Jumat, 22 September 2017

Menengok Situs Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan Kbupaten Semarang

Menengok Situs Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan Kbupaten Semarang
         Jumat, 22 September 2017. Destinasi ketiga blusukan Jumat ini, Situs Arca Nandi UKSW kemudian Petirtaan Kuno di Sendang Tlogo Sukoharjo Pabelan Kabupaten Semarang. Selanjutnya kami berjalan kaki menuju gumuk yang nampak di kejauhan, menyeberangi sungai menyusuri pematang sawah.
     Walaupun panas, namun kami tetap melangkah kedepan. Kira - kira 5 menit kemudian sampailah kami di kebun karet, Kalau tidak salah, masuk area PTPN IX Getas yang mengingatkan kami pada kejadian saat penelusuran di kompleks rumah dinas Sinder yang kurang mengenakkan hati, beberapa tahun lalu.
Menuju Lumpang Sukoharjo Pabelan
Mungkin dia merasa lelah dengan semua ini 
      Singkat cerita sambil beberapa rekan foto selfi, salah satu rekan entah karena kelaparan sehingga aneh, foto dengan kembang di pinggir sawah (menuju Watu Lumpang Sukoharho Pabelan).       Sampailah kami;
      Lumpang atau masyarakat biasa menyebutnya dengan waktu lumpang diduga memiliki berbagai fungsi antara lain ; penetapan tanah sima (namun ada ciri khusus seperti hiasan relief dan inkripsi), ritual penyiapan sajen, ritual penyembahan dewa-dewi, ritual masa tanam, dan fungsi untuk keseharian (menumbuk bahan makanan)
Situs Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan Kbupaten Semarang
      Kondisi Waktu Lumpang Sukoharjo Pabelan ini nampaknya sudah terlalu lama ditinggalkan, tak ada lagi air yang biasanya musim kemaraupun masih ada walau yang tersisa berapa mililiter saja. Di masa nya, air di lubang lumpang ini dipercaya berkhasiat, (pengalaman berbagai kearifan lokal yang saya temui ; mengobati sakit gigi, menurunkan demam, menyembuhkan gatal, awet muda dan tolak bala bahkan ada yang bisa menyembuhkan sakit jiwa.
Penampang atas Lumpang yang kosong
     Watu Lumpang sudah tak presisi bulat lagi, terlihat usaha perusakan di setiap sisinya, selain faktor perusak usia seperti jamur, lumut panas hujan dsb.
Situs Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan Kbupaten Semarang
      Berada di perkebunan karet, menjadikan Waktu Lumpang Sukoharjo Pabelan ini jarang ada yang tahu. Generasi muda sekitar mungkin tak lagi peduli karena tak familiar, Padahal di area ini berbagai tinggalan sebut saja petirtaan, pertapaan (3 area berdekatan yang kami ketahui padahal kami yakin masih ada lagi yang lain).
      Semoga menjadi bahan pemikiran, tersadar bahwa teknologi masa silam bisa menjadi pembelajaran. Berpotensi menjadi destinasi wisata alam, religi dan sejarah.
Situs Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan Kbupaten Semarang
      Karena semua itu adalah hasil peradaban leluhur kita sendiri kita bukan sebagai pemakai peradaban bangsa lain seperti saat ini.
    Lanjut ke Situs Pertapan, Makam Seba... Tak terlalu Jauh.

Video amatir :
Berfoto dulu, Bahagia yang sederhana bagi kami:
di Situs Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan Kbupaten Semarang
Salam pecinta situs dan waktu candi
#takperlutenar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar