Senin, 09 Maret 2015

Yoni Situs Candisari (SMA DON BOSCO Semarang)

Yoni Situs Candisari SMA DON BOSCO Semarang
      28 Februari 2015
saya dan max trist di yoni don bosco
      Sebuah Kawasan, bila bernama Candisari dapat dipastikan dulunya ada sebuah bangunan candi. Ada bukti shahih, keberadaan Yoni di Candi, hasil dari penelusuran seorang rekan komunitas pecinta candi, pemilik blog : sutrisnasmg.blogspot.com. 
       Mbolang kali ini 100% hasil guide nya.  Jalur cukup mudah, karena Yoni berada di lingkungan kampus SMA PL DON BOSCO Semarang, tepatnya di jalan Sultan Agung.
Sungguh Beruntung Guru Sejarah di SMA PL DON BOSCO.... Ada situs sejarah di halaman sekolah,  ketika topik tentang situs/ candi/ masa Hindu di Indonesia, tinggal keluar ke halaman....
    Yoni berada sekitar 20 meter dari belakang Pos Security yang berada di sebelah kiri Gerbang  sekolah.
    Setelah Minta ijin satpam, dan mengutarakan maksud saya.... kemudian mengeksplor Yoni : 
\

       Kondisi Yoni lumayan terawat... hanya karena tidak ada peneduh, beberapa bagian yoni ditumbuhi lumut. Ukuran Yoni cukup besar, dengan ukiran naga di bagian bawah cerat. 
Naga di bawah Cerat Yoni Don Bosco

      Yang menarik, bila biasanya yoni yang saya temui itu polos tanpa ukiran, Yoni Don Bosco dibeberapa sisinya ada relief.
 Yoni Don Bosco
 Relief  Yoni Don Bosco

       Yoni yang merupakan perlambang/ manifestasi dewa siwa sebagai sesembahan pemeluk Hindu, dan merupakan simbol kesuburan ibu pertiwi, berpasangan dengan lingga. Namun Info yang saya dapat, ketika ditemukan sudah tak ada lingga.

      Yang membuat saya bingung sekaligus bertanya tanya. Biasanya lubang tempat lingga berada simetris di tengah-tengah Yoni... Namun yang terlihat ini :
Lubang Lingga Yoni Don Bosco Semarang

     Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. Air yang dimaksud adalah air suci yang digunakan untuk ritual.  
                                  
                                 Lubang Cerat Yoni : 






          

Bersama bapak security, informan

Dari Obrolan dengan Security, info yang saya dapat : Yoni ini adalah satu dari 3 (tiga) yang berada di kawasan candi Semarang, yang 2 lagi tidak diketahui keberadaannya. Kemudian, tambah beliau bahwa dulunya ada bangunan candi pula..... upaya penelusuran yang mungkin hampir mustahilkahhhh?????


Respect to SMA PL DON BOSCO SEMARANG!

Save This... Not Only A Stone!
Yoni Situs Candisari (SMA DON BOSCO Semarang)
Salam Pecinta Candi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar