Rabu, 30 November 2016

Situs Yoni Pasar Pengging, Candirejo, Dukuh, Banyudono, Boyolali.

Rabu, 30 November 2016. Destinasi ke #9. Blusukan nekat... obat stress... destinasi kali ini super sekali, rekomendasi sekaligus guide spesial dari Mas Yogga Wahyudi : 
Jujur saya, semangat saya turun 90%, saat mas yoga Bilang satu lagi. Terutama saya… sudah sejak keluar dari gang setelah penelusuran sebelumnya, saya celingukan cari warung mie ayam. Namun sayangnya rekan yang lain masih 95%... Jadilah saya manut karena saya juga membonceng saja. Hahahahahg.
Namun pengorbanan saya terbayar lunas plus doorprize  Siapa sangka Kami berbelok ke pasar Pengging. Kami kompak “Dipasar ada situs mas?” tanya kami serempak kepada Mas Yogga. Dia cuman tersenyum misteri. Kami segera menjejak sinar lampu merah motornya. Parkir di lantai 2 Pasar Pengging, kemudian kami ditunjukkan pemandangan paling indah didunia, (maaf lebay, karena untuk sementara bisa melupakan rasa lapar kami. 
Situs Yoni Pasar Pengging
Segera kami cari jalan untuk turun, dan segera menyentuh untuk mengobati rasa kagum kami, dan ternyata lumayan muter2… “Batin saya di kerjani mas Yogga nich, biar tamba ndredek …. haghaghag".
Tak ada informasi apapun yang bisa kami dapat tentang tinggalan purbakala (Situs watu ini) yang tepat berada di Lt. 1 ditengah-tengah Pasar Pengging. 
Situs Yoni Pasar Pengging, Candirejo, Dukuh, Banyudono, Boyolali.
Kami duga, (belum 100% yakin), dua watu purbakala  ini adalah Yoni yang berbeda dan berbeda pula level parahnya kerusakan.
Yoni 1 (ukuran yang lebih besar) 
Situs Yoni Pasar Pengging
Hilang bagian atas, namun terlihat lebih halus yoni ini. (dari pada yoni yang ke 2)
 Dari detail Yoni yang pertama ini…. Hiasan sederhana namun terlihat indah… Sayangnya bagian atas dirusak.
Yoni 2 (Ukuran lebih kecil)
Situs Yoni Pasar Pengging
Kerusakan diseluruh sisi Yoni ini, Yang paling parah hilangnya bagian Bawah Yoni. Dan Juga grompal di semua sudut Yoni
(Penampang Atas, dimana terdapat lubang lingga berbentuk kotak, lengkungan di setiap sisi untuk menahan air dan juga cerat untuk mengalirnya air. 
Situs Yoni Pasar Pengging
Disebelah Yoni ini ada pula batu kotak yang berukuran besar, kami duga menjadi satu kesatuan unsur sebuah bangunan suci masa itu. 
Situs Yoni Pasar Pengging

Keterbatasan informasi sejarah sangat kami nantikan dari siapapun yang membaca kisah kami ini, yang berkenan untuk kami bagikan kembali….
Foto bersama Personel minus one… (katanya berkorban untuk yang lain jadi tak apa tak ikut foto) 

Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
di Pasar Pengging
 Dan Penelusuran Boyolali Area berakhir Hari ini, Dilain hari, lain waktu semoga penelusuran bersambung….

Dan Kami Akhiri dengan menu wajib blusukan : Mie Ayam Pengging

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar