Minggu, 23 Agustus 2015

Yoni Situs Pasigitan boja Kendal

Yoni Situs Pasigitan Boja Kendal
Selasa,4 Agustus 2015
Desa Pasigitan Boja Kendal
      Ajakan lek Wahid, mblusuk daerah Boja tak mampu kutampik. Kumpul jam 4 di Gunungpati, tepatnya di depan makam Siwogo Kami langsung menuju lokasi, dan ternyata dapat tambahan rekan DEWA SIWA pula.. Jadilah kami berlima menuju lokasi Jalurnya dari Gunungpati kearah Boja kira-kira 2 km dari Polsek Gunungpati, sahabat akan menemui petunjuk menuju Villa Siberi/ Desa Bandarejo.   (petunjuk masih menunggu kontributor dari beliau rekan mas wahid : Mas imam/hakim/beny_ kemarin keburu magrib) 
     Masuk jalan tersebut, ikuti sampai ketemu dengan Batas Desa Pasigitan.
Masjid Darul Fallah Pasigitan
    Kemudian kami parkir dan rehat sebentar di masjid Darul Fallah Desa Pasigitan. Sambil diskusi, di sepanjang perjalanan kami temui banyak batu besar. Yang menjadi obrolan kami, sungguh menarik area Pasigitan ini. Bahan pembuatan banyak tersedia, kesuburan alam dan aura memang menjanjikan banyaknya situs bangunan suci masa lalu.
bahan pembuat watu candi yang banyak tersedia di pasigitan
     Setelah cukup istirahatnya... Kami langsung berjalan kaki menuju lokasi. Dengan panduan dari Mas Hakim dan Mas Beny rekan kerja dari lek Wahid. "Masyarakat pasigitan menyebutnya dengan watu Lumpang. Warga sini masih menganggap watu lumpang ini yang mbahureksa dan masih wingit". Jelas mereka. 
    Kami berjalan tak sampai 5 menit saja, menelusuri pematang sawah...akhirnya sampailah kami
Yoni Pasigitan Boja
     Berada di pinggir pematang sawah, tepat dibawah yoni ini sungai, sementara disampingnya tumbuh pohon kelapa.

 Yoni Situs Pasigitan Boja Kendal
 Lokasi Yoni berada di sawah Milik Bapak Damsiri, yang berada di Dusun Krajan desa Pasigitan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.
     Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. 
Berbentuk kotak bujur sangkar
     Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. 
Lubang lingga


    




     Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. 
cerat yoni Pasigitan
     Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. (Pada saat upacara keagamaan/ ritual suci tertentu. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. kan mas 
    Saat akan mengambil gambar bagian cerat, saya diperingatkan mas Benny dan mas Hakim. Agar 'ijin' terlebih dulu. "Dulu sering hasil gambar blur saat warga ngambil gambar cerat itu mas", kata mereka. "Energi yang paling kuat memang ada di cerat itu", tambah Mas Eka.
     Bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca
     



    


Yoni Pasigitan Boja



Letak yoni rawan jatuh ke sungai, hanya diganjal batu seadanya... Adakah yang berkenan mengamankan? 
     Hanya berjarak 300m dari Kantor Desa Pasigitan. Semoga Pak Kades berkenan mengamankan peninggalan adiluhung leluhur ini... 



   
     Mbolang Bersama...: berturut turut dalam foto dari kiri-kanan: Wahid, Eka WP, Hakim, Imam dan saya.


    Saat beranjak pulang, Kami di panggil rekan Lek wahid yang lain, mas Isan untuk singgah ke rumahnya. Tanpa diduga... ada jamuan khusus bagi kami. Ternyata ada acara 'kenduren di rumah beliau' dan kebagian "slametan...." "Tau aja mas, tadi belum makan siang....., Matursembahnuwun"

       Sembari makan, mas Isan memberi info tentang candi rubuh di Desanya. Tak jauh dari Krajan Pasigitan ini. Tepatnya di Dusun Lendoh, masih wilayah desa Pasigitan pula. Wah.... masuk radar mbolang.... Berlanjut ke Candi rubuh Dsn Lendoh, Segera!

Salam Pecinta Candi...
   Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...

Mari Kunjungi dan Lestarikan....
Gabung yuk...di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar