Rabu, 17 September 2014

Situs Dusun Lembu Desa Ngrapah Banyubiru

Situs Ngrapah Banyubiru
            Blusukan kali ini, benar-benar tanpa rencana sama sekali. Ketika hampir pulang kerja... tiba-tiba Mr.Pman datang... "Dah lama ga pinjam buku", katanya.... ku langsung bilang, "Blusukan ae yooh mas, Ngrapah kan cedak omahmu....."..  
       Akhirnya..... Jumat tanggal 12 September 2014.... berangkat dari kantor (Perpust Ambarawa) jam 15.00 menujulah ke Desa Ngrapah Banyubiru.
          Menuju Situs ini.... saya tempuh melalui Jalan Ambarawa - Banyubiru-Salatiga, Setelah sampai di Jalan sekitar kantor Kecamatan Banyubiru, pelan-pelan saja.. melewati komplek TNI... Tengok Ke kanan ada jalan tembus ke arah Jambu/Magelang/jogja... ikuti Jalan itu...
 Kira kira 1km dari jalan masuk itu....cari Dusun LembuDesa Ngrapah,  Ada Gang masuk, sebelah kiri, ... 
      Kemudian Cari Mushola Al Iman... Situs tepat di dekat tempat wudhu....
       Situs ini tepatnya berada di Dusun Lembu Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.
      Arca Nandi yang Numpang tepat diatas Yoni akan kita lihat di situs ini. Menurut beberapa warga yang pada saat itu kutemui.... Yoni dan Arca Nandi ini dulu adalah pindahan dari sawah warga yang berada di pinggir sungai sebelah dusun Lembu ini. Kepala Arca Nandi ini di curi oleh 'Kompeni".... Karena menurut cerita turun temurun ... sebelum kompeni datang kepala Nandi masih ada.....
Arca nandi Situs Lembu Desa Ngrapah Banyubiru
        Yang baru saya tahu: "Nandi ini jantan lho... " kata Mr. Pman "Itu lho Buktinya di bagian pantat nya".... ku perhatikan dengan seksama... memang benar juga..... Harus lebih teliti memang.... dan ada manfaatnya blusukan bersama sesama penyuka situs... : 
Arca Nandi : bukti ini jantan
       "Proses pemindahan arca ini sudah lama sekali mas.... saat warga masih suka laku prihatin, beda dengan sekarang".. Kata warga itu lagi, aku hanya manthuk2... membenarkan. Memang dulu... duluuuu sekali.... Arca ini sebagai media ibadah... sangat dihormati, Dulu itu.... arca ini sangat disakralkan. Karena Nandi merupakan kendaraan dewa Siwa. Dan Yoni yang berada dibawahnya itu adalah perwujudan penyembahan terhadap dewa siwa.. 
       Yoni itu sendiri merupakan perlambang kesuburan.... biasanya ada pasangannya... : Lingga. Oleh warga, Yoni ini dikenal dengan sebutan Watu Lumpang, Sedang lingga nya disebut alu... untuk Alu pasangan dari yoni ini sudah hilang sejak zaman diketemukan dulu. (Sumber dari obrolan dengan warga)
Yoni Situs Lembu Ngrapah Banyubiru

    Yoni Di Situs Dusun Lembu Desa Ngrapah ini berukuran sedang... bergaris tengah 58 cm yoni ini tanpa ada ukiran/relief. hanya berbentuk sederhana. penampakan atas tertutup oleh Arca Nandi yang nampaknya sengaja ditempatkan di atas Yoni, namun tujuannya apa belum tahu... (Mbah Jono..narasumber rekomendasi warga untuk ditanya lebih jelas tentang situs ini sedang tidak berada dirumah, Kata warga mbah Jono mempunyai kemampuan lebih... dan tahu akan hal-hal seperti ini : rumahnya tepat berada di depan mushola)
      Yoni Situs Dusun Lembu Ngrapah dari berbagai sudut :




         Saat saya datang, Arca Nandi digunakan untuk jemur keset!!!!! , apa ga tahu ya bagaimana beratnya, sulitnya untuk membuat arca ini..... merenungsendiri.....


      Gambar ini menunjukkan 'respect or nothing'... : 
di Situs Ngrapah

 Save This...

Not Only a Stone!!!!!!

Situs Ngrapah Banyubiru

Salam Pencinta Situs.....

1 komentar:

  1. Sewaktu saya kelas 5 SD (1994) suka bermain di sekitaran situs ini.
    Kondisi lumpang masih hitam legam, patung sapi masih halus.
    Kata mbah2 dulu, lumpang dan patung sapi merupakan pindahan dari mata air petit (300 meter) dari langgar. Di sana ada pohon beringin gede tetapi sudah tumbang.
    Katanya muncul itu kepalanya baru klinting, petit itu ekornya.

    BalasHapus