Minggu, 06 Agustus 2017

Situs Sumur Batu Desa Tempur, Keling Jepara : perjalanan lintas batas #4,

Situs Sumur Batu Desa Tempur, Keling Jepara
       Minggu, 6 Agustus 2017. Setelah misi selesai, penelusuran lintas batas Candi Angin- Candi Jepara selesai, ketika rasa capai sudah di ubun-ubun. Eh kok rekan bertiga tetap berhenti di jalan masuk menuju Sumur Batu. Padahal jiwa raga saya pribadi sudah bener bener telah habis level energi ke titik terendah.
    Ya sudah, karena makmum akhirnya mengekor juga.
     Masih di Desa Tempur, Kec. Keling Kabupaten Jepara. Petunjuk arah sangat mudah. Setelah parkir motor di pinggir jalan, kemudian kami berjalan kaki. Awalnya tatapan curiga kami dapati saat awal kami tiba di lokasi ini. Terutama karena kami parkir di pinggir jalan tengah perkampungan, namun ketika kami bertanya kepada warga mereka jadi paham dan berlalu = cuek....hnmmm, sayang sekali mungkin mereka capai.... wkwkwkkw... Mungkin belum sadar..... padahal kami yakin sudah ada program Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisaya yang menganjurkan untuk tersenyum dan ramah) ... hehehhe.
     Jalan kaki, 100m kemudian ambil kiri mengikuti jalan undakan menurun, melewati kebun kopi. Desa Tempur ini juga terkenal Kopi Khas Tempur Keling Jepara, dibeberapa lokasi ada cafe. Namun tentu saja kami (untungnya) melewatkan (karen saya sudah tak kuat lagi) hehehehhe.  Tenaga yang terkuras, karena faktor U, Menjadikan jalan kami terlalu lambat bagi Mas Imam, padahal menurut kami dia terlalu cepat saja.
     Entah bagaimana, Mas Imam sudah sampai di lokasi. Eh dia balik keatas lagi. "Hawane singup banget, rawani dewekan", jelas Mas Imam. Suasana memang berbeda, kasat mata agak suram (tapi tentu saja ditambah faktor jam sudah sore sekali, dan sudah akan masuk waktu Magrib).
      Dan inilah, yang pertama kami temui adalah Kolam Kuno yang sudah kering, 
Situs Sumur Batu Desa Tempur, Keling Jepara : Kolam Kuno

kolam kuno disusun dengan tatanan batu, sementara disebelahnya ruang pemujaan, dimana ada beberapa batu yang dikeramatkan kemudian disusun sedemikian rupa. 
Situs Sumur Batu Desa Tempur, Keling Jepara
     Disamping kolam kuno yang sering tersebut ada sebuah bangunan, didalam bangunan tersebut ada altar pemujaan yang nampaknya sampai saat ini masih sering digunakan. 
     Dari papan informasi dan peringatan dari warga tentang anjuran dan larangan attitude saat di lokasi ini, Situs Sumur Batu ini ditemukan oleh warga sekitar tahun 2003.
Situs Sumur Batu ; Ditemukan tahun 2003
     Menyusuri jalan cor tersebut, dibeberapa lokasi masih terlihat jejak kekinian ; batu lempeng datar tersusun rapi.
    Kami sama sekali tak mendapatkan informasi dari warga di Sumur Batu ini perihal legenda maupun sejarahnya, hanya pemuda yang kami temui di Pos Masuk tadi berkata... Sumur Batu ini dikeramatkan oleh warga.


    Penampang atas Sumur batu :
Sumur Batu Keling

      Terlihat dari air di sumur batu, menandakan sudah lama sekali air itu tak pernah menjadi air suci lagi. Yang pada masanya pernah digunakan untuk prasyarat ritual masa lalu.
Sumur Batu Jepara



 Memang masih banyak sesajen disekitar Sumur Batu ini, salah satunya terlihat di sebelahnya dengan diapit potongan struktur batu bekas sebuah bangunan.
     Didekat sumur batu juga ada lagi Serupa makam, ini penampakan salah satu batu Patoknya :












Salam pecinta Situs dan Watu Candi.
Sumur Batu Desa tempur, keling Jepara
Sampai ketemu di tujuan penelusuran lintas batas selanjutnya.... 
Sumur Batu Desa tempur, keling Jepara






















Tamat# lintas batas4

nb : semua foto by kontributor : Lek Suryo dan Max Trist....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar