Jumat, 02 Maret 2018

Lingga Pathok Situs Lerep Ungaran

Lingga Pathok Situs Lerep Ungaran
       Jumat 2 Maret 2018. Mleset Kemisan tak blusukan penelusuran situs, hari Jumat jadilah. Informasi situs benda cagar budaya ini sebenarnya sudah cukup lama saya dipameri si pelakor. setelah sekian lama, sampailah hari ini... barulah saya merasa beruntung Mas Eka W Prasetya bersedia mengantar. Jumat Berkah judulnya. Karena kami satu masjid saat Jumatan sehingga bisa saya paksa.
Tanpa harus ngalor-ngidul berbasa-basi, saya minta Mas Eka yang didepan, selain berkejaran dengan waktu, langit juga mulai mendung. Dari perpustakaan Ungaran menuju lokasi ternyata tak sampai 5 menit. “Blusukanku kadohan!, begitu kata pertama yang saya pikirkan dalam hati….
Saya angkat topi, penelusuran beberapa waktu sebelumnya yang hanya mengandalkan insting dan melihat ciri geografi/geologi dan tanda-tanda alam beliau bisa menelusuri dan mendapati ada benda cagar budaya di lokasi ini. 
Sekali lagi apresiasi, karena di lain lokasi, walaupun sampai 8 makam dia telusuri, dia masuki di satu daerah karena hanya ingin menelusuri informasi abstrak yang dia terima. Memang keterlaluan si abstrak tersebut!
Kami berada di daerah Lerep, dimana data saya pribadi ada beberapa situs yang berada di area Lerep : Yoni Lerep, Situs Soko terlepas dari dulu beratus-ratus tahun lahu tak ada sekat daerah.
Kembali ke Situs yang saat ini saya telusuri. 
Berada di sebuah makam di lereng gunung Ungaran yang terjal, kiri jurang terjal dan masih suasana khas pegunungan. 
Dari kejauhan, pohon sangat besar menjadi pertanda….
      Setelah parkir motor, di pendapa makam, kemudian saya mengikuti jalan Mas Eka WP yang ada didepan, Sampailah….

Lingga Pathok Situs Lerep Ungaran
Lingga Patok


Dijadikan ‘patokan’, 


















Jejak Simbol Brahmasutra



















     Masih terlihat jelas simbol di lingga : BRAHMASUTRA, di kedua lingga pathok ini.

Menurut warga, dua lingga patok ini dulunya ditemukan di lereng sisi kiri makam ini” ungkap Mas Eka. Menilik keberadaan Lingga Patok, dulunya adalah sebagai penanda batas luar suatu area suci yang biasanya diatas/ ditengah ada bangunan suci yang disakralkan. 
Ciri Identik lingga, yang terlewat oleh orang..... 











.



Guider Blusukan Sangat tipis Setelah Jumatan :
Eka WP di Situs Lingga pathok Lerep Ungaran

Sebenarnya banyak cerita rakyat yang berkembang di area ini, ada beberapa makam keramat. namun maaf tak saya ceritakan. Selain minim sumber juga passion saya berbeda. 
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
#hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar