Kamis, 28 Juli 2016

Arca Ganesha di Lingk. Karanganyar Ungaran

Arca Ganesha di Lingk. Karanganyar Ungaran
     Kamis, 28 Juli 2016. Ritual Blusukan Kemisan masih berlanjut. Kali ini masih dan akan terus bersama rekan yang telah kembali dari masa menghilangnya. Lek Sur...
teman obrolan sebelum blusukan
 Setelah ngobrol sebentar, Ngopi sambil santapan Jadah Bakar.. kami sepakat untuk menelusuri jejak legenda "Gajah berubah menjadi Kadal"... hehehehe. aneh? penasaran? baca saja cerita saya ini.....
   Berawal dari tak sengaja.... Ceritanya saya ngeyel blusukan sendiri nyari Makam kuno keramat di belakang Pabrik Coca Cola Bawen, namun makam itu tak ketemu, kemudian saya pulang, tepat di depan kantor Bupati Semarang (Jl. Diponegoro Ungaran) saya ingat, peliharaan saya : burung dara jagungnya habis. Jadilah saya memotong arah belok kanan, lewat gang di samping Bank Jateng Ungaran. 
Hasil gambar Lek Wahid 
   Suasana saat itu sudah sore, sekitar jam setengah 5. Melewati gang perkampungan, sehingga laju saya pelan saja. Tepat di pojokan sebelum keluar jalan lagi... (dekat jembatan). Mata terbelalak oleh sebuah patung. Perasaan saya langsung menangkap bahwa ciri badan arca adalah yakin itu Arca Ganesha, walaupun muka sudah di permak. 
   Karena hari sudah sore dan saya harus segera pulang. Di perjalanan saja ninggali pesan kepada rekan lain, Lek Wahid (Kerja di Semarang, barangkali pas pulang menuju rumahnya di ambarawa, bisa nengok sebentar untuk memastikan) dan Mbah Eka (Rumahnya di Ungaran siapa tahu bisa juga mencari sisik melik Arca ini).
      Tak berapa lama kemudian pesan gambar Lek wahid datang. Benar .... 100% dia juga yakin itu Arca Ganesha. juga ada watu candi yang mirip kemuncak. Serta Si empunya rumah hobi koleksi watu bahan akik (cerita Lek Wahid)
   Selang beberapa hari, kabar lebih lengkap datang lagi dari Mbah Eka, Berada di rumah Ketua RT, Pak Didik Nama beliau dan berasal dari daerah Sebandaran Ungaran, cerita Mbah Eka.

     Baru pada 27 Juli saya bisa menelusuri jejak purbakala di Link. Karangnyar RT 02/RW II Kelurahan Ungaran. Berada di halaman Rumah Ketua RT, Bapak Didik. Namun saat kesini saya hanya bertemu dengan istri dan anak beliau.
Arca Ganesha Ungaran
 Singkat cerita, setelah mohon ijin mendokumentasikan... mulailah saya mengabadikan dengan kamera HP seadanya.
     Dewa Ganesha adalah Dewa pengetahuan, kecerdasan, kebijaksanaan dan pelindung terhadap segala bencana. Ganesha digambarkan berkepala gajah dengan perut buncit. 
Arca Ganesha 
    Memiliki empat lengan, yang merupakan penggambaran utama tentang Ganesha. Dia membawa patahan gadingnya dengan tangan kanan bawah dan membawa kudapan manis, yang ia comot dengan belalainya, pada tangan kiri bawah. Dalam perwujudan yang lain, Ganesha digambarkan memegang sebuah kapak atau angkusa pada tangan sebelah atas dan sebuah jerat pada tangan atas lainnya.

   Kondisi Arca Ganesha ini ...... (saya tak mampu mengungkapkan kesedihan dengan kata-kalimat)... Selain tangan yang sudah tak nampak, yang paling miris adalah perubahan muka alias wajah Ganesha sudah di permak. Mengutip kata-kata lek Wahid, "Ganeshane diubah dadi kadal!". 
    Yang masih terlihat ciri jelas itu adalah arca Ganesha adalah perut buncit dan posisi sila kakinya yang menghadap.
      Dari ngobrol dengan Istri Bapak Didik, beliau memang pecinta, penghobi Batu dengan banyaknya bahan batu akik di rumahnya. (Saya yakin didalam lebih banyak lagi)
Dari samping
      Semoga cukup sampai disini perlakuan sembarangan generasi penerus ini... semoga dengan tulisan keresahan ini.... Arca Ganesha ini ditempatkan di hati yang semestinya. Walaupun bukan sakral namun tetap wajib untuk dihargai.
    Stop stigma sirik!!!!! Hanya menghargai hasil budaya masa lalu... itu saja....




    Video Amatir saat Blusuk Bersama Lek Suryo:


Blusuk Bersama ;
Save This Not Only A Stone...

Ketahui.... dan Mari Lestarikan


nb : Maaf resolusi pas pasan... hp AzusZ4.
--- Setelah menengok Arca Ganesha ini, kami lanjut "Silaturahmi di Rumah Rekan Dewa Siwa Lain Mas Eka Budhi. Lumayan dapat makanan ganjal perut .. hehehehe.. "Buatan beliau sendiri".

Enaknya Blusukan ya seperti ini... salah satunya.... 

SALAM PECINTA SITUS DAN WATU CANDI!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar