Kamis, 05 April 2018

Stupa Situs Nepen teras Boyolali : #3

Stupa Situs Nepen teras Boyolali : #3      
      Kamis, 5 April 2018. Lanjutan penelusuran dari Stupa Situs Nepen 1, seharusnya cerita ini urutan ketiga, namun kami gagal menemukan Stupa Nepen #2. Urutan seperti yang benar benar kami alami saat blusukan. Dari Stupa Nepen #1, Seperti petunjuk kakek diawal penelusuran. “Susuri irigasi ini, sampai ketemu di 2 tapal batas. Cari saja disekitar situ, dekat sawah”, begitu petunjuk beliau. 

     Dengan semangat 45, kami kemudian berjalan di pematang diantara aliran irigasi dan persawahan, baru berjalan 100m ada ular sawah yang berukuran kecil melintas didepan kami (saya berjalan didepan), saya berhenti dan memberikan tanda agar Lek Sur untuk menghentikan langah. “Ada ular!”, setelah ular tersebut tak nampak, kemudian saya berjalan kembali.  
    Namun…. terdengar suara kaki terjegur sungai plus sumpah serapah kesakitan…. “alesane kepleset”, padahal aslinya takut ular. Terlihat dari raut muka yang seperti ubi ungu. Wkwkwkk. : Bocahe gedi kok karo ulo sakbiting wedi”, seloroh saya…. (walaupun saya juga akhirnya lari berjingkat. Setelah ketemu dua tapal batas, kami kemudian celingak-celinguk mencari Stupa yang kedua. Di belakang rumah berlantai 2, di pematang, di kebun sengon, kebun pepaya dan ladang singkong. Namun nihil. 
      Kemudian kami meneruskan berjalan sampai di gang menuju arah Dusun Magangrejo Nepen. Untuk yang keduakalinya kami kemudian bertanya kepada seorang kakek juga. “Dulu dibekalang rumah tingkat itu, namun sekarang tak tahu. Di makam belakang kantor desa pun ada. Plus ada lumpang di pinggir sungai di batas desa”, urai kakek tersebut. Lagi-lagi kami terlupa bertanya nama beliau. Kami kemudian balik menuju tempat parkir motor, dimana lokasinya dekat dengan Stupa Situs Nepen #1. Kali ini saya berjalan dibelakang Lek Suryo, dengan sekali lagi menengok lokasi belakang rumah tingkat tersebut. Namun zhonk. “Lha kui ularnya, cilik ternyata”, seru Lek Suryo. Saya tersenyum ingin tahu respon, sayangnya HP saya tak mau kompromi, ingin saya merekam malah hang. Pokoknya lucu ekspresi dan bahasa tubuhnya… haghaghag
     Kemudian kami cari Kantor Desa Nepen. Ada 2 gang, setelah dan sebelum, karena kami baru pertama, kami pilih gang yang berada setelah kantor desa (nanti ternyata gang ini nyambung). Selanjutnya kami cari makam yang menurut kakek yang kedua hanya berjarak 50m dari Kantor desa. 
    Makam ada dibelakang bangunan gudang ini,
        Saat kami kesini ada warga yang sedang menebang bambu, menunjukkan arah... segera bergegas... kami kemudian mengeksplor… 
       Dibawah dan dikerumuni rimbunan Bambu, 
Stupa Situs Nepen teras Boyolali : #3
     Stupa tergeletak, rebah (seperti sedang lelah...)
Stupa Situs Nepen teras Boyolali : #3
       Stupa Nepen #3 dari dua sisi,
      Berbagai ornamen hiasan (relief) Stupa nepen #3
Bagian Atas Stupa, 
Hiasan badna Stupa
Bagian bawah Stupa

      Video Amatir : (Stupa Nepen
     Mungkin dia lelah, butuh pelukan.....
Lek Suryo itu....
     Kembali mencari Stupa situs nepen 2 
Stupa Situs Nepen teras Boyolali : #3
     Salam Pecinta Situs dan watu Candi 
#hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar