Kamis, 23 November 2017

Lapik Arca Situs Recosari Boyolali

Lapik Arca Situs Recosari Boyolali
       Kamis, 23 November 2017. Lanjutan dari Yoni Situs Recosari, kota Boyolali. Masih di Lingkungan Recosari kota Boyolali. Sesuai yang di sampaikan mbah Sadinah, pasangan yoni (dikenal dengan mbah BLuwer (kakung) sementara mbah putri-nya adalah tujuan kami ini. Keluar dari gang ambil kanan sedikit kemudian kiri... hanya berjarak kurang dari 100m sampailah. 
       Mbah Bluwer (eyang putri), dugaan kami adalah lapik arca.
Lapik Arca Situs Recosari Boyolali
      Kondisi sudah dipermak total, di cat ulang warna warni, mengingatkan saya pada Situs Yoni di Bangak masih di Boyolali. Yang rencananya nanti akan mampir pula, gantian guide. Pertengahan tahun lalu (2016) saya kesini dengan Rekan komunitas yang berdomisili di Pengging, di akhir blusukan rencana kami mampir... 
       Saat datang kesini, empunya rumah kebetulan yang kami temui tak paham sama sekali.
       Saat kami mendokumentasi, datanglah seorang bapak yang nampaknya tertarik dengan aktivitas kami, "Ooh Watu itu tinggalan leluhur mas, mbah putri. Dulu banyak patung nya tapi konon dibawa ke Solo". jelas Bapak Slamet.
    Keberadaan Lapik Arca (Mbah Bluwer (kakung), juga Yoni (mbah Putri) patut diduga peradaban Hindu klasik pernah ramai di area ini. Itu pula yang meyakinkan diri saya pribadi tentang asal muasal nama Recosari. Masyarakat menyebut nama Recosari mungkin saja, karena banyaknya arca = reco (bahasa jawa).
Lapik Arca Situs Recosari Boyolali
    Lapik arca berukuran lumayan besar, menandakan Arca yang diatasnya cukup besar pula. Hiasan di bagian atas lapik juga sangat indah, teratai.
     "Dulu di area ini kuburan Belanda mas", jelas Ibu muda pemilik rumah, dimana Lapik ini berada di halamannya. Jika dulunya pernah menjadi kuburan belanda, masa sebelum digunakan  untuk kuburan, dugaan saya tentunya area ini banyak peninggalan. Semoga masih banyak yang terselamatkan dan di Rumah Arca Boyolali.
Lapik Arca Situs Recosari Boyolali

      Berlanjut ke Candi Musuk.
---
      Video amatir :


     Rekan blusukan :
Suryo Wibowo di Recosari Boyolali

      Salam pecinta situs dan Watu candi
SSDRMK di Recosari Boyolali
 all foto by property of Suryo Wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar