Kamis, 18 Juni 2015

Yoni Situs Candirejo Tuntang

Yoni Situs Candirejo Tuntang


      Kamis 11 Juni 2015

Menuju JLA
      Mbolang kali ini sumbernya dari postingan mas Eduardus Egga di Fb Komunitas, Yoni Pulutan Salatiga,    Mendadak dangdut istilah saya, karena memang tanpa rencana sebelumnya. 
      Ketika pas ada waktu, saya langsung buat postingan... Saat itu yang merespon hanya satu yaitu kang Max Trist.
Perempatan pertama JLS : Pulutan
     Janjian di gerbang Kota salatiga, tepatnya di pertigaan ke arah jalan lingkar Salatiga. Sambil menunggu kedatangan Kang Trist, saya mencoba menelusuri alias survey terlebih dahulu. Saat tanya pedagang es degan di pinggir jalan sebelum trafict light pertama, Pulutan berada di kiri trafict light.      
     Jadilah saya jalan pelan-pelan mencari keberadaan Yoni. Setelah beberapa lama tak ketemu, akhirnya saya kembali ke perempatan. Sambil beristirahat mencoba membuka file-file lama saya lagi, ternyata info itu sedikit keliru : Yoni Berada di Desa Candirejo Tuntang, di area kebun kelapa Milik warga. Jadi ternyata bukan Pulutan Salatiga. (Yang memang Yoni dekat sekali dengan batas wilayah) Tak Berapa lama kemudian max trist datang, dan Ternyata beliau juga mencoba menelusuri perempatan/ trafict light ambil kanan. Setelah diskusi sebentar, karena sama-sama nihil, akhirnya kami memutuskan bertanya kepada warga yang kami temui mengenai keberadaan Yoni ini. 
Lokasi Yoni Candirejo Tuntang : Di Kebun Kelapa
    Atas info dari warga, ancer-ancernya yoni berada didepan Ruko: warung dawet+cuci motor+warung "Kafa' dan sebelum pengepul rosok, saya dan Max Trist Mencari Kembali.         





    Dan Akhirnya dapatlah Yoni itu : 
Yoni Situs Candirejo Tuntang
Yoni Situs Candirejo Tuntang
     Dimensi Yoni : 
P : 85 cm
L : 85 cm
T : 75 cm

  Terbuat dari Batu Andesit. Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. 
cerat Yoni Situs Candirejo Tuntang : Relief Kala

      Cerat Yoni berhiaskan relief Kala.

      






lubang te,pat lingga : Yoni Situs Candirejo Tuntang 
      

     Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. 










      Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. (Saat Ritual suci).
Add caption
     Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. Bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga.   





       Sebagai dewa utama, Dewa Siwa mempunyai sejumlah nama lain, di antaranya adalah Mahadewa, Isana, dan Rudra. Penggambaran Siwa selain sebagai manusia, seringkali digambarkan dalam bentuk lingga. Lingga yang digambarkan sebagai kelamin laki-laki biasanya dilengkapi dengan Yoni sebagai kelamin wanita. Persatuan antara Lingga dan Yoni melambangkan kesuburan. Dalam mitologi Hindu, yoni merupakan penggambaran dari Dewi Uma yang merupakan salah satu sakti (istri) Siwa.
Yoni Situs Candirejo Tuntang 
     

      Kondisi Yoni banyak ditumbuhi lumut, terkesan tak terawat. Selain tak ada Peneduh dan pagar sekelilingnya. Keberadaan yoni cukup jauh dari pemukiman.


Close up Yoni Situs Candirejo Tuntang : 





      Sebelum pulang mampir dulu mengisi perut, di Bakso Ndut Blotongan. 10rb. Skor untuk Bakso 8,5.
Akhir-ini jika mbolang, karena tertular semangat kuliner dari kang Eka WS.... Tiap mbolang kepingin kulineran...




     Bersama beliau saya Mbolang Mendadak Dangdut : 
Di Yoni Situs Candirejo Tuntang : saya dan Kang Max Trist.


Save This Not Only A Stone.....

Saya di Yoni candirejo Tuntang
















Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...

Mari Kunjungi dan Lestarikan....





Gabung yuk di Grup FB Pecinta  Situs DEWA SIWA   

1 komentar: