Rabu, 27 Juli 2016

Menelusuri Jejak Candi Lawang di Sikunir Bergas

Menelusuri Jejak Candi Lawang di Sikunir Bergas
     Rabu, 27 Juli 2016. Blusuk Comeback nya rekan... Setelah sebulan penuh bahkan lebih dia menghilang dari dunia permblusukan... Lek Sur. 
Kemuncak di Sikunir Bergas Lor : 1
     Kebetulan sekali hari ini Dapat info situs saat ngobrol di Messanger dengan Mas Dhany kemarin melihat penampakan 2 kemuncak di dekat rumahnya. Jadilah kami meluncur.
Kemuncak di Sikunir Bergas Lor : 2
     Kumpul di Tb Djaya (Mas Dhany Bosnya)Karangjati, setelah basa-basi sebentar meluncurlah kami....
     "Tak Sengaja... Pas Lewat..Lho kok ada.... perasaanku ini kuno" cerita mas DHany saat lewat dan pandangannya bertubrukan dengan watu kemuncak ini.

     Kemuncak Samping Kanan Rumah :
    Kemuncak Sebelah kanan Halaman Rumah lebih Detail : 


     Kemuncak Smaping Kiri Rumah :

     Kemuncak Sebelah Kiri Halaman Rumah lebih Detail : 


     Berada Di halaman rumah warga, Pas nya di kanan kiri pinggir halaman beliau. "Dulu ada di lapangan voli itu mas", cerita warga. "Sudah ada sejak simbah kami", tambah si empunya rumah.
   "Di dalam rumah juga ada lumpang mas...."tambah Ibu yang punya rumah pula. Spontan kami bertiga berpandangan (bukan mesra, namun takjub, ada kejutan super. Langsung serempak... "Pareng ningali mbah?" tanya kami.
   Dahsyat!! Lumpang masih terawat, juga masih digunakan.....
    Keberadaan Kemuncak, watu Lumpang dan informasi keberadaan Yoni yang terpendam di Lapangan Voli menjadikan pertanyaan ... Apa Lagi yang kalian ragukan? ada sebuah bangunan suci di sini!

Video Amatir (Property by Suryo):

   Saat mengabadikan 2 kemuncak ini, beberapa warga penasaran dengan aktivitas kami. mendekat dan bertanya..., endingnya... dulu di lapangan voli itu ada watu kotak yang ada lubangnya (kami kira yoni---), namun di pendam kembali. banyak watu kotak pula. warga sini menyebunya Candi Lawang Sikunir mas", jelas warga tersebut.
    Tak perlu komando, kami serempak menelusuri. juga bertanya pada warga yang saat itu sedang bermain voli. Namun semua geleng kepala... ya sejarah itu terputus di generasi 50an. Yang Muda kemana??? Nge Trip Terus lupa Trip yang ini>>>>>??
Lap Voli sikunir : selfie by lek sur
     Ditanah yang kami injak ini, dulunya berdiri sebuah bangunan suci.... CANDI LAWANG (warga menyebut demikian), tapi itu duluuuu sekaliiii. Yang tersisa hanya sebuah jarene mbah ku mbiyen.... itu saja. Tak kah menyesal kita??
Ket : Foto diatas, coba cermati apa yang kami temukan... (di gambar di bawa oleh warga y.ang pakai celana pendek merah)... cuilan batu bata ukuran jumbo... dengan kekerasan bata yang sama sekali berbeda dengan bata saat ini

     Blusuk Rabu Jahanam...wkwkwkwkkw, aku dikerjani gowo seragam dewe.....

Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

      Mari Ketahui, telusuri dan Lestarikan


     Jangan diam saja dirumah...
Perhatikan sekelilingmu, barangkali ada, masih tersisa tinggalan kuno leluhurmu...
Jangan Abai!

---Maaf beberapa blusukan akhir-akhir ini gambar tak terlalu jerih... Kawan SLR yang biasanya setia menemani lagi rusak.... yang penting dokumentasinya nggeh.... monggo njenengan baleni.... kunjungi, rawat dan lestarikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar