Rabu, 01 Juni 2016

Menelusuri jejak peradaban di Situs Paladan Temanggung

Rabu 1 Juni 2016

         Masih dari blusukan Temanggung area bersama lek Suryo, Setelah Dari situs Bagusan dan Situs Gumuk Candi, perjalanan penelusuran kami lanjutkan menuju situs Paladan Masih di Kejamatan Ngadirejo.
      Mohon maaf, karena laju sepedamotor lumayan laju saya hanya sempat mengambil gambar penunjuk arah satu saja.... menuju lokasi melewati Pondok Pesantren Nida' Al Quran.

   Beberapa gambar pemandangan menyejukkan mata dan hati terasa tersedot untuk menelusuri Gumuk2 yang kami lewati (menurut informasi setiap gumuk ada watu candi nya!!!)



    Situs Paladan berada di komplek Pemakaman umum warga Dusun Paladan. Cikal bakal nama dusun juga berasal dari Lingga / Phallus/Paladan ini.... 
Lingga situs paladan
   Paladan sendiri, seperti yang mas Viriya Candra ceritakan kepada kami berasal dari bahasa kuno "Phallus", yang berarti alat kelamin laki-laki, yang merujuk pada Lingga. 
Situs Paladan Temanggung
     Lingga sendiri merupakan lambang kesuburan yang merupakan manifestasi (Simbolik) penyembahan kepada Dewa Siwa.

      Selain Lingga, ada pula potongan arca yang (saya duga) adalah arca dewa Siwa, maaf hanya kesimpulan pribadi dengan adanya Lingga maka besar kemungkinan arca disebelahnya dewa Siwa. 
    Potongan Arca,
Arca Situs Paladan temanggung
    Selain Lingga, dan Arca, banyak pula watu candi yang ditata sedemikian rupa, juga ada yang menjadi 'pathokan' makam. Beberapa dokumentasi watu candi yang ditata,


watu candi situs Paladan
     Tatanan tangga masuk masuk area lingga-arca,
situs paladan temanggung
Sebagian menjadi makam,
Relief yang tertinggal,
Relief situs Paladan Temanggung
     Di sebelah nya, tak jauh ada pohon besar yang nampaknya dikeramatkan dengan dibuatkan pagar keliling, ada beberapa watu candi.
Makam Keramat di Sitsu Paladan Temanggung
   Keterbatasan sumber informasi, menjadikan saya ta bisa lebih banyak menceritakan kembali. Selain tak ada warga yang berhasil kami temui saat di sini. Juga narasumber andalan saya lama tak terdengar Kabar.. : Pripun Nggeh mas Viriya Candra?

    Video Amatir di Situs Paladan :

     Bukti mana lagi yang akan kita cari, bangunan Suci Masa lalu dulu pernah ada di sini.... jika ingin detail silahkan berkunjung kesini, keterbatasan menjadikan saya hanya beberapa yang saya tampilkan, banyak watu candi berpola, watu kuncian, relief, dll... Semoga tetap lestari dan Mulia. RAHAYU!
    Dan blusukan bersama sang guide : 
Suryo in Situs Paladan














Save This Not Only A Stone
SSDRMK in situs Paladan
Mari Kunjungi dan Lestarikan
Go Away Mafia...... Para Pencuri dan Kolektor Go Hell!!!


      Perjalanan masih berlanjut...Menuju Arca Nandi Depan Kelurahan Pringapus temanggung, Candi Pringapus dan terakhir di Petirtaan di Sndang Endhong Sewu Pringapus Temanggung, dan ketika Pulang Berhenti sejenak di ganesha pinggir jalan Sidukun. (Link segera terhubung setelah naskah 100%)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar