Senin, 11 Mei 2015

Yoni Situs Kalirejo Ungaran

Berada di halam Rumah Dr. Adil, Spog. Kalirejo
Yoni Situs Kalireno Ungaran
     Kamis, 30 April 2014
      Setelah dapat info dari kenalan baru.... yang ternyata mahasiswa sejarah... trims Mba Laiva Mailana atas infonya. Saya berinisiatif untuk segera posting pengumuman 'Mbolang di Grup Fb... dan respon menggembirakan datang dari 2 orang kawan. Jadilah Saya, Mas Wahid dan Mas Eka Janjian di Kalirejo, pas nya di mushola dekat Alun-Alun bung Karno. Jam 4 Kami Janjian dengan info destinasi adalah Yoni di Kalirejo dan watu candi di perumahan Sidosari town House.
     Menuju Lokasi sangat mudah, ada beberapa jalur menuju Situs Kalirejo ini. Karena lokasinya hanya puluhan meter dari alun-alun Kalirejo, maka relatif mudah untuk menjangkau....
Makam Pahlawan Gatot Subroto
     Jalur Semarang Solo... pas di exit tol,... ambil kiri (lurus pun bisa lewat jalur masuk tol, namun sobat perlu hati-hati ) Kalau kiri setelah SMPN 2 Ungaran, kemudian pertigaan Makam gatot Subroto ambil kanan.... : 
Sumber foto :  bellezuli.blogspot.com
Ungaran : di Alun Alun Bung Karno Kalirejo
      Jika Lurus/ lewat jalur masuk Tol,  selain hati-hati perhatikan ketertiban pula  hehehehe, tidak saya sarankan untuk lewat sini.... ketemu dengan tulisan Ungaran yang bisa untuk selfie. Lewat Jalur kanan/ ke kiri sobat akan ketemu di Alun2 Bung Karno Kalirejo Ungaran.. jadi pilihlah yang aman bukan?
     Setelah berada di Alun-Alun Kalirejo.... Lanjutkan arah ke Kantor Kecamatan Ungaran Timur (kalongan/Kawengen), hanya 20 meter dari Alun-Alun Bung Karno Kalirejo... Ada Papan Nama Dr. Adil Zulkarnain Sp OG.
   Yoni Berada di Rumah beliau.... Dr. Adil. Tepatnya di Kalirejo Ungaran Timur.
Yoni Situs Kalirejo Ungaran
      Awalnya kami berniat untuk menemui langsung Beliau, Dr. Adil. Namun ternyata saat kesini beliau sedang joging di sekitar alun-alun. Sambil Menunggu, kami minta ijin kepada perawat yang ada disitu (kebetulan jam Praktek beliau jam 17.00). Namun selang beberapa waktu, karena tak jua datang... Akhirnya kami memutuskan pulang. Walaupun sesaat setelah kami berpamitan ternyata beliau pulang. Apa boleh buat, hari sudah sore, dan destinasi selanjutnya masih butuh penelusuran.. jadi kami putuskan untuk tetap pulang tanpa mendapatkan Cerita dari dr. Adil.... Semoga lain kali bisa sowan.
       Lingga-Yoni merupakan penggambaran wujud visual, dengan bentuk yang bervariasi sesuai dengan landasan konsepsinya, namun pada hakikatnya merupakan sebuah simbol. Simbol atau lambang adalah tanda-tanda yang dibuat oleh manusia dipergunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Sejalan dengan pengertian tersebut, Soebadio mengungkapkan bahwa lingga-yoni merupakan simbol dari Siwa (sumber : I Made Berata,. 1994. “Lingga dengan Tiga Buah Relief Arca di Pura Puseh Kangin Canangsari Badung”. Skripsi. Denpasar: Jurusan Arkeologi Fakultas Sastra Universitas Udayana)
Yoni Situs Kalirejo Ungaran
      Bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga. Kondisi Yoni cukup memprihatinkan penuh dengan lumut. Yoni ditempakan sebagai penghias kolam ikan (yang sudah tak berfungsi)

        Keberadaan Lingga tidak terlihat, Karena belum tanya langsung kepada empunya rumah, kami belum mengetahui sejarah keberadaan Yoni ini. Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. 




      Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. Cerat Yoni terdapat relief kala serta ditopang dengan kura-kura di bawahnya. 

Relief Kala :
Cerat Yoni Situs Kalirejo











Kura Kura : 

Kura-kura di Yoni Kalirejo
    







       
      


    Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. 







       

    

      Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. 

     Entah Karena Cerat tak bisa mengeluarkan air sebanyak air mancur yang dialirkan, cerat ditambah alur air. Sungguh merubah fungsi aslinya.... :(





    Di Bagian atas yoni ada satu batu bulat seperti bola, entah itu batu apa....  mungkinkah watu peninggalan pula...? lalu fungsinya kira2 apa ya? jika hanya batu hiasan tambahan dari Beliau dr. Adil.... ya biarlah......

Oleh Oleh dari Mas Eka WP : 
Keberadaan Yoni ini, menjadi rahasia umum dan dipercaya, ketika pasien dokter Adil datang dan lama belum punya keturunan.... setelah datang kesini tak lama kemudian hamil..... mitos ataukah sugesti entahlah....

      Bersama Gerombolan "Mbolanger :  merah : Mas WahidKuning : SayaPutih : Mas Eka W.P
Di Yoni Situs Kalireho Ungaran
   
    
     Perjalanan Selanjutnya, Kami coba menelusuri penemuan watu candi di sekitar perumahan Sidosari toen House... yang tak jauh dari alun-alun Bung Karno Kalirejo ini. Namun Security perumahan cluster tersebut geleng kepala saat kami bertanya... ---
      Lain hari, ternyata info belum akurat, bukan didalam kompleks perumahan maun di bukit belakang perumahan tersebut.
Semoga suatu saat kami bisa menelusuri ulang..... let's hope!

SAVE THIS NOT ONLY A STONE


SALAM PECINTA SITUS


Gabung yuk di Grup FB Pecinta  Situs DEWA SIWA 
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar