Rabu, 30 September 2015

Situs Singo Barong Mantingan Magelang

30 September 2015

      Situs ini pada awalnya bukan termasuk tujuan mbolang kali ini, karena yang saya paham cuma Candi Gunung Wukir dan Candi Losari Saja. Walau agak dingin, tapi informasi  tentang Situs Singobarong saya dapat dari petugas yang ada di Candi Losari.
Dusun Mantingan Magelang (Gambar 1)
      "Balik lagi menuju Candi Gunung wukir, kira-kira 500m sebelum perempatan Kadiluwih, sampai di Dusun Mantingan. Di sebelah kiri ada gumuk/ bukit, atau gunung kecil. Situs ada di atas gunung itu", jelas beliau. 
Situs Mantingan : ada di tengah alas jati di bawah rumpun bambu
     Petunjuk, Gunung Singo Barong ada di seberang tulisan gambar 1. Depan tulisan dusun Mantingan ada Lapangan Sepakbola. Tepatnya Situs berada di Dusun Mantingan, Salam, Kabupaten Magelang.
 Warga menyebut dengan gunung Singo Barong. Kemungkinan penamaan Singo barong tersebut karena dahulu pernah ditemukan Makara yang mirip dengan Barong.
      Dahulu di dusun ini ditemukan arca dan makara, dan kini telah diamankan oleh pihak BP3, yang tersisa di dusun ini hanya berupa beberapa umpak, arca nandi dan sebuah lapik arca yang berukuran besar.    
     Kemungkinan dahulu terdapat sebuah arca yang berukuran besar, bisa dilihat dari diameter lapiknya yang begitu besar.
umpak dan lapik arca Situs mantingan

       Hanya bersisa tinggalan yang berwujud umpak, karena pada masa itu masyarakat membangun juga memakai unsur kayu yang tidak tahan lama. 

Ada kuburan di Situs Singobarong Mantingan
    Ukuran umpak di Situs Mantingan berukuran yang besar, pastinya tiang penyangga sebuah bangunan berukuran besar pula, namun saya tak punya sumber pasti yang bisa menjelaskan secara pasti bentuk dan kegunaan situs pada masa itu.
     Saat di sini, saya dapat messenger dari rekan yang memberitahukan keberadaan arca nandi. Tapi karena suasanya sedikit merinding, jadi terburu-buru saya menelusuri, dan akhirnya tak ketemu.
    Selain takut ular, seram pula karena ternyata tak jauh (masih di Gunung Singo Barong) ada makam keluarga yang terkesan ta terawat. Dari Obrolan singkat saya dengan seorang ibu, warga yang penasaran dengan aktivitas saya blusukan sendirian, "Ooh. itu makam baru mas, tak tahu kami kenapa buat makam disitu... padahal di gumuk itu kan dulunya sakral, lha wong itu kan peninggalan leluhur." urai beliau.
Arca Nandi Situs Mantingan
      Gambar arca nandi saya ambilkan dari Blog :  nyariwatu.blogspot.co.id
      Keberadaan Arca Nandi, Lapik arca ran Kala makara menjadikan saya pribadi yakin, situs di Gunung Singo Barong ini dulunya adalah bangungan suci umat Hindu.
       



      beberapa foto umpak Situs Singo barong Mantingan :

      Perjalanan Mbolang kali ini berhenti di sini, waktu sudah sore... saatnya pulang.... Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...

Mari Kunjungi dan Lestarikan....
Gabung yuk...di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar