Rabu, 17 Desember 2014

Yoni Situs Jeblosan Lopait Tuntang

Yoni Situs Jeblosan Lopait Tuntang
       Selasa, 16 Desember 2014 selepas dhuhur.. Seperti yang kami sepakati antara saya dan Mas Pman... Kami Meluncur Ke Arah Salatiga dari Ambarawa, Melalui rute Jalur Tembus Tambakboyo, Ngasinan - Tuntang .... di Sekitar Ngasinan di jalan dekat jembatan Tuntang, Mas PMan menunjukkan ada salah satu rumah yang memajang Yoni, Lumpang dan batuan candi lain (Di Depan Rumah!!! ) ... sebenarnya mo tanya-tanya pemilik rumah .. tapi kuurungkan karena tujuan utamaku situs di daerah Pabelan dan Candirejo Tuntang.
    Namun tanpa direncana, saat diperjalanan, Pman menawariku untuk melihat sebentar 2 Yoni yang terbelah. Salah satunya di Situs Jeblosan Lopait Tuntang.
    Jadilah Mampir ke Lopait.
      Jalur Masuknya.... Setelah Gedung PIKK Tuntang (Yang berada di seberang Wisata Rawa Permai).. sebelum SPBU Tuntang ada gang sebelah kiri (mohon maaf tak bisa ambil gambar jalan masuk (lain waktu jika ada kesempatan akan saya update)....
     Melewati Kantor Desa Lopait, Lurus saja nanti dari kejauhan akan terlihat tugu dengan Burung Garuda di atasnya, tepatnya di pertigaan jalan, Yoni yang terbelah itu berada:

Yoni di Situs Jeblosan Lopait Tuntang
      Yoni yang Terbelah.... dengan kondisi yang telah di cat, kemudian diberi angka 68.
Yoni Situs Jeblosan Lopait Tuntang

     Mungkin maksudnya.... 68 Tahun indonesia merdeka.... dan berarti itu ditulis 2 tahun yang lalu... 
      Pergeseran lokasi, kerusakan Yoni (terbelah).. serta pengecatan membuat hilang sambungan pengetahuan untuk generasi depan. Buktinya... ada anak-anak SD yang kebetulan lewat.. saat kutanya mereka bilang ga ada yang tahu itu apa... hanya menjawab... "tugu 17an" ....

Yoni yang terbelah : 


Yoni Jeblosan Lopait Tuntang


Mr. Pman di Yoni Terbelah Situs Jeblosan
      Menurut Mas Pman... Dulu sebelum dibangun tugu ini.... Yoni ini masih belum dicat...dan masih terlihat wujud aslinya... Sedih mas?  



   


  Yoni (Sanskerta: योिन; yoni) adalah kata yang mempunyai arti bagian/tempat (kandungan) untuk melahirkan. Kata ini mempunyai banyak arti, di antaranya adalah sumber, asal, sarang, rumah, tempat duduk, kandang, tempat istirahat, tempat penampungan air, dan lain-lain. Dalam buku Kama Sutra dan dalam kaitannya dengan batu candi, yoni berarti pasangan lingga yang merupakan simbol dari alat kelamin wanita (sumber : wikipedia)

Close up Yoni terbelah : 
















Save This...
Not Only a Stone....!!!!


 Yoni terbelahDi Situs Jeblosan Lopait Tuntang
Salam Pecinta Candi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar