Selasa, 14 Maret 2017

Merekontruksi jejak peradaban di Ngobo Desa Wringinputih, Bergas.

Watu Lesung Ngobo, Bergas
 Rabu, 15 Maret 2017.
Cerita perjalanan ini dimulai dari sebuah ketidakberuntungan, Si andeng-andeng musnah dari wajah teman saya. (baca musibah). Niatnya sama sekali tak akan blusukan, Kami (saya dan Mbah Eka WP) hanya ingin nengok rekan yang sakit merana kehilangan andeng-andeng (tahi lalat).  Tak tega juga rasanya, mosok orang sakit diajak blusukan. 
Namun yang terjadi diluar dugaan kami, walaupun tertawa saja susah karena tertawa berarti menangis bagi dia, kesakitan sampai berurai air mata (bukan lebay, namun ini terjadi) si oknum malah memaksa kami untuk melihat hasil blusukan beberapa waktu sebelumnya.
Biar senang hatinya, maka kami mengabulkan. Jadilah destinasi kali ini adalah menelusuri jejak peradaban di Dusun Ngobo yang berada di wilayah Desa Wringin Putih Kec. Bergas. Dari Gedanganak, kami lewati Desa Beji kemudian menyusuri perkebunan karet “Kebun PTPN Ngobo”. 
Watu Lesung Ngobo, Bergas
Melalui jalan beton di pinggiran dusun, berbatasan langsung dengan perkebunan karet.  Karena Memang Watu Lesung ini berada di pinggiran kebun karet di lereng perbukitan.
Petunjuk yang lebih mudah, situs ini berada di belakang SDN Wringinputih 03, tepatnya 500m gang di sampingnya. Ikuti saja, watu lesung ada di sebelah kirimu. 
SDN Wringinputih 03
Awalnya dapat info dari teman di Grup FB “Ungaran”, saya di japri ada watu lesung di daerahku”, cerita Mas EkaBudiyono kepada Kami. Legenda atau entah mitos yang berkembang dimasyarakat tentang watu lesung ini, “Konon ada mbah wali yang ingin membuat sambel. Tapi karena bawangnya kurang sehingga watu lesung ini ditinggal begitu saja”. Namun Mbah wali yang mana, siapa tak ada warga yang menjawabnya. 
Watu Lesung Ngobo, Bergas
 Saat ngobrol dilokasi ini, Mas Dhany Putra bergabung dan sepengginang kemudian mas Candra yang memberikan informasi datang pula. 
Jadilah kami genap berenam. “Kata mbah buyut ku, watu lesung ini sudah ada sejak mbahnya, dulu ada di tengah jalan ini, kemudian oleh warga dipindah ke posisi yang sekarang”, cerita mas Candra kepada kami.
Watu Lesung Ngobo, Bergas
Dari bentuknya, saya pribadi ragu untuk fungsinya di masa lalu; dibuat untuk apa? Keyakinan saya pasti ada yang lain, yang terkait. Sedangkan Mas Eka Budiyono menduga, watu lesung ini dulunya digunakan untuk menumbuk padi secara bersama-sama.
 Hipotesis yang tak serta-merta kami amini. Padi atau Oryza sativa dalam bahasa latinnya ini, datang ke nusantara abad ke berapa?, sedangkan kebudayaan yang menciptakan peradaban dengan ciptakan watu lesung abad keberapa pula? pertanyaan-pertanyaaan yang berkicauan dikepala.
Watu Lesung Ngobo, Bergas

Statement dari Eka Budiyono malah menjadikan beberapa dari kami berpikir keras… namun tak menemukan jawaban. Semoga para ahli mencerahkan kami
Selain Watu lesung ini ada watu lumpang juga, ayo kita telusuri”, ajak Mas Chandra. Disisi jalan lain, masi di perkebunan karet. Kali ini kami menyusuri perkebunan di depan SD Wringinputih. 
Watu Lesung Ngobo, Bergas
Hampir 4 orang warga yang kami temu menggelengkan kepala saat kami tanyakan keberadaan watu lumpang ini. Walau mereka cukup umur dan asli berdomisili di Ngobo Wringin Putih. 
Semangat sudah level terendah, sampai kemudian harapan kami bangkit lagi setelah Mas Chandra bertanya kepada warga di dusun sebelah. “Di pinggir sawah, tepat di bibir lereng perkebunan karet”, informasi dari warga tersebut. Tanpa berbekal alat sama sekali, kami mencoba menyibak rumput setinggi 1 meter an, dengan perasaan was-was karena pencarian kami lakukan dibibir jurang sedalam 5 m lebih. Membuat pencarian kami tergesa-gesa. Dan Akhirnya setelah cukup lama  kami menyusuri tepian perkebunan. Kami mundur namun bukan menyerah. Hari esok masih terbentang.
Terimakasih kepada Mas Candra, yang berkenan mendampingi kami menelusuri jejak watu lumpang di area yang tak terlalu jauh dan jarang diketahui warga. Walaupun penelusuran hari ini gagal, selain durasi waktu juga kondisi yang sudah agak gelap serta rumput setinggi pinggang membuat kami menunda.
Watu Lesung Ngobo, Bergas

























          Gambar diatas, saking baguse, takut menjadi idola baru Mas Eka Budiyono memakai Masker....
 Sampai ketemu penelusuran ulang


Salam Peradaban!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar