Kamis, 21 Januari 2016

Situs Lembu, Dusun Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang

Situs Lembu, Dusun Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang 
Kamis, 21 Januari 2016
   "Jalan Rusak, Naik turun, licin dan jauh......" seorang bapak menjelaskan kala itu. "Seperti jalan ke Surga" : kata informan tentang Dsn. Lembu Bancak Kemarin... Kalimat itu pula yang membuat saya menunda-nunda penelusuran ini. tapi akhirnya ---
    Kamis wajib Blusukan menjadi cara saya untuk menelusuri area yang sejak lama diangan-angan. Dan Partner saya masih Lek Suryo, Blusukan ini lanjutan menelusuri Yoni Situs Santren Wonokerto Bancak.
mantap rasa
     Jam Makan siang tepat kami sampai di Bancak, isi perut sebentar, Mie ayam murah meriah sambil tanya rute dan medan.
mie ayam mantap rasa Bancak
gambar 1
    





    Sedikit melegakan, jawaban dari penjual mie ayam, "Jalan memang jauh mas, tapi ga separah itu kok, sudah di beton semua...." (saya cerita petunjuk yang kudapat sebelumnya.) Setelah rehat sejenak, kami lanjutkan. 
     Sesuai petunjuk yang kami dapat tadi, dengan jalan yang ke arah susukan, melewati alas jati dan papan nama masuk jalan ke Makam keramat " Simbah wali bayi wali ragas rogo". Sekitar 200m kemudian ketemu dengan Petunjuk (gambar 1) Tandon air. 
      Tandon air biru dipinggir jalan ini. Setelah tandon air ada jalan ke kiri menurun, jalan sudah lumayan (tidak seperti bayangan saya : sudah cor2-an.
gambar 2
    Ikuti jalan itu, melewati hamparan sawah, menyusuri pinggir sungai, melewati jembatan dan menembus hutan jati milik warga. Sampai kemudian ketemu dengan pertigaan (gambar 2).
   Sungguh suasana sangat alami dan menyejukkan mata. Dari Pertigaan yang ada Patung Lembu/ Kambignya itu.... sobat sudah dekat. Lumayan untuk merecharge semangat kembali....
    Pas di Perempatan saat kami berhenti dan memutuskan untuk bertanya kembali, ternyata... Situs itu ada di depan mata kami
Situs Lembu, Dusun Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang 
   Akhirnya sampailah kami....
    
     Situs Berada persis di area halaman rumah Bapak Waji.                    Seperti info dari Situs budaya lokal (yang sekarang sudah hilang situs tersebut, merger instansi nampaknya)...  Secara detail informasi yang terpampang :

       Patung Nandi
Ukuran :
  • Panjang : 35 cm
  • Lebar : 17 cm
  • Tinggi : 24 cm
Patung Arca 
  • Panjang : 22 cm
  • Lebar : 19 cm
  • Tinggi : 22 cm
     Kedua Arca ini berada di halaman rumah warga yaitu Bapak Waji. Kondisi kedua arca tidak utuh. Bagian wajah rusak sehingga tidak dapat diketahui identitas arca. Sedangkan untuk arca lembu bagian wajah juga sudah rusak.  (begitu bunyi info tersebut)
Situs Lembu, Dusun Lembu Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang 
     Keadaan situs saat ini sungguh menggembirakan bagi saya, walau kedua arca sudah tanpa kepala (namun perhatian warga begitu nyata) dengan di buatkan rumah arca. Juga atensi beberapa warga yang mendekat saat saya meng'eksplor' situs ini. 
gambar 3 :Situs Lembu, Dusun Lembu Kecamatan Bancak 
   Sungguh membanggakan warga Dusun Lembu ini, Sudah tahu pentingnya menjaga tinggalan leluhur demi pengetahuan anak cucu kelak (narasi satu paragraf yang saya simpulkan dari percakapan dengan warga). Nampak di gambar 3, beberapa warga ikut menemani kami serta menjadi sumber informasi bagi kami.
     Video Amatir saat kami di Situs Lembu, Kecamatan Bancak : 


    Yang menarik bagi kami, (bahkan saya sempat membawa sebagai oleh-oleh) adalah batu lempeng yang datar. Saat saya bertanya pada warga : ooo batu itu memang banyak... biasanya ditemukan warga saat mengolah ladang, konon sebagai tatanan untuk jalan supaya rata... Spontan saya takjub, sangat amazing,, bila benar.... sudah tinggi lah peradaban nenek moyang kita..... paving jalan modern sekarang tak ada apa - apanya dengan jaman itu......--- bila di hubungkan dengan kondisi/ ciri khas peninggalan yang berada di tengah.... Letak geografis Lembu bancak ini memang logikanya ada di jalur lalu lintas masa itu...... W...O..W!!!! 

      Blusukan Bersama Lek Suryo
saya (kanan) dan lek suryo di Lembu Bancak Kab. Semarang
Mari Lestarikan Tinggalan Leluhur ini
was here : dusun lembu bancak
  Save This... Not Only a Stone...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar