Jumat, 21 Agustus 2015

Arca Dwarapala di Pancuran Air Panas Nglimut Gonoharjo

arca dwarapala nglimut 
Minggu, 2 Agustus 2015
     Blusukan lanjutan dari Watu Lumpang situs Takongan Puguh Boja Kendal. Dengan rute yang sama saat beberapa waktu lalu ketika saya Mbolang ke Candi Argosumo namun saya kali ini dari arah Puguh. 
      Ceritanya dulu saat ke Candi Argosumo, saya belum dapat informasi keberadaan arca di Pancuran air ini.     Langsung, saya menuju pancuran air panas yang posisinya ada di bawah mata air panas belerang. Di dekat kolam renang air panas. Dan masalah muncul.... Shutter kamera saya ta bisa bekerja. Tak bisa ambil gambar. Ada apa ini....., lama saya bingung, kemudian berulangkali mencoba tetap tak bisa, Akhirnya saya ambil gambar memakai HP.... jadilah beberapa close up hasil kamera hp.
arca di gonoharjo
     Dwarapala adalah patung penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran Siwa dan Buddha, berbentuk manusia atau monster. Biasanya dwarapala diletakkan di luar candi, kuil atau bangunan lain untuk melindungi tempat suci atau tempat keramat didalamnya. Dwarapala biasanya digambarkan sebagai makhluk yang menyeramkan.    
  Bergantung pada kemakmuran suatu kuil, jumlah arca dwarapala dapat hanya sendirian, sepasang, atau berkelompok.
    Keberadaan Arca Dwarapala di Nglimut ini, dugaan saya pribadi. Dulunya tempat ini adalah tempat suci, atau mungkin semacam petirtaan yang masih berkaitan dengan Candi Argosumo. 
     








    Dwarapala bersenjatakan Gada.

























     Kepala Arca Dwarapala nglimut 



     














     





 

  Hiasan mahkota Dwarapala 






    










    Ada saluran air yang memancarkan air, mungkin dulu ada petirtaan di sini...

























    Karena kerusakan shutter kamera, saya tak bisa mengeksplor maksimal/ mencari kemungkinan ada arca/watu candi yang lain. karena ternyata batterai hp hampir habis.
      Saat perjalanan pulang, sambil merenung. Timbul pertanyaan saya, apakah memang rusak? ataukah saya tak diijinkan mengambil dokumentasi?.
   Pertanyaan saya simpan sampai esok paginya, ketika ketemu dengan rekan....
    Setelah saya menceritakan, apa yang saya alami, dan saya perlihatkan foto arca. "Kamu ta minta ijin ya? main selonong saja, asal ambil gambar?. Penunggunya marah", ungkap teman saya tersebut. DEG.... benar.... waktu itu saya lupa, terlalu bersemangat. Dan saat kutunjukkan shutter kamera yang rusak. saat ku praktikkan dan "jepret"... lho kok bisa.... Dan teman saya tadi tertawa....
    Ach...diluar logika saya.... terserah mau percaya atau tidak. Yang pasti saya memang bersalah. tak minta ijin terlebih dahulu... bagaimanapun jika kita masuk ke rumah orang, tentunya harus kulonuwun dulu. Sungguh pengalaman yang berharga...

Salam Pecinta Situs
Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...

Mari Kunjungi dan Lestarikan....
Gabung yuk...di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar