Rabu, 27 Maret 2019

Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali

Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali
        Rabu, Maret 2019. Masih terkait dengan Situs Lumpang-Lesung di Embung Desa Kembang Kuning Cepogo Boyolali. "Diatas Embung persis", begitu pesan dari Pak Nanang. Akhirnya kamipun menuju lokasi (masih saya, Mas Seno dan mas Eka Budi). 
       Hanya terpisahkan tanah lapang, menyusuri jalan paving, tak lebih dari 1 menit sampailah kami....
Embung Kuning sungguh Eksotis
        Dilihat dari posisinya, kami duga Yoni ini ditemukan saat pembangunan embung. Jadi mungkin belum terlalu lama. Sekitar tahun 2016. 
Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali

       Untuk dugaan ini benar Yoni saya idem saja dengan senior-senior di Boyolali. Walaupun nanti bisa dipastikan setelah nampak semua. 
       Dari cerita yang saya dapat, plus pesan WA dari Bapak Kades kepada saya nampaknya harapan ‘museum Desa” akan terwujud untuk menambah fasilitas Desa wisata yang sedang dikembangkan. 
Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali
      Yoni dengan 2 lubang berbentuk oval ini memang sangat unik. Terus terang baru kali ini melihatnya. Saya menduga dua lubang itu satunya adalah lubang dari arca yang berdiri diatasnya, sementara lubang satunya adalah tempat dimana lingga berada. 
Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali
    Bentuk Yoni Oval, apakah karena ada pengaruh tanah Hindustan saya kurang paham. Karena biasanya bentuk yoni di Nusantara ini persegi. 
Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali
     Yang bulat maupun oval sangat jarang ditemui. 
    Maturnuwun kepada Bapak Kades Yarmanto yang mengirimkan gambar landscape dari atas 'Taman Bunga Kembang Kuning' yang saya lewatkan, tak sempat mampir karena fokus di durasi, cuaca yang ,mulai gerimis dan tentu saja kami tak menyangka ada tempat seindah ini. 
      Terus terang ketika saya uplod di IG banyak yang tertarik pak… sebuah potensi yang secara cerdas telah dikembangkan Pemdes Kembang Kuning ini. 
Yoni Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali
      Suasana natural, alami masih saya rasakan… bahkan walaupun tanpa bisa saya abadikan… saat saya duduk mengamati Yoni Kembang Kuning ini tak jauh ada sepasang ‘Gangkrangan’ (Musang) lewat mencari makan. Membuktikan alam masih bersahabat dengan hewan liar, Semoga tetap lestari.
Embung Kembang Kuning :
Embung Kembang Kuning : sumber foto jelajahkarungrungan.blogspot.com
Taman Bunga Kembang Kuning :
Taman Kembang Kuning  Cepogo " sumber foto : Bapak Kades Yarmanto

Taman Kembang Kuning  Cepogo : Sumber foto Bapak Kades Yarmanto
   Team "Bila Kami Bersama--Nyalakan Tanda Bahaya" Blusukan Happy pokoknya, 
       Salam pecinta situs dan watu candi. 
 Situs Embung Kembang Kuning, Cepogo Boyolali
       Vlog di channel Youtube : 
https://youtu.be/koy-1kfkIeo
      Bersambung ke kisah di Candi Telo 
      #hobikublusukan

nb:
kisah ini ditulis pula oleh mas Eka Budi  di Link blog : jelajahkarungrungan

1 komentar: