Kamis, 11 Juli 2013

Candi Bedono

Situs Candi Bedono
        Sudah lama semenjak EOSD1000 q rusak, lama ga' hunting candi, barulah Jumat tanggal 5 Juli mulai lagi. setelah lama EOSD1000ku rusak....
Perjalanan ku mulai dari Ambarawa sekitar jam 9. Tujuan utama sebenarnya Situs Liyangan di Temanggung.
          Sebenarnya (Situs) Candi Bedono ini sudah lama aku sering  melewatinya pada saat ikut layanan perpustakaan keliling di Desa Bedono (aku kerja di perpustakaan ungaran), namun tidak pernah menyangka di depan kantor desa Bedono "Teronggok reruntuhan Candi dan Yoni yang cukup besar.
     Dan baru Jumat ini, tepatnya tanggal 5 Juli 2013. itupun menjadi perjalanan pembuka alias mampir, sebelum menuju tujuan utama daerah Ngadirejo Temanggung (Situs Liyangan).
    Situs Bedono, atau saya menyebutnya Candi Bedono ini sebenarnya terletak di dekat jalur padat Semarang-Yogyakarta. Letaknya tepat didepan Kantor Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Dari Jalan Raya Semarang - Yogyakarta, tepat setelah ponpes Syekh Puji (dari Semarang) disebelah kanan ada pertigaan yang juga terdapat pasar krempyeng.... masuk sekitar 50 meter, ketemu situs Candi bedono ini.
Kantor Desa Bedono Jambu
Candi Bedono
   Keberadaan Candi Bedono, hanya terlihat bukti adanya Yoni yang cukup besar dan tumpukan candi yang benar-benar tidak terawat. Dilindungi 2 pohon beringin yang cukup besar. Candi ini tersembunyi, hingga banyak lumut yang menggerus bebatuan candi.
Ditengah hiruk pikuk kehidupan candi ini tergolek diam membisu. Dibelakang tempat pengolahan kayu, disamping pasar rakyat serta didepan pusat pemerintahan desa..... IRONIS!!!
Candi Bedono : papan yang sudah gak kelihatan

Candi Bedono : Tumpukan Batu
     Keunikan Yoni Candi Bedono, Selain cukup besar dan relatif utuh. Juga terdapat patung ular.
Patung Ular di Yoni ;Candi Bedono

Yoni Candi Bedono dari Samping
Yoni Candi Bedono
Saat kucoba bertanya pada penjual gorengan di sebelah situs ini, Ibu penjual bilang : "Candi ini dulunya tempat beribadah nenek moyang mas, tapi saya gak tahu sejarahnya...... 

hmmm.. Kita sudah lupa akan diri kita.....
Di Candi Bedono Jambu

1 komentar:

  1. di desa bedono ada 2 situs mas, satunya lagi di pemakaman, pemakaman kentheng namanya,,,
    bentuk batunya terletak di tengah2 pemakaman,,,

    BalasHapus