Selasa, 23 Agustus 2016

Jejek Watu Purbakala di Langensari Ungaran

Watu Lumpang Langensari Ungaran
     23 Agustus 2016, Informasi keberadaan watu purbakala ini saya dapat dari komentar di blog saya, tepatnya di Naskah Watu Lumpang  Beji Ungaran
      Beberapa rekan yang domisili di area Langensari kutanya... Akhirnya beberapa waktu lalu saya mendapat kepastian keberadaan watu purbakala tersebut.
    Juga sudah mendapat kepastian keberadaan makam "Wringin Kembar"...
     Setelah melempar ajakan, di grup.... ternyata yang respon dan yang bisa hanya seorang saja.... tak apa2 lah.. yang penting blusuk...  Dan Sengaja kami janjian di Area Situs Wisnu Langensari.
     Menuju lokasi melewati Arca Wisnu Langensari. Kami juga tanya lokasi "Wringin Kembar kepada penjual Sego kucing depan situs Arca Wisnu ini. "Jalan lurus, hanya berjarak kurang dari 100m", kata beliau.
Makam Waringin Kembar
     Benar saja... Tak jauh. Parkir di halaman makam, kemudian kami berdua menelusuri dan mencari watu yang dimaksud. 
    Beberapa warga yang kami temui (ada 3 ibu-ibu) hanya geleng kepala. Rata-rata berkata "Tak Pernah lihat mas". Bukan Dewa Siwa kalau langsung balik kanan, kamu bagi tugas, Mbah eka menyusuri area makam, sedangkan saya mencari di area sawah belakang makam. 
      Di gubuk tak jauh dari makam, ada 2 Bapak-bapak yang sedang beristirahat. Awalnya mereka juga ragu, tapi setelah ngobrol, salah satu bapak tersebut baru teringat. "Oh iya mas, di pojokan sawah dekat rimbunan bambu diantara pohon pisang ada watu yang berlubang tengahnya, mungkin ini yang njenengan maksud", kata Bapak Tersebut.
     Langsung saja, semangat kami berkobar lagi. Segera Kami menuju lokasi.. Dan.....
Jejek Watu Purbakala di Langensari Ungaran
       Tak sabar, segera mengeksplor... Namun langsung kamu di cekam kebingungan. Sebabnya lubang ditengah tembus sampai sisi sebaliknya.


    Awalnya dari kejauhan, kami kira lumpang dengan posisi terbalik. Namun kok ketika sudah sangat dekat terlihat jelas lubangnya tembus. Sungguh, saya pribadi kebingungan.


   Untuk mengurangi kebingungan, kemudian kami coba 'membalik" watu ini.. butuh 2 orang agar tak terlalu menguras energi. Walau tak terlalu besar, namun percayalah berat sekali bila satu orang saja.
Jejek Watu Purbakala di Langensari Ungaran
      Malah menambah kebingungan kami, Watu Lumpang kok tembus, Umpak kok juga tembus.... Akhhh.... Bingung.
    Selain bingung, ditambah rasa gemetar karena "kaliren", memaksa kami untuk melanjutkan berdiskusi 'ini watu apa" di Sego Kucing depan Arca Wisnu Langensari.

   Ya Pengganjal perut murah meriah.... teh anget, 2 mendoan cukup memberikan energi berlebih. Maturnuwun traktirannya Mbah Eka WP. Menjadi supplemen blusukan Kali ini.
    Namun masih saja, kami tak mampu meyakinkan diri watu ini apa, bahkan penjual sego kucing dan warga yang nongkrong malah baru tahu ada tinggalan purbakala di dekat mereka.
     Warga sekitar menyebut watu ini : watu lumpang, untuk sementara kami menyebut demikian.. sampai ada yang memberikan pencerahan kepada kami... ini apa sic...!!!!
Video Amatir :


Blusukan bersama mbah e Eka WP.
Eka WP















Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
SSDRMK di Langensari
        Mengetahui, Merawat, Melestarikan...... Begitulah seharusnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar