Jumat, 11 Desember 2020

Ada Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo

  Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo

   Sabtu, 12 Desember 2020. Tulisan ini sama sekali tak terencana, walaupun dulu sekitar tahun 2009 saya pernah mampir depan kantor di Perpustakaan Wonosobo dan sempat melihat patung Gajah. Waktu itu saya belum tergila-gila sesuWAtu, seperti  sekarang  ini. Entah mengapa terlupa, dan tak mengingat sampai kemudian, saat saya kesini lagi ketiga Gowes Silaturahmi (link video gowes dan naskah blusukan terkait, klik saja tulisan dalam kalimat bertanda kurung) 

  Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo

     Singkat cerita, ketika saya masuk ke halaman kantor, mata saya melirik halaman Kantor Perpustakaan, persis ada Arca Ganesha.

     Sayangnya ketika saya keliling di area dalam perpusda, tak ada narasi khusus tentang asal muasal Arca Ganesha dan Lapik Arcanya yang berbentuk Yoni. Padahal di dinding tertempel beberapa tinggalan kuno yang dilengkapi dengan Narasi.

      Sementara, salah satu staf perpustakaan yang saya tanya, maaf tak berani menyebutkan nama. Bercerita bahwa, "Arca Ganesha itu sudah ada sejak dulu dan berasal dari kawasan Dieng", hanya itu sepenggal cerita yang bisa saya dapatkan.

     Makhluk mitologi Dewa Ganesha ini masih berwujud mirip Gajah, Bukan Manusia berkepala 🐘. Ciri khas perut buncit, belalai berada ditangan kiri yang menggambarkan sedang mencomot kudapan manis. Sementara tangan kanan menggenggam ankusa atau alat melatih gajah.

 

    Dewa Siwa yang dikenal juga dewa kebijaksanaan, dewa ilmu pengetahuan terasa pas ketika di tempatkan di perpustakaan, namun saya kawatir panas hujan akan mengikis arca ini, moga2 tanpa mengurangi estetika bisa diberi peneduh dan tambahan narasi. Meski begitu, saya merasa iri, tempat saya bekerja tak pernah berpikir ikut bguri2, turut menyelamatkan dan mengambil filosofi situs seperti Perpustakaan Kab. Wonosobo ini... Salut 

     Sementara, Yoni yang terpasang dibawahnya berbentuk unik (walaupun ada dugaan ini hanya berfungsi sebagai lapik arca), namun karena bentuknya unik, ikonik dimana bentuknya cenderung bulat, sangat jarang Yoni di nusantara berbentuk seperti ini.  

Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo
 Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo
      Jadi biar tak berdebat, monggo terserah njenengan semua, yang penting bahwa mati kita uri-uri jejak peradaban .... itu point nya!

Close up :


   Tentu saya menerima dengan senang hati pencerahan mengenai Ganeha dan Yoni/ Lapik arca di depan Perpustakaan Wonosobo ini. 

Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo
 Arca Ganesha di Depan Kantor Perpustakaan Wonosobo

      Link video di Youtube Channel : Segera

     Maturnuwun Kang seto :


 Salam Pecinta Watu Candi

#Hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar