakyat yang berkembang, Bandung Bondowoso adalah penakhluk ribuan jin yang dikemudian hari ikut membantu membangun Seribu candi di Prambanan; memenuhii syarat Roro Jongrang. Setelah tahu, bahwa yang ada di situ adalah Bandung Bondowoso yang sakti mandraguna, raja Jin tersebut melarikan diri dan bersembunyi. Karena kesaktiannya, Bandung Bondowoso tetap mengetahuii lokasi persembunyianya. Kemudian Dilempar dengan batu yang sebenarnya baru dibuat kemuncak. Begitulah tutur tinular yang di ceritakan kepada saya melalui Mbah eka, tentu saja dengan sedikit improvisasi kalimat.

Kemuncak Situs Topi Bandung Bondowoso Sumurejo Gunungpati
    Sudah sejak lama, Kemuncak ini diabaikan oleh warga  , Shahdan...semenjak ada seorang anggota TNI yang bermimpi ada sebuah batu peninggalan leluhur, kemudian beliau kesini dan membersihkan sekitar area ini, Bahkan membuatkan lantai 1m mengelilingi kemuncak itu. Dan Kata warga, "Ya itu satu-satunya orang yang peduli"....   

      
     Sayangnya saat kami kesini, tak membawa alat, sehingga cara kami memuliakan kemuncak ini ya sebisa kami..... 
lantai kemuncak terlihat setelah kami bersihkan rumput yang menutupi



     
        Di area ini, kami meyakini sebenarnya bukan hanya kemuncak ini... dari geografi dan geologi tanah; seperti subur, dekat dengan mata air dan berada di pegunungan. Saya 1000% yakin dulunya ada bangunan suci di area ini. Dari auranya saja cukup menggetarkan kami.... Kecurigaan kami, banyak watu bangunan suci itu dipakai saat londo kompeni membuat penampungan air. Baik dipakai sebagai pondasi atau dindingnya. Begitu luasnya bangunan penampung air, serta nama moedal yang dipakai, moedal dengan arti atau sinonom kata air mancur/ yang keluar memancar dari dalam tanah.... menguatkan dugaan saya. Ada "Sebuah bangunan suci masa lalu, erat kaitannya dengan Gunung dan Mata Air." Gambar foto saya ambil dari belakang Brongebow Moedal": 

     Video Amatir : 












      Blusuk bersama Mbah Eka.... Pemandu sekaligus Narasumber tangan kedua, plus silehan topi....wkwkwkwk lengkap sudah peran beliau...:




















Salam Pecinta Situs dan Watu Candi...
@SSDRMK di Kemuncak Situs Topi Bandung Bondowoso Sumurejo Gunungpati

























Save This Not Only A Stone!!!
Yuk Kunjungi dan Lestarikan