Rabu, 29 April 2015

Situs Kali Lembu Dusun Krajan Jambu

Lapik arca : situs Kali Lembu Dusun Krajan Jambu
    Jumat 17 April 2015,
      Mbolang bersama lagi ceritanya kali ini, Start masih dari Perpusambarawa jam 1 siang. Perjalanan kali ini menuju area jambu... Saya,Mas Eka WP., Mba Derry Aditya beserta Gilang (anaknya). Tujuan Utama Kali ini sebuah situs di Dusun Krajan Jambu. Kira-kira setengah jam kemudian kami sampai di Jambu. Penunjuknya: Setelah Sampai di Pondok Pesantren "Syekh Puji", ambil kiri, semua gang bisa, Dan ternyata Mba Derry itu asli sekitar jambu sini, jadi hapal... "hahaha, neg tahu gitu, alias ngaku dari kemarin yo ga sah pusing-pusing tanya2 orang mbaaaaa...."
Pos Kampling Krajan Bedono Jambu
      Semua Gang didepan Ponpes tersebut bermuara/ bisa menuju ke Pos Kampling ini. Petunjuknya Pos Kamling ini dekat dengan jalur Rel Kereta Api bedono. Masuk saja, ikuti jalur Paving tepat berdampingan dengan rel kereta api tersebut.
     Awalnya kami serombongan, tak menduga ada situs di sini, kami hanya kesasar, saat mencari Yoni yang petunjuknya ada di makam krajan Bedono Jambu. Karena ada 2 makam di Krajan ini, kami mencoba menelusuri keduanya. Yang pertama kami telusuri makam Punden, Ketika bertanya ke warga (dan ternyata kenal sama mba Derry,) "Di makam ini ga ada, kalau makam kyai/sesepuh Ibnu Fajar memang disini, mungkin di makam krajan, kalau peninggalan arca ada di Kali Silembu", jawab warga tersebut.    Sebenarnya dalam hati kecil saya pingin ziarah juga ke makam kyai Ibnu Fajar, namun karena tujuan utama kali ini Yoni Krajan,jadi lain waktu mungkin sambil mbolang kembali di daerah sini... semoga saja.... 
     
Kali jembu krajan Bedono Jambu
Kira-kira 500m kemudian, sebelum makam Punden ada sendang dibawah 2 pohon beringin yang lumayan besar: Kali Lembu / sendang lembu ada di bawah pohon beringin itu, disamping sendang ada surau.

Terpendam : Arca Nandi
    Gambar : Kang Eka W. Prasetya saat sedang meraba2 punuk lembu.... "Sensitif juga njenengan mas? bisa ketemu.... hahahah"
     Situs Kali Lembu Krajan Bedono Jambu, ada di bawah 2 pohon Beringin. Menurut masyarakat yang saya temui, beliau menjelaskan di dasar sendang itu ada arca nandi yang terpendam..., akan terlihat bila kemarau dan air surut...
     Lembu adalah nama orang umumnya untuk binatang yang membantu mengolah ladang di waktu lampau (saat inipun masih banyak yang menggunakan istilah ini), saat ini lebih banyak yang mengenal dengan Sapi... adalah Nandi(ni), Nandini dalam bahasa Sanskerta : नन्‍दिनी, "yang menyenangkan" adalah seekor lembu betina. 
     Lembu ini dipakai sebagai wahana (kendaraan) Batara Siwa. Lembu Nandini dikenal mempunyai sifat tak kenal takut. lembu Nandini banyak dijadikan arca pada percandian Hindu di Jawa, terutama dari periode Medang Mataram, khususnya   memuja Dewa Syiwa.
Sendang Lembu (kali Lembu)

Sendang 
Kali Lembu...
Krajan 
Bedono
Jambu
Sendang ini, sedikit mengandung belerang..... 
    
      
     Selain Arca Nandi yang terpendam, di depan surau disamping sendang ada Lapik arca, yang keberadaannya saya meyakini dulu ada arca Dewa Siwa.....
   Namun memang dugaan saya itu akan lebih saya yakini bila tahu pasti bentuk dan dasar dari arca nandi yang terpendam itu. Namun umumnya memang arca Nandi menemani junjungannya...yaitu Dewa Siwa.
Lapik Arca : 
Lapik Arca Situs Kali Lembu Krajan Bedono Jambu
   Lapik arca bersegi delapan atau yang lebih dikenal wisnubhaga atau badan atau bagian tengah,Bagian Dasar bawah   disebut dengan Brahma Bhaga sedangkan bagian atas karena ini Lapik Arca berarti dimungkinkan Arca Siwa. 
(kesimpulan saya pribadi, yang masih belajar... mungkin saja keliru)






     Lapik Arca yang cekuing ini sempat membuat kami sedikit ber"debat" alias diskusi panjang dengan pertanyaan pertanyaan....., 
beberapa pertanyaan yang muncul : kenapa cekung? apakah bentuk dasar arca bulat? apakah lapik arca ini posisi aslinya terbalik.... diskusinya seru....
Situs Kali Lembu : Lapik Arca cekung
  Dan jawabannya cuma satu pada akhirnya : harus lihat dulu bagaimana kondisi Arca Nandi itu....





Mbolang Bersama Rombongan: 
Di Situs Kali Lembu Krajan Bedono Jambu : saya, Mba Derry Aditya, Gilang dan Mas Eka WP.

Save This Not Only A Stone
Sasadara Manjer Kawuryan

Mbolang Lanjut ke Yoni Krajan Bedono Jambu...

--- Salam Pecinta Candi
Gabung yuk di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA 
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar