Kamis, 05 Januari 2017

Petirtaan Sidomukti : Potensi Wisata yang terpinggirkan

Petirtaan Sidomukti
5 Januari 2017, Blusukan Kemisan masih berlanjut.  Awalnya tujuan kaki ini adalah pos pendakian mawar (menuju Puncak Gunung Ungaran), rencana personel yang blusukan kemisan Saya, Lek Sur, Mas Dhany dan Mas Eka Double (Ucrit & Usrok).  Jam 2 kami kumpul di TB. Dhany Putra Kemudian langsung menuju lokasi. Meluncur melalui area Bergas, kemudian Jimbaran dan masuk kearah lokasi wisata Umbul Sidomukti, dimana di lokasi wisata ini ada situs runtuhan candi dan beberapa arca pula yang di display di dekat cafĂ© sebelah kolam renang. (link : SitusUmbul Sidomukti).
Di pasar Jimbaran, ternyata sudah menunggu Mas Iwan Putra (Putra’ Clan) yang memang berdomisili di Jimbaran-Sidomukti. 
Dan resmilah Mas Iwan ini menjadi sang penunjuk jalan. Awalnya kami mengira akan langsung masuk ke Umbul Sidomukti, makanya saat itu saya langsung tanya, “Situs ada di dalam kompleks wisata? Yang lain saja, tiketnya tak murah je… kata saya”, “Kita ke Petirtaan saja Mas”, jawab Mas Iwab Putra. Okelah... heheheh
Singkat cerita, di tikungan terakhir / hamper 90 derajat, ada gapura masuknya, masuk sebelah kiri dimana jalan berpaving yang hanya cukup untuk satu motor. 
Bila turun hujan sahabat harus berhati-hati Karena mungkin saja licin karena dibeberapa bagian licin dan tidak rata. Namun tak sampai 100m sampailah. 
Petirtaan Sidomukti : Struktur Batu Candi 
Dari cerita masyarakat, Sendang ini masih digunakan untuk kungkum para pemain reog sedang reognya di letakkan di bawah pohon dan ada sesaji lengkap.
Arca Catur Muka Petirtaan Sidomukti
Beberapa batu putih, kotak dan berukuran besar tertata rapi,
Istimewa sekali petirtaan ini dulunya saat masih utuh, batu putih menjadi petirtaan yang indah, apalagi kejernihan air mengalir.
Eksotis! kata yang hampir menggambarkan petirtaan ini.

      Satu arca yang telah rusak dan hanya bisa meraba-raba dari sisa wajah, yang nampaknya ini adalah caturmuka (penggambaran wujud dewa siwa).
Arca Catur Muka Petirtaan Sidomukti



     Saat ada warga yang tertarik dengan aktivitas kami, “Masih ada 2 arca lagi yang lebih bagus kondisinya, namun belum saatnya muncul mas”, ungkap warga tersebut sambil berlalu. 

     Dan membuat kami bengong berjamaah. W.O.W. 

    Keberadaan pohon Bulu yang berukuran besar memberikan kesan teduh dan aura yang berwibawa.

Dugaan kami mata air di petirtaan ini pun masih bertahan terus memancar karena pohon ini pula. 
Jadi kenapa banyak pohon di sekitar kita yang berukuran besar ditebangi? 
Diambil inti kehidupannya? 
Ditarik energinya hingga akhirnya mati?
 Bukankah akhirnya mata air kehidupan mati? 
Tak sadarkah dirimu?





Petirtaan Sidomukti
Posisi petirtaan dekat dengan wisata Umbul Sidomukti yang sudah banyak dikenal ini masih alami, walaupun ada usaha dari desa untuk membangun menjadi pemandian umum, namun saat ini terbengkalai. 


Beningnya Petirtaan Sidomukti
Bila dikemas lebih menarik, kami yakin Desa Sidomukti memiliki juga destinasi Wisata milik desa yang bukan milik perseorangan : Petirtaan Sidomukti, Destinasi Wisata Sejarah dan air alami.
Petirtaan Sidomukti : gemercik pancuran segar
   Suasana sangat tenang, damai cocok bagi seseorang yang mendambakan refresing untuk melepas penatnya rutinitas pekerjaan. 
        Air yang jernih dan dingin menjadikan kesegaran alami yang bisa dirasakan bila membasuh muka. 
     Pemandangan alam sekitarpun menakjubkan.










    






  Bahagia bagi kami itu sederhana, blusukan Situs… Itu saja…
Petirtaan Sidomukti
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
Petirtaan Sidomukti
 Nb :
     Penelusuran berlanjut : menelusuri Jejak purbakala di Silowah Pagersari Kec. Bergas… Link segera terhubung.
- Melalui tulisan ini pula kami mohon maaf kepada Lek Suryo, atas miss Koordinasinya sehingga tertinggal dan tak ketemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar