Rabu, 01 Juni 2011

Candi Lumbung

ekspedisi rorojongrang

Berjarak sekitar 500m dari candi Prambanan, dengan berjalan kaki, lapangan rumput dan deretan pepohonan yang asri juga melewati taman bermain anak dan kompleks museum prambanan. rasa nyaman, sekaligus kedamaian tercipta disini. sungguh cocok untuk rekreasi keluarga, selain rekreasi sejarah juga menyegarkan pikiran. Apabila kurang menyenangi jalan kaki, di kompleks candi ini disediakan tour dengan kereta mini, tapi tentunya tidak cukup puas menikmati candi ini satu persatu. Saat saya ekspedisi ini Candi lumbung masih di rekontruksi kembali, alias direnovasi.

Candi Buddha yang berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Prambanan ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dinamakan Candi Lumbung mungkin karena bentuknya yang menyerupai lumbung padi dan diperkirakan dibangun pada tahun 850 Masehi.Total terdiri atas 16 candi-candi kecil.Sebagian candi, termasuk candi utama yang ditengah dalam kondisi rusak, dan sedang diupayakan perbaikan, meskipun sempat diguncang gempa 2006 kemarin, namun kerusakan yang diakibatkan tidak separah kompleks Candi Prambanan. 
Candi Lumbung
Terus terang, saya hanya sekilas saja, alias cuma memutari candi ini, tidak masuk kedalam candi. Dikarenakan candi masih dalam tahap renovasi. Saat saya ke candi ini masih banyak pekerja yang menusun "puzzle' candi, jadi saya tidak mau mengganggu. semoga suatu saat nanti jika saya kembali ke sini can di ini sudah berdiri berjejeran dengan megah....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar