Minggu, 18 September 2016

Ada Umpak di Makam Grendem Desa Campurejo Boja

Umpak di Makam Grendem Desa Campurejo Boja
           Sabtu 18 September 2016, tujuan ketiga edisi blusukan Sabtu nekat. Setelah yoni gowok desa Ungaran Boja, Candi Ngularan Boja. Kemudian kami lanjut ke daerah campurejo, dimana di area tersebut ada 2 situs yang sudah saya ketahui :  Yoni campurejo dan lumpang CV. Merapi Campurejo (hanya lek Trisno yangg berhasil masuk, entah pakai ilmu apa.  Yang lain sempat merasakan arogansi pak satpam. Hahaha... Kasian ....). 
Umpak di Makam Desa Campurejo Boja
      Kembali ke destinasi kita kali ini, petunjuk-nya adalah makam di kanan jalan (dari Boja) masuk gang cari lagi makam dusun Grendem, ikuti jalan kampung tersebut, sedikit berliku, jadi saya sarankan tanya saja kepada warga, dimana makam Dsn. Grendem Desa Campurejo.
    Langsung mudah dikenali dengan keberadaan watu purbakala di depan makam, dekat pendapa makam. Kami menduga batu ini adalah sebuah umpak. Alas tiang dari kayu.. jadi dugaan kami selanjutnya adalah dulu sekali ada bangunan yang besar sekali, melihat lubang di umpak  ini. Warga sekitar menyebutnya dengan punden desa Grendem.
     Selain umpak persegi panjang ini yang nampak, ada pula 2 patok yang di susun sedemikian rupa menjadi makamm dengan posisi umpak di tengah.
Sayangnya karena kami terburu-buru, kami tak secara detail dan teliti memeriksa 2 patok tersebut, barangkali ada inkripsi tulisan atau angkat tahun... sayang sekali. 
    Kami juga mencoba menelusuri di beberapa area makam namun hasilnya nihil. Entah, barangkali masih ada yang terpendam di tanah, menunggu warga menggali pusara dan menemukan struktur yang lain..
 Setelah dari sini, kami memutuskan untuk melanjutkan blusukan ke situs serat rawi. Singkat cerita, situs tersebut berupa makam punden, yang menurut cerita warga adalah prajurit dari Mataram Islam, yang dimakamkan sini, karena huru-hara ditengah perjalanan. Maaf no picture karena ada hal tertentu yang tak bisa kami jelaskan.
   Karena jam sudah durasi pulang, saya dan mbah eka tak ikut lagi penelusuran selanjutnya..... 
      Mblusuk bersama... Guide hunter  Mas Imam; mas eka slims, mbah eka wp., lek suryo, jagad.
Umpak Grendem Campurejo Boja
Salam Pecinta Situs Watu candi
saya dan jagad di situs Umpak Makam Dsn Grendem Desa Campurejo Boja
Ketahui, kunjungi dan Lestarikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar