Jumat, 13 Februari 2015

Situs Candirejo Ungaran Barat


Yoni & Nandi
Situs Candirejo Ungaran
      Jumat, 13 Februari 2015

       Segera setelah dapat info dari Rekan Komunitas... thx to : Max trist, saya Mbolang lagi. "Mencuri waktu", sebelum ke tempat kerja, saya sempatkan untuk Mbolang ke Situs Candirejo  
      Dari Semarang melewati kota ungaran sampai dengan batas kota, sobat akan menemui petunjuk ini : 
      Ambil kanan, Jalan masuk di samping kantor pajak setelah melewati Akper Ngudi Waluyo terus saja sampai ketemu dengan kantor desa Candirejo: 
Kelurahan Candirejo : Situs 200m dari sini


     Dari Kantor Kelurahan Candirejo maju 200m sampai ketemu dengan tugu desa (PKK) dan ada gang di samping rumah bilyard sebelah kanan, masuk gang itu dan sampailah , di Bawah pohon beringin yang tidak terlalu besar situs ini berada. 
Situs Candirejo

      Situs Candirejo secara administratif berada di Dusun Krajan, Desa Candirejo Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Berada tepat di samping sumur bur/tandon air milik PDAM Ungaran. 

Situs Candirejo : Yoni, umpak dan nandi
     Oleh masyarakat... beberapa batuan candi yang ditemukan diisekitar lokasi ini, kemudian dikumpulkan. "Dulu banyak yang masih berbentuk, kepala nandi juga masih utuh... namun karena lama ga terurus... kepala nandi juga dicuri orang" sumber dari ngobrol dengan ibu yang lewat (kebetulan yang punya bilyard), pesen juga : "Ati-ati ya mas... tempat ini angker".
      Yang tersisa dari situs Candirejo, Yoni dan Nandi serta beberapa batuan yang berceceran.
Yoni : 
Yoni Situs Candirejo
    Yoni, sebuah perlambang kesuburan... lambang dari Ibu Pertiwi., media untuk penyembahan kepada dewa Siwa... dengan Lingga sebagai pasangannya. Umumnya terdapat pula arca nandi di dekatnya. Arca nandi sebagai tunggangan dari Dewa Siwa.
    Kondisi Yoni di Situs Candirejo, banyak ditumbuhi rumput dan lumut. serta yang paling aneh...ada umpak diatas yoni, yang seharusnya disitu adalah tempat lingga berada.
Situs Candirejo : Yoni dengan tumpangan umpak diatasnya... Lingganya mana?
    Relief di Yoni : 


     Cerat Yoni disangga dengan relief dengan posisi MUDRA.. tangan didepan dada... dari sumber informan utama saya : ornamen ini adalah "Gana". Gana, atau Siwaduta, adalah makhluk kecil pengiring Siwa.
    Dewa ini naik naga :






Situs Candirejo : Cerat ada relief


Dibagian cerat yoni, ada pula reliet kala : 










Relief unik di pucuk cerat :

Yoni nampak dari belakang : 


Arca nandi:

Situs candirejo Ungaran : Nandi
      Nandi atau Nandiswara adalah lembu yang menjadi Wahana dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Dia juga merupakan juru kunci Siwa dan Parvati.
    Kondisi Yoni sudah terpenggal kepalanya, banyak ditumbuhi lumut pula....







    Masih Cerita dari Ibu (yang kebetulan lewat), : "Dulu ada anak kecil yang naik ke punggung sapi itu ... tiga hari kemudian meninggal.... tapi itu sebelum kepala sapi itu hilang ..." entahlah..... benar atau tidak cerita itu, namun faktanya hampir setiap arca nandi yang kutemui kepalanya dicuri....
Yoni Situs Candirejo










Dari Belakang : 

Batu Candi yang lain, yang berceceran : 



  Satu lagi bukti, penamaan sebuah desa/daerah... yang bernama awal candi.... mestinya dulu disebut demikian ada sebuah candi.... yuukk kita telusuri kembali... mumpung masih bisa....
     Save This Not Only a Stone!
Salam Pecinta Candi

3 komentar:

  1. senang sekali membaca tulisan mas Manjer, saya pemerhati dengan candi, namun karena sudah tua ya bisone mung moco moco wae (dulu waktu muda juga sering jlajah deso milang kori - nggoleki sisa sida candi), mulai dari Salatigo sampai ke gunung Lawu). Tetapi betul sekali saya merasa ikut berkelana dengan mas Manjer ...... Marurnuwun mas.

    BalasHapus
  2. Kenapa ya arca-arca kebanyakan kepalanya hilang? apa karena itu yang paling mudah dibawa atau gimana ya?

    BalasHapus