Rabu, 10 Desember 2014

Situs Watu Gentong Banyukuning


20 November 2014,       
      Blusukan ke Situs Watu Gentong ini, sebenarnya tujuan kedua setelah ekspedisi ke Candi 9 Gedong Songo. Jam sebenarnya sudah menunjukkan setengah 5 sore. Dan karena itu salah satu tim blusukan ijin pulang.... katanya di cari mama...hahahaha Virose Arrizona : dimarahi mama pora? wkwkwkwk.    Jadilah tinggal Saya, Mas Kusbi, Mas Pman, Mba Derry dan putranya.
Gang masuk arah Situs Watu Gentong
       Situs ini berada di Desa Banyukuning Kecamatan Bandungan. Tepatnya di RT 05/ II. Dari Arah pasar Bandungan, Jalan Masuk Ke Banyukuning 'ancer-ancer / pedomannya" : sebelum SPBU ada gang sebelah kiri... Ikuti jalan masuk itu.... setelah ketemu gang (seperti dalam gambar disamping) 
      Sekitar 500m... lurus saja sampai ketemu dengan Masjid. Watu gentong di Banyukuning (saat ini) di tempatkan di sisi depan kanan dan kiri masjid. 
     Beberapakali, jika ada situs di masjid yang saya temui umumnya di alih fungsikan, namun Watu Gentong di Masjid ini malah di "muliakan", dengan diberi pagar dan di beri penutup tampah. 
Situs Watu Gentong Banyukuning
     Dibeberapa literatur yang saya baca.... keberadaan Watu Gentong ini mengindikasikan di sini dulunya ada sebuah bangunan suci untuk ibadah. Watu Gentong yang diisi air suci untuk membersihkan diri dari segala yang buruk sebelum masuk ke tempat suci. apakah dulunya ada bangunan tempat ibadah/ candi sebelum dibangun masjid, perlu dikaji lebih mendalam.
         Sumur dan gentong sama - sama tempat air... air adalah simbol wisnu .. sumur itu simbol pandito, air simbol ajaran suci,timba simbol ngangsu kawruh, walaupun air(ajaran suci) diambil terus menerus tidak pernah habis karena timbul dari ibu pertiwi... kalo gentong istilahnya simbol ajaran yang suci untuk sebuah keluarga.. fungsinya untuk minum dan buat tirta saat pemujaan... bukan istilah wudu dlm ajaran islam tapi tirta dalam ajaran weda.. tempatnya pasti di utara rumah/ petilasan dsb...
 ENTONG - GENTa ONG.. GEN / Watak NTA / aNTA / berkelanjutan tidak pernah habis/ nonstop ONG / simbol ajaran suci/Tuhan...... dari segi bentuk BUNDAR artinya sempurna . AIR simbol wisnu kalo secara ajaran vertikal AIR itu sungsum tulang belakang manusia... siapa saja dalam meditasi bisa menggerakkan sungsum di tulang belakang manusia itu bisa berjumpa dengan TUHAN di DALAM DIRINYA... atau secara kundalini yoga dari cakra muladara sampai sahasra cakra...
       (Sumber : interview Mas Radito)
     Untuk memperkuat, argumen ada beberapa bukti yang perlu di cermati, Di Samping masjid ada Gbeberapa tumpukan batu, yang kami curigai adalah sisa-sisa bangunan candi. 
    Batu bundar berlubang ditengah dan 2 batu persegi itu kami yakin adalah yang masih tersisa dari sebuah wujud bangunan candi.

Situs Watu gentong Banyukuning
Kami mencurigai tumpukan ini, ada beberapa batu candi: 
Gilang menunjuk salah satu batu candi yang nampak.
Komunitas Berpose 
ki-ka : Mba Derry, Mas Pman, Gilang (derry Junior) dan Mas Kusby
Save This..
Not Only a STONE...
Situs Watu Gentong Banyukuning Bandungan
Salam Pecinta Candi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar