Rabu, 24 Juni 2015

Situs Gembongan Karangjati Bergas : Nandi, Lapik Arca, Umpak

Situs Gembongan Karangjati
Jalan Masuk Lemahabang
14 Juni 2015
           Situs ke 9 dari rangkaian 11 situs Mblusuk Maraton. A
da 2 Rute Alternatif.. Yang paling mudah lewat gang depan Kantor BPJS kemudian setelah Makam ambil kanan, gang pertama kiri... Kira-kira 50m ada gang lagi ambil kanan... masuk ikuti gang tersebut, pelan-pelan saja karena situs sudah sangat dekat. Penandanya adalah Madrasah dengan gedung bertingkat, situs ada di seberangnya. Berada di halaman rumah Warga :
Situs Gembongan Karangjati
        Dulu banyak ditemukan, Arca Batu candi bertebaran pula. Namun karena masyarakat sini kurang perhatian. Arca tersebut dihancurkan, watu-watu candi di timbun tanah (terpendam di dalam rumah) begitu saja...
   
Nandi Situs Gembongan Karangjati
   Nandi yang merupakan wahana dewa Siwa, memperkuat dugaan saya, ditambah keberadaan 2 buah Lapik arca berbentuk padma ini dulunya pastilah ada Arca Siwa/Ganesha/Agastya/ arca hinduistik lain yang ukurannya lumayan. 

      PERAN UTAMA NANDI Sebagai Dewa Utama Siwa dalam Aliran Hindu Saiwa memiliki kendaraan suci yaitu sebuah Lembu Kemakmuran yang bernama Nandi yang adalah dewa utama dari Peradaban Agraris Lembah Hindus. Nandi dikenal sebagai Pasupati, yang dipuja sebagai penjaga agraris. 
      Beberapa Purana (kitab suci), menjelaskan Nandi atau Nandishwaram sebagai lembu sukacita yang memiliki aspek Siwa, maka tidak mengherankan jika Nandi digambarkan menyatu dan tersenyum bersama tuannya. Arca Nandi adalah pertanda keberadaan agama Hindu Saiwa, Kuil Nandi selalu berada di depan Kuil Maha Dewa dan pemujaan terhadap Nandi merupakan awal pemujaan terhadap Siwa. 
(Sumber: http://primbondonit.blogspot.com/)

Arca Nadi Close up : 


Arca Nandi Situs Gembongan Karangjati

Kaki depan nandi Situs Gembongan

Mata Arca nandi

Punuk Nandi Situs Gembongan
Arca Nandi gambar dari depan


Lapik Arca : 

Close up lapik arca:






      Umpak yang Masih Terpendam di Kebun belakang rumah, tepat di batas tanah




























     Selain yang nampak, Menurut Ibu Pemilik Rumah...dulu ada batu datar dan beberapa batu candi kotak yang di kubur di bawah rumah begitu saja....sambil Ibu itu menujuk rumah.... ----sayang sekali----

Save This Not Only a Stone

ssdrmk di situs gembongan karangjati
Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...

Mari Kunjungi dan Lestarikan....



Gabung yuk di Grup FB Pecinta  Situs DEWA SIWA   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar