Jumat, 05 Agustus 2016

Lumpang di Sidomulyo, Berubah jadi Alas duduk kongkow

Jumat, 5 Agustus 2016
     Dan Ritual Jumat Jumatan masih ada... Berawal postingan di Grup facebook, Mbah eka menampilkan kebiasanya... membikin  kami surprise.... 
     "Kok kono Ketemu terus, sering banget penelusuran membawa hasil, dari pada enggaknya", puji saya. Dia hanya ngekek.... "Itu kan yang terlihat", alihnya.  
Lokasinya sungguh tak saya duga...sering lewat jalan ini, dekat dengan exit tol Ungaran, arah SMPN 2 Ungaran/ makam Pahlawan Jendral gatot Subroto.
    Berada di depan rumah pegawai Pos, (Mbah Eka W Prasetya yang ketemu langsung tak ingat nama beliau) yang nampaknya juga minat pada benda-benda kuno. Terlihat dari barang-barang yang di pajang di beberapa sudut rumahnya. Namun sayangnya kurang ada Passion dengan watu purbakala.
2 watu lumpang di Sidomulyo Ungaran
    Terlihat dari Watu lumpang koleksinya, yang beliau letakkan di depan rumah sekaligus digunakan untuk kongkow bersama tetangga.
    Sudah di jadikan alas kursi, disemen lagi.... sayang sekali.
alas tiang bendera : lumpang     
     Saat kami kesini, yang kedua kali... Tak ketemu dengan beliaunya, hanya ketemu ibu (orang tua) beliau. Jadi kami tak mendapatkan cerita dari mana asal muasalnya.
     Kupasan satu persatu dua watu lumpang...
Lumpang sisi kanan :
     Sebelah kanan, sekaligus alas dari umpak tiang bendera (tragis bener)!.

     Lebih detail, close up lumpang sebelah kanan (Sidomulyo)
Disemen : Lumpang Sidomulyo
     Sudah disemen dan terlihat bekas lubang. Perkiraan saya untuk menancapkan batang bambu lampu penjor
   Apakah beliau empunya watu lumpang ini (Pemilik sekarang bukan pembuat), mengenai watu lumpang ini.... mungkin sekadar hiasan saja... mungkin lo ya....
Lumpang 1 : sebelah kanan , Sidomulyo Ungaran
   Saat kami mendokumentasikan dua watu lumpang ini, walaupun ditemani ibu pemilik rumah... namun tetap tatapan aneh dari warga sekitar juga orang lewat tetap kami dapati.... , batinya pasti "Orang aneh tuh, watu opo kui kok di foto"....

Lumpang sebelah kanan dari sisi yang lain :
Watu lumpang sebelah kiri : Sidomulyo
   Sudah di semen, di tumpuki batu untuk alas duduk kongkow juga.... hmmmm
Ditutupi : Watu Lumpang Sidomulyo Ungaran
Gambar dari atas
Watu Lumpang Sidomulyo
     Watu Lumpang jaman dahulu kala (bukan sekarang), memiliki nilai ritual tinggi/ salah satu unsur watu yang di sucikan sebagai media/ sara ritual tertentu. Seperti penetapan tanah Sima, Ritual persembahan sesajen, atau ngalap berkah (orang agak modern untuk mencari keberuntungan... hahahahaha....(Maaf deskripsi terakhir saya hanya satire untuk menggambarkan kondisi lumpang ini sekarang... Maaf!)

Video Amatir 2 Watu Lumpang Sidomulyo dekat dengan Makam Gatot Subroto :


Selfie trio watu : 
di lumpang Sidomulyo _ gatot subroto



     Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

nb : 
Mohon maaf tak bisa lebih detail, karena kami tak ketemu dengan si empunya rumah. takutnya beliau tak berkenan. Maturnuwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar