Rabu, 07 September 2016

Candi Batur di Windusari Magelang

Candi Batur di Windusari Magelang
     Rabu, 7 September 2016. Destinasi terakhir setelah sebelumnya berurutan kami menelusuri :

    Candi Batur menjadi puncak penelusuran kali ini masih bersama Lek Suryo dan Mas Dhany. Informasi dari Lek suryo, karena beberapa bulan lalu bersama rekan lain pernah menyambangi Candi Batur ini, dan ternyata benar-benar puncak karena memang ini puncak dari lelah dan laparnya kami. Tapi karena semuanya kena limited time akhirnya kami tunda rasa lapar dan lelah itu, Kami berlanjut.
Lurus Menuju Windusari
      Dari Situs Kalegen, kami menuju pertigaan windusari ) jalan dimana diawal kami menuju Candi Selogriyo. Kalau menuju Candi Selogriyo kami ambil ke kiri... Menuju Candi Batur lurus saja. Sampai ketemu dengan Desa Candisari. Ada Pertigaan kemudian Ambil kiri (Sebelumnya kami bertanya 2x, karena penyakit sang guide kambuh alias lalinan.

    Masuk kira-kira 1km, kemudian dibelakang mushola ada jalan paving block namun lebar hanya 1m saja. Ikuti jalan ini. Namun kami tak merekomendasikan bila hujan. Karena terlihat sangat licin.
     Saat kami bertanya kepada warga, "OOO, sana mas... jalan itu masuk tapi tinggi sekali, apa motor e kuat?", tanya warga itu... dengan yakin. Lek suryo Menjawab, "Kuat pak".... "Mosok Kebo ga kuat?"...  Kira kira 90% sudah kami lalui jalan menanjak berpaving itu dan kemudian......-- Akhirnya saya jalan juga... hahahahah. Capek, Lapar....Jalan lagi... uchhh... "gapopo lah....wis diterke kok maido! hahahahha". 
    Saat jalan kaki itulah, terlihat watu candi terbengalai di puncak bukit yang kami tuju ini. Banyak sekali!!!!!!
Candi Batur di Windusari Magelang

    Secara Administratif berada di Dusun Ngobaran, Desa Candisari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Mungkin karena luasnya sebaran runtuhan candi, banyak unsur batuan yang hilang, rusak jadi Candi Batur ini sampai saat ini belum di restorasi.
   Bahkan saya yakin banyak lagi yang masih terpendam di dalam tanah. Karena Proses restorasi tentunya akan membutuhkan dana yang sangat besar, waktu kajian juga lumayan lama.... namun menurut saya pribadi akan sepadan dengan nilai sejarah itu!
     Saya mencoba mencari referensi tentang keberadaan Candi Batur ini, hanya mendapatkan satu informasi dari tulisan (tangan ke berapa, entah.. : dari blog Ayo dolanN.J. Krom yang menyebutkan bahwa Candi Batur dahulunya juga disebut sebagai Candi Selogono. Selebihnya tidak ada data penting lain yang menjelaskan tentang Candi Batur.
    Di Candi Batur terlihat ada 2 tangga masuk ke Bangunan utama candi, disebelah Selatan dan Utara. Dimasing masing sisi... masih terlihat makara.
Candi Batur : Makara di salah satu sisi jalan masuk 

     Lebih detail Hiasan di Makara :

    





   Masih ada pula Lumpang    :

Video Amatir di Candi Batur : (Property by Suryo Inc) :

      Sebagian gambar sebaran watu candi runtuh dimana-mana :
















    Kami hanya bisa membayangkan, bagaimana indahnya Candi Batur di masa itu... bangunan suci di masalalu di puncak bukit.....
-----
     Kami saking capeknya lupa ber foto grouphie... Blusuk Bersama Lek Suryo dan Mas Dhany :
Suryo
Dhany : Candi Batur
     Ber_dabsmash di Candi batur :
SSDRMK on Candi Batur Magelang
     Salam Pecinta Situs dan Watu Candi !!!     
   ----
    Seperti biasa, penelusuran-penelusuran sebelumnya. Untuk mengobati kelaparan, kami mencari "Mie Ayam". Kali ini di perjalanan pulang tak jauh dari Candi Batur. maturnuwun Mas Dhany... Mie Ayamnya..... 
----
     All foto reruntuhan watu candi copyright by Suryo.inc. (maaf ya lek ga sempet watermark)

- Dan Perjalanan masih berlanjut....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar