Senin, 26 Desember 2016

Mampir di Yoni Unfinished Desa Candiretno Secang Kabupaten Magelang

     Selasa, 26 Desember 2016. Penelusuran kali ini bersama duet nekat nglimpebojone... hehehehe. Bersama Lek Wahid saya mencoba menelusuri informasi dari Kang Adjie Negro, senior di dunia penelusuran situs di Temanggung area dan sekitarnya.

     Destinasi yang akan kami telusuri (untuk nama lokasi destinasi saya nunggu Kang Adjie Negro, Saya dan lek Wahid saking asyiknya penelusuran situs terlupa mencatat nama dusun, RT RW dan petunjuk lain nya) :

5. Candi retno
9. Yoni Banyusari Magelang
Destinasi #6 Yoni Unfinished Candiretno Secang Magelang

                Saat berpamitan dengan Juru Kunci Candiretno (Penelusuran Sebelum ini), kami direkomendasikan untuk mampir di 2 Yoni yang berdekatan dan masid di area Candiretno pula. Yang pertama Yoni di tengah makam yang menjadi tujuan selanjutnya.
Makam Bandungan Candiretno
     (Yoni ke dua kami terlewat dan menurut informasi yang kami dapat kalau tak ada yang mengantar akan kesulitan untuk menemukan karena rata dengan tanah dan tertutup ilalang, Karena pertimbangan itu pula ditambah durasi serta masih ada destinasi lain yang masih menunggu. Maka kami memutuskan untuk melewati dulu yang kedua, Semoga diwaktu lain kami bisa menengok pula—yang pada akhirnya keputusan ini sangat kami sesali. Dari Yoni yang pertama sangat-sangat dekat sekali: saran kami telusuri pula!!!).
menyusuri jalan setapak menuju Yoni Candirejo
         Keluar dari Candiretno kami kembali kearah jalan utama. Kira-kira 500m disebelah kiri ada Makam Muslim Dukuh Bandungan. Kami kemudian berjalan menyusuri jalan setapak melewati makam tersebut, “Susuri saja jalan setapak, setelah makam sampai melewati lading sengon, kemudian ketemu dengan persawahan. Makam yang kedua (kuno) ada disebelah kiri makam. Yoni Nampak dari pematang sawah tersebut”, jelas narasumber yang kedua, yang kami temui di pintu masuk makam.
                Kami ikuti petunjuk Bapak tersebut, berjalan kira-kira 200m akhirnya Nampak, Keunikan Yoni Unfinished Candiretno :
Yoni Unfinished Candiretno Secang Magelang























Saat kami kesini nampak makam ini memang jarang didatangi peziarah, mungkin karena makam kuno sehingga sudah habislah ahli warisnya (ini mungkin lho ya…, hanya dugaan saya).
Kami menyimpulkan ini bakal dibuat yoni, atau dalam istilah kami Yoni Unfinished, dimana saat itu masih dalam proses pembuatan, karena sesuatu hal dibatalkan dan pembuatan tidak diteruskan. Namun untuk terbaliknya kami tak yakin apakah proses pembuatan dulu dibalik, atau perbuatan masa jauh setelah itu (aneksasi peradaban baru) kami tak bisa meyakini salah satunya.
Yoni Unfinished Desa Candiretno Secang Kabupaten Magelang
Keyakinan kami ini adalah Yoni Unfinished berdasarkan pengalaman atas pengamatan kami saat menelusuri situs di beberapa tempat.
Melihat dari ciri - ciri :
Bakal Cerat Yoni,
Yoni Unfinished Candiretno Secang Magelang
Mahkluk Penyangga Cerat Yoni,
Kura-Kura 
kura kura 
Naga 
Naga di Yoni Unfinished candiretno Secang
Badan Yoni yang Nampak sudah ada hiasan pelipitnya, 
Bagian Bawah (Saat ini terbalik menjadi yang terlihat) sangat rata, 
 Yoni Unfinished Desa Candiretno Secang Kabupaten Magelang
 Selain Yoni unfinished, saat kami menyibak ilalang nampaklah di mata kami batu bata kuno yang berukuran lumayan besar serta beberapa dipakai untuk makam.


Semoga tetap alami seperti ini, tetap berwibawa seperti sedia kala dan terhindar dari tangan tak terpuji!!.
Yoni Unfinished Desa Candiretno Secang Kabupaten Magelang
     Tak Tertarikkah anda, mengetahui tinggalan Yoni Unfinished yang Unik Ini? 
di Yoni Unfinished Candiretno Secang Magelang
     Coba bayangkan pakai alat apakah para pendahulu kita membuat seperti ini?
Salam Blusukan garis Keras 
Mampir di Yoni Unfinished Candiretno Secang Magelang

Nb :
1.       Kami sarankan untuk mengoles anti nyamuk disini terutama yang punya golongan darah A/AB. Nyamuknya super banyak. Mungkin tak pernah terjamah manusia dalam jangka waktu lama.
2.       Jika ada yang mengetahui cerita/ sejarah/mitos tentang yoni ini atau malah sejarah makam… saya mohon berkenan untuk menjadi contributor. Copyright pastinya dan tentu pencantuman sumber.
Yoni Unfinished Desa Candiretno Secang Kabupaten Magelang
#Penelusuran Berlanjut menuju Triple Lapik Arca




























1 komentar: