Rabu, 15 Juni 2016

Watu Lumpang Dusun Tambaselo Desa Pasekan Ambarawa

Watu Lumpang Dusun Tambaselo Desa Pasekan Ambarawa
    Rabu 15 Juni 2016. Setelah beberapa waktu lalu Ginziro membagikan hasil penelusuran di daerah dekat domisilinya, akhirnya dengan sedikit paksaan Lek Wahid yang katanya cuti kerja saya geret saja untuk jadi guide  hehehe.... ditambah tambahan personil bos TB. Dany Putra. Jadilah Kami bertiga menelusuri kembali jejak peradaban di Tambakselo Desa Pasekan Ambarawa. 
     Saat berangkat, awan nampaknya menggumpal di atas kepala kami, tanda mulai menyambut kami, namun #Udan Blusukan soyo Edan# menjadi tagline kami. Tak pernah mundur maju terus pokoknya. Benar saja, masuk desa pasekan air mulai tumpah dari langit, deras sederas-derasnya.

Balai dusun Tambakselo Pasekan
   Kemudian kami langsung menuju Bale Dusun Tambakselo Desa Pasekan, Manut saja dengan lek Wahid karena dia sebelumnya bersama ginziro pernah blusukan disini. tapi mohon maaf karena deras hujan tak bisa ambil penunjuk arah (hp saya lemah air).
     Singkat cerita sampailah saya di Bale Dusun, parkir motor dan segera payung kami buka..... Tak Sabar Mengeskplor...
    Watu Lumpang berada di belakang Gudang di Kompleks Balai Dusun Tambakselo Desa Pasekan, persis mepet tembok. "Dulu ada di depan balai dusun, karena katanya mengganggu pemandangan akhirnya dipindah kebelakang", kata informan kepada mas Ginziro.
 Sayang sekali ya...... 
    "Dulu malah digeletakkan begitu saja, baru beberapa tahun ini ditambahi bis/paving di bawahnya" tambah beliau, seperti yang Ginziro ceritakan kepada saya.
   Tapi lumayan lah daripada tidak diperhatikan sama sekali.
Lumpang terlihat dari jalan : Tambakselo pasekan
     Sampai saat saya nulis naskah hasil penelusuran ini kami ta mengetahui cerita dibalik Watu Lumpang ini, entah itu sejarah sebenarnya, mitos, legenda atau kepercayaan warga bahkan tuah watu Lumpang Dusun Tambakselo Desa Pasekan Kecamatan Ambarawa ini.
Watu Lumpang Dusun Tambaselo Desa Pasekan Ambarawa
    Di Masa itu, Watu lumpang digunakan sebagai penanda wilayah sima, perdikan yang ditetapkan oleh penguasa saat itu. Juga berbagai ritual masa itu seperti penyembahan kepada dewi sri saat memulai masa tanam. 
air di watu lumpang tambakselo
   Di berbagai wilayah lain, yang saya temui, tuah watu lumpang selain dipercaya sebagai obat awet muda (airnya), juga ada yang bertuah menyembuhkan penyakit.  
   kondisi watu lumpang sudah tak utuh lagi, terlihat tidak rata. Tidak Bundar. Endah karena proses pelapukan alam, atau pada waktu sebelum ini pernah ada yang khilaf ingin memakai sebagai bahan bangunan. Entahlah....
penampang atas Watu Lumpang tambakselo


   Yang saya penasaran adalah ihwal nama Dusun Tambakselo.... adakah yang tahu? inbox ya.... maturnuwun.
     Penulisan ini hanya bermaksud membagikan jejak peradaban masa lalu, tak berniat lain.... 
Watu Lumpang Dusun Tambaselo Desa Pasekan Ambarawa
   
Blusukan #udansoyo edan bersama Dhany Putra
foto by wahid : Lumpang Tambakselo Pasekan
     Karena penelusuran tak membekali diri dengan tongsis ataau tripod, jadilah kami hanya foto berdua tak lengkap dengan sang guide lek wahit : itupun yang ambil gambar harus mepet tembok bale dusun...
Imajiner fisik : Lek Wahid yang tengah lemu 




















    
Masih nunggu Foto Lek Wahid disini :
Jika saya sudah diberi... foto mekso ini akan saya ganti....







Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

Save This, Not Only a Stone

Mari Lestarikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar