Kamis, 07 Januari 2016

Ada Mahakala di Kalibeji : Menelusuri Jejak bangunan Suci Masa Lalu di Kalibeji

Mahakala Kalibeji
Kamis, 7 Januari 2016
    Masih menelusuri area Kalibeji, lanjutan dari Penelusuran 1# Yoni Bejirejo, dan 2# Arca nandi Kalibeji. Dari lokasi parkir motor, kami ambil jalan arah ke kanan, kemudian pertigaan ambil kanan lagi, terus mengikuti jalan perkampungan menuju Kalibulu.
sendang kalibucu, kalibeji tuntang
     Arca Makahala berada 2m di depan sendang.
    Tak ada sumber informasi yang bisa kami tanyai tentang keberadaan Mahakala di lokasi ini. Apakah dari dulu di disini (in situ), ataukah pindahan dari lokasi lain ; seperti misal dari area dekat Arca Nandi/ Yoni.
     Saya pribadi yakin, seyakin-yakinnya.... Begitu besarnya ukuran Mahakala ini (biasanya diletakkan di atas pintu masuk bangunan suci (candi) maka mutlak ukuran Candi tentulah besar. Sebagai Perbandingan, saya bandingkan dengan kala dari Candi Banyunibo
candi Banyu Nibo
            Kala Candi banyunibo




Kala Kalibeji






kala Candi banyunibo









     


Terbayangkan!!! betapa Besarnya Bangunan Suci itu...
    Sekedar bahan bacaan tentang Kala
     Mahakala adalah salah satu tokoh dalam mitologi India. Di Jawa, tokoh ini dipahatkan di sebelah pintu masuk candi bersifat Siwaistik, bersama pasangannya, Nandiswara. Kedua tokoh ini dianggap sebagai emanasi atau pancaran Siwa dan dianggap sebagai tokoh penjaga pintu. (wikipedia)

       Pada setiap candi tentu terdapat hiasan ini. Kala-makara terdiri dari dua kata, yaitu Kala dan Makara. Kala berarti raksasa yang menakutkan, sedangkan makara berarti wujud binatang dongengan Hindu yang terdiri dari campuran bentuk-bentuk gajah, buaya, ikan. Hiasan kalamakara terdapat pada bagian atas pintu masuk candi. Kepala Kala dipahatkan pada bagian atas pintu masuk candi, sedangkan Makara terdapat pada bagian bawah pintu masuk. Hiasan Kala dan Makara selalu merupakan sebuah kesatuan, sehingga keduanya sering disebut sebagai satu nama, yakni Kalamakara.     
     Hiasan ini sengaja dipasang di pintu masuk candi sebagai penjaga kesucian candi tersebut. Karena bentuknya yang menakutkan, yakni kepala raksasa yang sedang menyeringai, maka ia diharapkan dapat menakutnakuti roh-roh jahat yang akan memasuki bangunan candi yang dianggap suci.
     Di samping kalamakara yang bertugas menjaga kesucian candi, pada pintu masuk candi, agak ke depan, biasanya terdapat pula patung-patung raksasa yang disebut Dwarapala. Tetapi patung raksasa yang amat besar dengan sikap duduk dan memegang penggada ini, biasanya hanya terdapat di muka pintu utama yang menuju ke kompleks candi. Pada candi Budha sering terdapat patung singa di depan kalamakara. Tugasnya masih menjaga kesucian candi. (http://kurniawatialfita.blogspot.co.id)
Mahakala  Kalibeji Tuntang Kab Semarang
    Masyarakat / warga sekitar mengenal Mahakala ini dengan sebutan "Watubucu", Sementara Mbah Eka ketika mencoba menggali informasi kepada warga tentang Maha kala ini malah mendapatkan informasi "doktrin", : batuan ini sudah ada sejak nabi ibrahim dan harus dihancurkan karena berhala... Aneh bin bingung, cerita yang berkembang turun termurun itu.
 
Blusukan 4 Sekawan :
Lek Suryo, Mbah Eka, Saya @ssdrmk, Pak Artoyo : Di Kalibeji

Save This Not Only a stone.

Imagine : biggest temple.
Mari Lestarikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar