Minggu, 10 Oktober 2010

Serat Nagri Ngurawan : Sureng-rana

Sureng-rana
(06)

Orang berusaha supaya Jayakusuma siuman kembali. Astrawijaya dan Miruda masih terus mengamuk. Diberi tanda untuk menghentikan pertempuran dari perkemahan Jayakusuma.
Astrawijaya dan Miruda mengundurkan diri dan mendapati Jayakusuma sedang dirawat. Puteri-puteri hasil dari rampasan segera jatuh cinta kepada Jayakusumawaktu mereka melihatnya. Sureng-rana menyerahkan mereka kepada Jayakusuma yang menanyakan siapakah perempuan-perempuan itu. Sureng-rana menjawab,”Isteri-isteri Raja Bali” jayakusuma bertanya selanjutnya : Siapa dari mereka yang pernah “melayani” Kanjeng sihuhun? Didapatnya pula jawaban , “Belum seorangpun, karena Kanjeng Sinuhun tidak mau dirapati oleh perempuan itu.”
Perempuan- perempuan itu dibuatkan tempat tinggalnya. Jayakusuma beristirahat di tempat Sureng-rana.
Raja Bali mengundurkan diri ke dalam Keraton, bersedih karena senjata musuh tidak dapat dikalahkan. Hal ini dikatakannya kepada Cau dan Agung. Selanjutnya Kanjeng Sinuhun Raja ining supaya Jayakusumandatang lebih dekat ke keraton, supaya dapat berkelahi dengannya di alun-alun. Cau dan Agung akan mengusahakan hal itu.
Saat ini Kanjeng SInuhun Raja hendak sembahyang. Tiba di sanggar (tempat sembahyang) ia bermeditasi.
Jayakusuma minta izin kepada Sureng-ranauntuk pergi sebentar. Tapi Sutreng-rana hendak turut serta. Jayakusuma lalu menidurkannya dengan sebuah lagu. Wanita-wanita yang lain mendengarnya dan cemburu kepada Surengrana, yang sementara itu tertidur.
Saat ini Jayakusuma pergi memata-matai Raja Bali. Ia tiba di sanggar dan memperhatikan Kanjeng Sinuhun Raja dengan teliti. Ia terpesna oleh keelokannya dan berkata dalam dirinya, “Sekiranya ia seorang perempuan.” Kemudian ditegurnya Kanjeng Sinuhun Raja, yang masih bermeditasi itu, katanya : Hentikanlah meditasi tuan dan katakanlah kepadaku apa mau tuan. Kecantikan? Tuan cantik. Kekuasaan? Tuan pun seorang raja yang berkuasa. Kekayaan? Tuan Kaya.” Kanjeng Sinuhun Raja terkejut dan bertanya, “Siapakah tuan, aku ingin melihat tuan.”
Jayakusuma, “Aku adalah dewa cinta.”
Raja, “Musuhku terlalu kuat, tolonglah aku.”
Jayakusuma, “Tuan harus menyerah saja kepadanya.”
Raja, “Aku malu berbuat demikian.”
Jayakusuma,”Tidak ada yang dapat mengalahkannya.”
Raja, “Siapakah Jayakusuma itu?”
Jayakusuma,”Dia adalah putra raja Dayak, ketika tiba di pulau Jawa, ia  mengabdikan diri kepada Raja Urawan.”
Raja, “Saat ini aku bertanya kepada tuan : Apakah kekasihku Pangeran Jenggala Manik, yangmendapat bahaya di tengah laut masih hidup?” dan seterusnya, dan seterusnya.
Kanjeng Sinuhun Raja menceritakan pengalamannya dan ramalan orang, bahwa ia akan bertemu kembali dengan kekasihnya setelah pertempuran di Bali. Dewa pura-pura itu meminta Kalpika kepada Raja. Dimintanya supaya Kanjeng Sinuhun memandangnya baik-baik dan Kanjeng Sinuhun pun –Candra Kirana- mengenal dewa itu sebagai suaminya.
Apabila Jayakusuma mendesak supaya ia menyerahkan diri, Kanjeng Sinuhun marah, dihunusnya, kerisnya dan ditikamnya. Jayakusuma berkali-kali, tapi ternyata Jayakusuma tidak termakan oleh senjata. Narada datang memisah dan mengakhiri perkelahian itu. Diperintahkannya supaya Kanjeng Sinuhun berpakaian lagi sebagai wanita. Panji dibawa ke keraton dan setelah keluar, ia berjalan bersama isterinya disampingnya. Narada pergi. Panji pulang ke keraton dengan isterinya. Mereka berkasih-kasihan dalam pertempuran kembali itu.
Mereka terus bercumbu-cumbuan.
Dengan cara ini, Candra Kirana ditemukan kembali. Saat ini Panjimenulis surat di daun Pandan dan meletakannya di tempat tidur Raja Bali. Setelah itu ia pergi dengan membawa isterinya, yang sedang tidur lelap, kembali ke perkemahannya. Diletakkannya isterinya ditempat tidur sendiri. setelah tiba diluar, diceritakannya kejadian-kejadian apa yang sudah terjadi. Mereka gembira sekali. Sekaten ditabuh, meriam ditembakkan. Sureng-rana terkejut, dikiranya pertempuran mulai lagi dania pun mengambil panah dan busur. Tapi Jayakusuma menceritakan kepadanya tentang kemenangannya. Sureng-rana marah kepada Jayakusuma,karena tidak meminta pertimbanngannya sebelum pertempuran terakhir. Sureng-rana kini pergi ke perempuan-perempuan lain untuk memberitahukan bahwa Bali sudah takluk. Pun dikatakannya, bahwa Kanjeng Sinuhun Raja adalah seorang perempuan, yaitu Candra Kirana, sekalian wanita itu keheran-heranan. Puteri Purwangga bersungut-sungut, “Kau rasakan saat ini, saat ini kau mendapat saingan yang besar.” Ini ditujukannya ke alamat Sureng-rana.
Dalam pada itu, Ekawarni datang kepada para Puteri, mengatakan bahwa mereka semuanya dipanggil oleh Jayakusuma. Sureng-rana marah : Dalam hal seperti itu semestinya soalnya harus diperiksa dulu baik-baik. “Sambil menangis Ekawarni kembali kepada Candra Kirana yang sedang duduk-duduk dengan Candra Kirana. Candra Kirana menghubur hatinya.
Sureng-rana dan perempuan-perempuan lain datang pada Sekar-Taji, yang tidak mau menyapa lebih dulu, karena keturunannya yang lebih tinggi, Sureng-rana menyampaikan salamnya. Para Puteri mengagumi kecantikan Candra Kirana. Inilah puncak kekuasaan dan kenikmatan Panji.
Kini diceritakan tentang keraton Bali. Orang mencari Kanjeng Sinuhun Raja, tapi tidak bertemu, yang ditemukan mereka ialah surat Jayakusuma, bahwa Kanjeng Sinuhun Raja sudah kutawan mala mini.” Orang Marah mendengar bunti surat itu.
Permudsuhan mulai lagi. Perang Jayakusuma berhadapan dengan Agung dan Cau dalam pertempuran.
Dalam perkelahian Panji mengenali Cau dan Agung sebagai Prasanta dan Sadulumur. Mereka girang semua. Tiga orang dikirim untuk mengambil harta rampasan. Panji mengundurkan diri bersama Candra Kirana.
Pertemuan diceritakan tentang sentanadalem-sentana dalem yang pergi mengambil harta rampasan. Mereka sudah kembali dengan banyak, yangharus dibagi-bagikab. Perempuan-perempuan yang hadir tidak sanggup melakukan pembagian itu. Hanya puteri Purwangga, Yudasmara, bersedia melakukan pekerjaan itu. Puteri Cangcangan memperingatinya, jangan sampai Sureng-rana marah, kalau pembagianitu tidak sesuai dengan kemauannya. Yudasmara menjawab, bahwa ia tidak takut kepada Sureng-rana. Dia mempunyai guna-guna, sumber belum. Jadi dialah yang melakukan pembagian itu. Bagian Sureng-rana disampaikankepadaya oleh Prasanta dan Sadulumur. Sureng-rana marah sekali, karena Puteri Purwangga berani-beraninya melakukan pembagian itu. Sureng-rana menyuruh kembalikan bagiannya, ia tidak mau menerima dan sebentar lagi akan datang sendiri untuk menumpahkan amarahnya kepada Puteri Purwangga. Sadulumur dan Prasanta membawa kembali bagian Surengrana.
Pada suatu temat Puteri Daha sedang dikelilingi oleh dayang-dayangnya. Prasanta dan Sadulumur datang dengan membawa bagiannya. Kepada Prasanta puteri Daha bertanya, “siapa yang melakukan pembagian?” Prasanta menjawab : puteri Purwangga, Candra Kiranapun tidakmau menerima bagiannya dan menyuruh antarkannya kembali. Hanya jika pembagiannya itu diurus oleh Surengrana, ia akan mau menerimanya.
Panji duduk bersama para sentana dalem.prasanta dan Sadulumur datang mengembalikan bagian Sekartaji dan Surengrana. Berkata Cangcangan, “Nah betul tidakkataku.” Entar sundal itu akan datang rebut-ribut lagi.”
Sesungguhnyalah setelah itu Surengrana datang dengan marahnya. Dilemparkannya sepotong barang didepan Panji sambil bertanya, “Mana perempuan sundal Purwangga itu?” akankuhantam dia dengan selopku!” Puteri Purwangga sendiri diancamnya, “Bicaralah kalau kau berani.” Panji dan dan sekalian yang hadir ternganga. Candra Kirana pergi. Seorang emban Surengrana dan seorang emban Purwangga, menyingsingkan kainnya dan saling menantang dalam bahasa melayu (cara lumaywa), “Mari beri sama satu, elu emban guwa emban. Mana rupanya si Anjing , embannya Putri Purwangga, mari sama goco(a)n, tidak takut sama elu, sama anak ki lurah Cakrajaya ang.” Tapi mereka dipisahkan oleh emban Putri Cangcangan, yang berkata, “Jangan gusar encik encong, tidak baik orang gusar, sama-sama saudara, saya ini sudah teluk, sama emban mipro besar.”
Panji minta maaf atas kejadian ini oada candra Kirana, yang memandang embannya. Embanya itu mengerti dan berkata kepada Panji, “Buat Putri kami itu  tidak apa-apa, tuan hibur sajalah tuan Surengrana, kalau dia sudah terhibur putrid kampi pun tidak akan marah lagi.” Lalu Panji pergi menemui Surengrana.
Setelah bertemu,Panji mendapatinya masih terus merengut. Panji memeluknya tapi ia meronta. Panji minta maaf kepadanya. Ia menghiburnya dan memberikan bagiannya. Selanjutnya ia berkata kepada orang yangmembawa bagian itu, bahwa bagian Surengrana tidak boleh disentuh kecuali olehnya sendiri. panji pergi dan menemui Candra Kirana untuk mengatakan Surengrana sudah terhibur hatinya. Saat ini bagian Candra Kirana dijemut pula.
Surengrana duduk seorang diri dirumah. Berturut-turut datang kepadanya para sentana dalem untuk mempersempahkan hadiah-hadiah sahaya perempuan, yaitu pemberian mereka sendiri. surengrana mengucapkan terimakasih dan memberi mereka masing-masing sebuah dodot. Selanjutnya para sentana dalem itu dijamunya dengan makanan yang lezat-lezat.




Serat Selanjutnya : Ekawarni

Diketik ulang oleh sasadaramk.blogspot.com untuk membagi peradaban agar lestari…. Dari buku Kitab Jawa Kuno





Tidak ada komentar:

Posting Komentar