Sabtu, 16 September 2017

Situs Lapik Trisobo, Meteseh Boja

Situs Lapik Trisobo, Meteseh Boja
           Sabtu, 16 September 2017. Lanjutan dari Situs Lumpang Mijen Semarang,  penelusuran hari ini destinasi utama kami desa Trisobo Meteseh Boja. 
Pertigaan menuju Trisobo : ambil kana
      Dari Mijen, kami kemudian menuju arah Boja, setelah Kantor kecamatan Mijen tepat di pertigaan depan kelurahan Bubakan, ambil kanan. Tak berapa lama melewati jembatan yang cukup besar, konon informasi yang diterima oleh LekSur, dibawah jembatan ini ada petirtaan kuno dan pecahan baru bata kuno (banon) yang berukuran besar, sementara tak jauh di gumuk ada makam yang masih ada beberapa banon.
Di Pinggir Jalan Trisobo
     "Informasi itu dari Imam, dia mendapatkan  dari tangan ke dua, kang mas Roso. Kalau waktu masih cukup, nanti saja saat pulang", jelas lekSur, aslinya dengan bahasa jawa Semarangan. Dengan pertimbangan tertentu saya translate saja. Hahaha.  Saya idem saja tentang destinasi.
       Dari jembatan, terus menuju Desa Trisobo. Kira-kira 2 km kemudian dari kejauhan terlihat tujuan pertama kami, dipinggir jalan kampung.
     Berada didepan warung milik warga, tepatnya di Jl. Den Ayu Putri RT 07 RW II Trisobo. Sambil beli teh kami minta ijin si empunya rumah.
     Lapik, (mohon pencerahan bila tidak tepat) bisa sajen bisa pula arca.  
      Kondisi sudah tidak 100% dimana di salah satu sisinya sudah rompal. Di hampir semua bagian lapuk ditumbuhi lumut.
Situs Lapik Trisobo, Meteseh Boja
     Info terakhir yang kami peroleh, lapik ini didapat dari lokasi yang menjadi tujuan akhir penelusuran hari ini ; di sebuah gumuk yang konon ada reruntuhan bangunan suci masa lalu, masih di Trisobo.
Situs Lapik Trisobo, Meteseh Boja
        Sayangnya tuan rumah tak tau ini apa, fungsinya apa dan kenapa diambil tak ada jawaban pasti. Kemungkinan yang membawa ke lokasi ini pun ta mewariskan tujuan serta usaha nya, yang mungkin dulu bertujuan positif menyelamatkan (mencoba positif), walau kemungkinan yang lain adalah rasa memiliki nya ditonjolkan. 
Situs Lapik Trisobo, Meteseh Boja
      Maaf... bukan bermaksud negatif, semoga direspon (para pemuda di,Trisobo) dengan usaha nyata lebih memuliakan batu peninggalan ini, jangan abai agar tak hilang benang sejarah desa mu : potensi wisata alam dan sejarah budaya Trisobo cukup menjanjikan.

Video Amatir : 


The Partner : Lek SUR
Suryo Wibowo : di Lapik Trisobo





















Mari Kita Lestarikan , 
Salam pecinta situs dan waktu candi.
 #takperlutenar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar