Rabu, 14 Februari 2018

Lumpang 4,5,6 di Desa Kenteng Susukan


      Rabu 14 Februari 2018. Kerja sambil Blusukan kali ini tak saya duga sama sekali, walaupun doa saya mulai terkabul satu persatu (doa khusus blusukan maksudnya) saat Perpusling bisa sekalian blusukan. Layanan perpustakaan di Desa Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang ini yang pertama, setelah sebelumnya beberapa bulan lalu saya pernah blusukan saat survai layanan di lokasi yang sama : lengkapnya di naskah 3 lumpang Kenteng Susukan.
Entah kebetulan atau ditakdirkan memang hari ini, saya bisa turut menyaksikan. Bagaimana usaha melestarikan secara swadaya dan inisiatif para perangkat desa Kenteng, Mengamankan, merawat watu lumpang yang ada di desa Kenteng. “Kebetulan sekali, kami lagi membersihkan lumpang dan rencana akan kami tata sedemikian rupa”, jelas Bapak Muhsin salah satu perangkat desa kenteng menjelaskan kepada saya ketika saya belum keluar dari mobil perpusling. Terpana…. Kaget tapi bahagia. Langsung saya menuju lumpang tersebut. Ternyata bukan watu Lumpang yang pernah saya pernah telusuri. “Ada 3 lumpang lain yang kami amankan untuk pelestarian", jelas Bapak Muhsin, “Besok ketika sudah jadi museum mini tetenger Kenteng, kami akan buat profil dan laporkan ke pihat terkait”, tambah beliau. 
Jadi Total 6 Lumpang saat ini yang ada dan sudah diketahui di Desa Kenteng Susukan Kabupaten Semarang ini.


Lumpang 4
Lumpang 4 di Desa Kenteng Susukan 

Lumpang 4 di Desa Kenteng Susukan 
Lumpang 5
Lumpang 5 di Desa Kenteng Susukan 
Lumpang 5 di Desa Kenteng Susukan 
          Lumpang ke 6 Desa Kenteng Susukan
Lumpang 6 di Desa Kenteng Susukan 


Saat saya kesini masih dalam tahap sementara, baru dibersihkan dan dikumpulkan, semoga saya turut bisa melihat gerak inisiatif perangkat Desa Kenteng ini yang cukup menggembirakan, yaitu melestarikan peradaban masa lalu, kearifan lokal demi kelestarian dan sejarah jatiri Desa Kenteng.


Apresiasi yang tinggi!


 Video Amatir (nunggu edit - uplod youtube)



Salam Pecinta Situs dan Watu Candi





Dapat kondisi terbaru dari rekan yang berkunjung ke Desa Kenteng


#hobikublusukan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar