Rabu, 26 Agustus 2015

Watu Lumpang #1 Situs Pendem Sidorejo Bergas

Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas
     Penelusuran spesial, butuh beberapa hari untuk mengumpulkan kisah ini. Dimulai pada Jumat, 7 Juli 2015. Berkat informasi dari beliau Bapak Ris Winner lagi.....
Kantor Kecamatan Bergas
     Ketika saya posting, sedang mengunjungi Watu lumpang di Bergas, Dikira beliau Watu lumpang yang berbeda. Dan malah menambah perbendaharaan informasi bagi saya.
     Petunjuknya adalah keberadaan kantor Kecamatan Bergas yang berada di pinggir Jalan utama : Jl. Raya Soekarno Hatta 68 Bergas. / Jalur Utama Semarang Solo. 
Petunjuk 1
     Dari Arah Solo seteleh melewati Kantor Kecamatan, 50 m kemudian ada Gang masuk ke Perkampungan (petunjuk 1) : Lingkungan. Sidorejo. Masuk gang tersebut, cari gang ke kiri (ada 2 gang) menuju Lapangan Tenis kantor Kecamatan Bergas. "Situs Berada di dekat lapangan tenis", jelas Bapak Ris.
Disamping rumah ini Watu Lumpang Tergolek.
Petunjuk 2
     Dari kedua gang tersebut, sebenarnya bisa ke Lapangan Tennis, tapi saya lewat gang yang kedua. Kemudian 50m ada pertigaan, dan kemudian terlihat rumah dan gardu/ semacam pos ronda (petunjuk 2).
Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas
     Dan Watu Lumpang itu ada disebelah persis rumah.
   Watu lumpang erat kaitannya dengan budaya masyarakat agraris, sebagai alat/ wadah menumbuk padi/ biji-bijian juga bisa sebagai alat untuk menyatukan segala ramuan untuk perlengkapan sebuah ritual suci ibadah zaman dulu.
     
    Saat saya kesini yang kedua kalinya bersama Mas Suryo Idein. ternyata ada 'guk-guk' 10m dari watu lumpang, yang galak dan suaranya nyaring, terus terang saya jadi tak nyaman dan terganggu = takut. Jadi ketika ingin berlama-lama mengeksplor dan cari narasumber untuk kutanya, akhirnya terburu-buru dan ta dapat cerita sepenggal sama sekali.
   
   Menurut Bapak Ris, Dulu katanya ada di dekat net Tennis... Masih nampak terlihat bekas cat hijau seperti sisa cat Lapangan tenis....
    Barangkali biar nampak serasi dengan Lapangan tennis kah?? 
     
suryo idein
     Karena yang punya rumah kebetulan tidak ada. Karena kebingungan itu, akhirnya ya sudah.... Balik kanan pulang, sebenarnya bukan pulang. Karena setelah di situs ini saya jadi guide marathon 6 situs (sekalian arah pulang).

     Suatu saat, di lain hari semoga bisa mendapat petunjuk mengenai watu lumpang situs Pendem Sidorejo Bergas ini.


Save This Not Only a Stone!
ssdrmk di Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas

Salam Pecinta Situs
     Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...
     Mari Kunjungi dan Lestarikan.... Salam Pecinta Situs

Gabung yukk dengan Komunitas Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar