Jumat, 24 Mei 2019

Ada Struktur Batuan Purbakala di Makam Gondoriyo Jambu : Antefik

Makam Gondoriyo Jambu : Antefik

Kamis, 24 Mei 2019., Setelah dari Watu Lumpang Klowoh Lemahireng Bawen, saya berniat mampir ke Pak Nanang di Bawen, niat saya ngobol santai saja silaturahmi sambil ngabuburit. Yang penting blusukan kemisan sudah terkabulkan. Saya cek, di laporan WA pesan yang saya kirim ke mas Seno juga hanya centang 1.  
 Kurang dari 10 menit, sampailah dirumah Pak Nanang, ternyata mas Seno sudah standby di sana. (Ini pasti gara-gara para perusuh keras kepala itu (yang gakmau kalah) jadi hari ini dan beberapa hari kedepan Medsos down). “Tak terkirim balasanku”, kata Mas Seno. Kami kemudian ngobrol di depan rumah Pak Nanang, setelah mendapat kabar teryata beliau berburu. Katanya sudah 2 hari ini… nampaknya mutung beneran. Tak lama setelah itu bu Nanang keluar dan gabung ngobrol bersama.
Saya sebenarnya sudah tak berharap lagi, namun ternyata mas Seno menawarkan diri. Ya sudah, tanpa pikir panjang saya terima dengan senang hati. Dari Bawen kami menuju lokasi destinasi selanjutnya di daerah Jambu. Secara detail saya belum tahu ini masuk wilayah desa mana, yang pasti petunjuknya sekitar area SPBU Jambu. Masuk gang sebelah kiri, kemudian menuju makam. “Kita lihat antefik dulu saja”, ajak Mas Seno.
Awalnya Antefik ini tak sengaja kami (Mas Seno dan Pak Nanang) telusuri, tujuan sebenarnya adalah yoni di area ini. Bahkan petunjuk yang didapat adalah "Ada Langgar Bubrah disini", kata kunci itulah yang membuat semangat blusuker membuncah.
Makam Gondoriyo Jambu : Antefik
Karena kebetulan ini hari kamis dan masuk bulan ramadhan jadi suasana makam Nampak lebh ramai dari hari biasanya. Banyak orang yang nyekar, kirim doa.Berada di sebuah makam kuno, 2 antefik berhadap2an  menjadi penanda sebuah makam (=dibaca patokan). Sayangnya mas Seno lupa nama tokoh yang dimakamkan. Melihat dari spesialnya ciri makam saya mengamini bahwa yang dimakamkan tentu saja bukan orang kebanyakan.
Antefik special,



Biasanya ada sisi tepi bagian atap bangunan suci (=candi), detail relief masih terlihat jelas. Untuk motif arti maupun filosofi nampaknya saya masih harus belajar banyak. Segera setelah ini saya nyari referensi.
Matursembahnuwun Mas Seno, 
Seno di Antefik Jambu
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
ssdrmk di antefik Jambu
Sampai ketemu di perjalanan selanjutnya,
#hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar