Rabu, 27 Maret 2019

Candi Telo, Cepogo Boyolali



Candi Telo, Cepogo Boyolali
Rabu, Maret 2019, Destinasi blusukan terakhir. Candi Telo. Saya memberanikan diri untuk mencoba memberanikan diri bertanya kepada Bapak Kades tentang dimana lokasi Candi Telo ini. Terus terang sebenarnya selain bertanya lokasi, saya pribadi ingin menggali cerita sejarah dan cerita lain dari situs yang berada di Desa Kembang Kuning ini, termasuk “Candi Telo” (Semoga dilain kesempatan kami bisa silaturahmi langsung dengan Bapak kades).
Ketika mendengar kali pertama keberadaan ‘Candi Telo’ dari Pak Nanang Klisdiarto, menjadikan saya menduga-duga kenapa Candi ini di kenal dengan Candi Telo?
Saat akan beranjak ke Candi Telo, gerimis mulai menghalangi kami, namun  tanggung… kepalang basah… hujan-hujanan sekalian saja pikir kami…. ‘udan sansoyo edan blusukan’, begitu kira-kira sesanti untuk motivasi kami. Walaupun tak ada jaminan nanti sampai dirumah tak masuk angin lalu kerokan.. hehehehe…
Dari Yoni Embung Kembang Kuning, kami kemudian menuruni jalan desa, pertigaan ambil kanan. Masih menelusuri peta GMaps kiriman dari Pak Ody Dasa yang mengarahkan kami melewati jembatan, jalan menanjak kemudian kami ternyata (keblabasen) sampai di Pasar Desa Tumang. Yang mengingatkan kami pada sebuah batu yang bertuliskan angka tahun. Hasrat hati ingin sekali namun…. Karena tak ada guide akhirnya kami urungkan.. hehhehe. Dari Pasar Tumang kemudian kami balik arah. Tepat sebelum turunan tajam kami ambil kiri. Ternyata kami memasuki perkambungan perajin wajan (perkakas memasak). Ingin sebenarnya bawa oleh-oleh buat istri… tapi malu dengan rekan …wkwkwkkwkw. Sempat bertanya dua kali untuk memastikan sekaligus tidak terkena sorot mata curiga. Sampailah kami di Poskampling. Kami Sarankan motor parkir di sekitar Poskampling tersebut, jalan selanjutnya jalan sangat curam, paving berlumut., Saya dengan scopy, roda sempat mleset tak bisa berhenti.
Berhenti di rumah terakhir sebelum sungai, lanjut dengan jalan kaki. Menyeberangi sungai (untung tidak banjir). Beberapa saat clingukan mencari…   akhirnya ketemu juga Candi Telo.
Candi Telo, Cepogo Boyolali







      













 Telo saya artikan sebagai salah satu jenis tanaman ubi saja…. Bukan umpatan. Hehehehe. Telo yang oleh orang kota dikenal dengan nama Ketela pohon, saya cari di sekitar Candi Ini ternyata tak ada. Saya kira karena pengaruh rimbunnya bambupetung di sekitar area ini.
Dugaan saya malah dulu di reruntuhan bangunan suci (=candi) ini dulu ada satu atau beberapa batu yang berbentuk mirip Telo…. Apakah lingga atau ornament/struktur? Saya malah percaya itu… Karena biasanya penamaan atau penyebutan warga terhadap sesuatu biasanya mirip dengan benda atau makhluk di sekitarnya.
Bila melihat keberadaan Bangunan suci yang dekat dengan aliran air (sumber air= saya yakin dulu ada sumber air disekitar sini atau bahkan malah ada petirtaan dan bangunan ini pasti tak berdiri sendiri. Namun letak yang tak berada di puncak, timbul pikiran saya… Bangunan ini menjadi tempat sebelum ke  Bangunan Utama. Atau istilah yang (kayaknya kalau tidak salah) ‘Damasala’
Begini imajinasi saya… :  Warga atau pemimpin ritual keagamaan, sebelum beribadah… Mensucikan diri dulu di petirtaan. Kemudian menyiapkan segala sesuatu termasuk kesucian jiwa di Bangunan ini (di Candi Telo), setelah itu berlanjut beribadah ke Bangunan Utama diatasnya.
Mohon maat itu adalah imajinasi saya pribadi, untuk merekontruksi logika saya pribadi. Tentunya lemah dalam pembuktian, jadi saya menerima pencerahan…..
Namun satu yang pasti, Adanya bekas Papan peringatan  BCB, membuat saya sedikit tercenung… Berarti sudah pernah diperhatikan… namun kenapa kini enggak?
----  Semoga pihak desa tergerak…. Potensi natural alamnya sangat dahsyat. Semoga tetap bersih suci dan lestari.
Nampak mirip dengan watu lumpang…
Milip Watu Lumpang di Candi Telo, Cepogo Boyolali
Close up Candi Telo, Jejak struktur Bangunan Suci itu .... Struktur dasar yang masih tersisa:


       Salam pecinta situs dan watu candi.
Kami di Candi Telo, Cepogo Boyolali (Saya, Eka Budi Dan Seno)
Vlog di channel Youtube :

Semoga ada pembaca yang berkenan membagi kisah lebih detail tentang Misteri Candi Telo ini.... (mohon tinggalkan pesan ya)

Candi Telo, Cepogo Boyolali

         Sampai Ketemu di Kisah Penelusuran Berikutnya

#hobikublusukan

1 komentar: