Kamis, 25 Oktober 2018

Mampir di Watu Lumpang di Halaman Soto Sedep Jambu


Watu Lumpang di Halaman Soto Sedep Jambu
Kamis, 25 Oktober 2018. Cerita ini adalah bonus blusukan, diluar rencana sama sekali. Bahkan sampai di detik terakhir Pak Nanang dan Mbak Laiva tak mengetahui destinasi ini. 
Ceritanya setelah mampir di rumah Paklik saya, kemudian perjalanan pulang kali ini seperti biasa joki motor Mas Dhany, bila membonceng, seperti tulisan di angkot, “Bukan cepat, hanya terbang rendah…” hehehhe. Makanya jalan selalu didepan pak Nanang.
 Sesampainya di resto Soto Sedep Jambu saya memberi kode Pak Nanang untuk mengikuti kami, awalnya ekspresi Pak Nanang menolak untuk makan soto, padahal memang gak ada yang traktir pak…heheheh. 

Kami langsung menuju sebuah bangunan berbentuk cungkup berjeruji.
 Watu Lumpang di Halaman Soto Sedep Jambu
Watu Lumpang di Halaman Soto Sedep Jambu
Tertanam dalam arti diplester dengan semen lengkap dengan pernik-pernik puzzle dari pecahan keramik warna-warni. Sudah sejak lama saya sebenarnya ingin menyambangi watu lumpang ini. Namun entah kenapa tak terlaksana juga.
Di dalam jeruji ini, 
Awal saya mengetahui keberadaan Watu Lumpang ini dari berita di Koran tentang kekisruhan “ adanya gazebo” soto sedep yang menutupi masjid. Di salah satu kalimat dalam berita itu meceitakan tentang kebeadaan sumur yang dikeramatkan dengan adanya watu lumpang. Langsung saat itu saya mencari sisik melik. Bahkan beberapa rekan langsung mendokumentasikannya. 
Di Google Maps Gazebo tersebut masih Nampak ada..:
Kondisi saat ini, sayangnya banyak sampah di atas lumpang ini… padahal saya yakin orang tersebut tahu ini bukan lubang sampah!
Semoga pengelola Soto Sedep rutin membersihkan, Potensi fasilitas wisata sejarah ada di Halaman Soto Sedep ini, polesan sedikit jadilah. Pengalaman kami saat di lokasi ini, ketika mengambil beberapa gambar, eh banyak orang yang penasaran.
Salam pecinta situs dan watu candi

Sampai ketemu di kisah blusukan selanjutnya….

#hobikublusukan

Nb:
“OOO pantes Mbak Laiva sepanjang perjalanan gelisah, bahkan saat kami mampir di Soto Sedep tidak seperti biasa, tidak kerasan”, nampaknya ini penyebabnya…hehehhe (foto tambahan…jadi ganjil, 
yang sebelumnya berempat… heheheheh #salammantanpartner!

1 komentar:

  1. Bermacam Jenis Dan Ayam Bangkok Plymouth Rock
    Ayam Lokal Indonesia Yang Sempat Menaklukkan Ayam Bangkok

    BalasHapus