Selasa, 04 Februari 2020

Jejak candi Sidomulyo Ungaran : Candi Paren Sidomulyo Ungaran

Jejak candi Sidomulyo Ungaran : Watu candi Paren
     Ketemu teman, ngobrol... Guyonan.. konon memperpanjang usia.. sederhana tapi ora sepele. Itu pula yang membuat saya tanpa pikir panjang langsung 'kluwer', ketika Lek Tris telp ngabari Mas Seno di kerjaan-nya. Kadang hanya ngobrol ngalor-ngidul bisa sedikit melupakan masalah di kerjaan. Apalagi ada 'Banyu klopo' selalu tersedia setiap nongkrong di lek Trist menambah Klangenan.
Lek Trist area
     Ide langsung terlintas untuk menambah keGayengan... selain blusukan di lokasi terakhir Lek Trist nyervis printer, juga teringat pernah beberapa tahun lalu viral kemuncak di lahan Parkir RS bersalin yang telah diamankan di kantor kelurahan. Dan tentu ada rekan dengan social enginering top markotop perlu kami panggil, agar mudah masuk ke kelurahan. Wkwkwk...yang kebetulan pula Mas Eka ini terlibat langsung memindahkan kemuncak tersebut, mungkin mirip Doyok di iklan angkong itu, Hehehhe...
      Kemudian kami coba hub Mas Eka WP. Eh nyantol juga,  kebetulan punya kebutuhan moodbooster yang sama.
    Setelah bercerita nabi-nabi sebentar, plus menikmati sajian khas londo nya Lek Tris (pizza karo donat jane luwih enak pohong goreng), Kami kemudian meluncur ke lokasi.
     Ceritanya, tanpa sengaja saat Lek Tris menerima panggilan untuk servis di rumah pelanggan printer nya... Melihat sesuWatu.
      Berada di area Sidomulyo Ungaran. Dimana ada beberapa situs yang memang sudah terdeteksi di sini dan beberapa sempat viral.
     Ada Yoni Paren Sidomulyo, Ada Yoni exit tol, Ada Lumpang Sidomulyo tak jauh juga pernah ditemukan jejak reruntuhan candi yang sampai saat ini saya tak bisa mengakses karena dipindah ke dalam rumah seseorang. Dan melarang siapapun melihat... Entah kenapa. (Penemuan struktur candi di sidomulyo yang sekarang musnah tak terdengar kabar di terpa angin :
 beberapa berita di link web 
1. https://jateng.tribunnews.com/2013/07/02/bupati-semarang-kompensasi-lahan-candi-tugas-bpcb-jateng) ,https://jateng.tribunnews.com/2013/06/27/perumahan-di-lokasi-ditemukan-candi-belum-berizin ,
2. https://jateng.tribunnews.com/2013/06/26/batu-candi-di-ungaran-disimpan-pemilik-tanah
Watu candi Paren Sidomulyo Ungaran
      Paren, Sidomulyo. Lokasi dimana satu struktur batuan Candi berbentuk kotak yang terlihat bermotif, berelief.
Watu candi Paren Sidomulyo Ungaran
          Setelah kami bersihkan dari lumt, dan kami balik, penampakan dibagian posisi bawah : 
watu candi Paren Sidomulyo
      Terdapat jejak bekas usaha pembelahan, untungnya urung dilakukan. Lebih dekat biar nampak jelas ciri yang menunjukkan ini bukan batu biasa saja :
Watu Candi Paren Sidomulyo Ungaran
     "Dulu banyak, tapi sudah dimanfaatkan untuk pondasi rumah", jelas ibu pemilik rumah. Sambil beliau menunjukkan sisa sisa struktur candi di bawah tatanan bunga diatas pot: 
Watu candi Paren Sidomulyo
     Keberadaan Batu kotak ini sangat dekat dengan Yoni Sidomulyo juga arca yang berada di rumah di sisi lain.
Watu Candi Paren Sidomulyo Ungaran
      Sebenarnya masyarakat juga banyak yang sudah paham keberadaan struktur ini membuktikan bahwa dulu ada bangunan candi. Namun memang baru sebatas itu.

Watu Candi Paren Sidomulyo Ungaran
     Juga 2 Struktur Batu berbentuk kotak dengan pola di salah satu sisinya (takik) :
Watu candi Paren
     Sampai ketemu di naskah berikutnya, yang masih terkait dengan keberadaan Candi di Paren Sidomulyo.
      Suasana dalam gambar, wajah dengan senyum tanpa batas seperti ini yang kerap ngangeni saat blusukan... heheh 
    Salam Pecinta Situs dan Watu Candi


sasadara manjer kawuryan : Candi Paren 
#hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar