Jumat, 20 Februari 2015

Yoni Situs Kenteng Campurejo Boja

Yoni situs Campurrejo Boja
       20 Februari 2015
        Sesuai info yang kudapat, ada beberapa situs disekitar boja. dan salah satunya adalah keberadaan Yoni di Musholla Al Hadi, Dusun Kenteng Desa Campurrejo Boja Kabupaten Kendal. Kebetulan setelah dari UT Mangkang, menuju tempat kerja, saya lewat jalur smg-boja-limbangan-sumowono-ambarawa. 
     Dari Pencarian Situs ini rute yang bisa sahabat tempuh dari arah Semarang : Setelah melewati BSB-Cangkiran sampai dengan Jembatan "Letter S" maju kira2 100m.. ada gang sebelah kanan. ikuti gang itu kemudian melewati SD N Campurrejo 01.
       Kira-kira 50m kemudian ada gang sebelah kanan dan nampak mushola Al Hadi. 


Di halaman Musholla Al Hadi, Yoni ini berada
Situs Yoni Campurrejo : di halaman musholla al Hadi
     Kondisi yoni masih terawat dengan baik dan masih ada lingga di atasnya, hal ini terkait kepercayaan masyarakat sekitar yang masih lekat dengan legenda Nyi kenteng, dan yang penguasa Campurejo yang berada di situs Yoni ini.
     Sisi baik kepercayaan masyarakat tersebut, menjadikan keberadaan Yoni ini terjaga dengan baik... , Namun karena tidak ada atap, sehingga kondisi Yoni sudah berlumut di hampir semua bagian.
 Yoni dan Lingga 

Yoni adalah landasan lingga yang melambangkan kelamin wanita. Pada permukaan yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat di bagian tengah – untuk meletakkan lingga.  Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar,  Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. Beberapa ahli mengemukakan bahwa bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca.
 Lingga : 
Lingga situs Campurrejo
Yoni dari dekat 
samping:
depan : 
dari atas : 
Ada beberapa koin receh diatas yoni, entah itu sesaji atau hanya orang iseng saya kurang paham.
Umpak di Situs Campurrejo
    Di Sebelah Yoni ada umpak candi, hanya satu..... umpak/alas tiang sebuah banngunan, bila posisi dekat dengan Yoni... dapat diartikan dulunya di sini ada sebuah bangunan suci... 
Di posisi depan Yoni ada sebuah batu sisa sebuah bangunan : 
    Ketika asyik mengambil gambar, ada seorang ibu yang lewat kemudian bilang : "Ati-ati ya mas itu makam.", saya mesem saja, "hehehe.... ya bu...." (salah pengertian tapi ada untungnya pula.... jadi warga gak akan berani ganggu / merusak Yoni ini)

     Save This... Not Only a Stone
di Yoni Situs Campurrejo Boja
Salam Pecinta Candi.

nb:
thx to : pemilik sutrisnasmg.blogspot.com, info nyicil 1 per satu ya mas.... hehehe.
   

1 komentar:

  1. sip mantab mas.....lanjutkan ke,yoni karangmanggis,batu lumpang,situs duduhan,situs dusun candi n yoni limbangan..

    BalasHapus