Rabu, 06 Mei 2015

Yoni Situs Krajan Bedono Jambu

Yoni Situs Krajan Bedono Jambu
       Jumat 17 April 2015,
       Setelah Mbolang di Situs Kali Lembu Krajan Bedono, kami berempat lanjut ke Yoni Krajan. Berbekal Info (dari: website Dinas Pariwisata), tujuan utama mbolang kali ya... Yoni Krajan ini. 
     Sedikit cerita : ada halangan... Ban motor Mas Eka WP Bocor saat menuju Situs ini, al hasil... kami bersama sama mencari tambal ban yang teryata lumayan jauh... dan terlihat keringat biji jagung mas.... hahahahah... agar bisa tetep mbolang ke tujuan utama kami, dan tidak kemalaman, akhirnya kupaksa beliau jadi 'boncenger'....motor yang bocor ditinggal di bengkel.
         Keluar dari Situs Kalilembu, ambil kanan (lewati rel), trus saja ikuti jalan sampai ketemu dengan Pos Kampling RT 03 RW I Dusun Krajan Bedono Kecamatan Jambu tepatnya berada di atas Jalan.
    Kira Kira 500m... Sebelah Kiri Ada Makam warga... Mereka menyebutnya makam Krajan...
     Yoni Krajan Bedono Jambu, dapat dipastikan adalah peninggalam periode Masa Hindu. Kondisi yoni bagian atas amengalami Kerusakan yang sangat parah, Menurut saya, dulu Yoni ini pernah mengalami Perusakan yang sangat hebat, buktinya adalah beberapa Gambar Berikut ini :

    
Memang benar pelapukan pula oleh alam adalah faktor penyebab rusak, namun dilihat dari bekas nya...saya yakin dulu Yoni ini di"siksa" Martil..... dan itu adalah penyebab utama kerusakan penampang atas Yoni ini..


Yoni Situs Krajan bedono Jambu
       Yoni Situs Krajan Bedono Jambu ini berdimensi : P : 90 cm, L : 90 cm, T : 79 cm. Fungsi Yoni pada masa itu, digunakan untuk ritual pemujaan Dewa Siwa. Sudah Tak Nampak Cerat Yoni, dan Lingga sudah hilang. Kami mencoba menyisir area makam namun Lingga sudah raib. 
     Di badan yoni, pola sederhana sebagai penghias : 
Yoni Situs Krajan bedono Jambu
      Untuk yang Kesekian kalinya, saya ingin mengajak kita semua untuk menjaga dan merawatnya, agar anak cucu kelak masih bisa melihat bukti peradaban nenek moyang, dan bukan hanya melalui tutur tinular saja... mari lestarikan situs.....
       Keberadaan Yoni ditengah Makam, cukup memberikan rasa aman pada keberadaan Yoni.... Beberapa Pohon Beringin yang besar sekali... suasana yang sepi sekali (bahkan mencekam), walau kami sudah berempat, cukup membuat kami sadar untuk berlaku sopan saat mbolang di situs ini... 
Salam dari kami "Rombongan The Mbolanger"...
Yoni Di Situs Krajan Bedono, Ki ka : Derry Aditya, Saya Mas Eka WP dan gilang
Save This Not Only a Stone
Di Situs Krajan Bedono Jambu
Salam Pecinta Candi....
----



           Di akhir Mbolang, istirahat sejenak sambil wisata kuliner (Raja Kuliner kebetulan ikut serta : hahahahah Seleranya joss gandhos mas Eka WP...  di  Warung Sate Kambing dan Gecok MBAH MUL , Bedono Jambu, tepatnya di pasar Bedono.. quote: "1kg lemak yang terkuras karena nyari tambal ban, terbayar 3kg lemak kambing..."
--- 
Gabung yuk di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar