Kamis, 10 Juli 2014

Situs Watu Gudig

Situs Watu Gudig
6 Juni 2014      
       Setelah dari Candi Candi Ijo, Tujuanku semula adalah langsung ke Candi Barong. Namun di tengah jalan tepatnya di Dusun Jobohan, Desa Bokoharjo Kecamatan Prambanan Sleman ada papan Nama Situs Gudig, arah papan nama tersebut menunjuk jarak hanya sekitar 200m saja. Tnpa pikir panjang aku langsung berbelok masuk gang menuju Situs Watu Gudig.
watu gudig
    Watu Gudig, berasal dari bahasa jawa yang berarti adalah satu jenis penyakit kulit, itu menurut masyarakat karena batu-batu situs ini banyak bercak-bercak putih (jamur) seperti penyakit Gudig. Akhirnya penduduk setempat menamakan bebatuan tersebut dengan panggilan watugudig (watu=batu, gudig=luka/bopeng).
     Disebelah situs ini berada pemakam umum Dusun jobohan.
Yang masih tersisa di situs ini adalah sejumlah batu-batu bulat, besar, yang tersebar hampir dimana-mana. Bebatuan ini memiliki diameter terbesar 75cm sedangkan yang terkecil berukuran 53cm.

         Mungkin merupakan suatu bangunan semacam pendopo dengan pilar dan atap yang terbuat dari kayu. dan Konon tempat ini sering digunakan oleh prabu Boko sebagai tempat melepas penat/ istirahat.




 Bebatuan itu nampak tersesusun rapi membentuk formasi segi empat, sementara sebagian lagi berserakan diberbagai sudut lokasi dan ada pula yang menggerombol sedikit terpisah dari formasi utama.
     Di Areal Situs Watu Gudig juga ditempatkan beberapa arca/batu candi hasil penemuan warga secara tak sengaja; saat mencangkul di sawah, menggali u pondasi dll. Karena memang di Kawasan Bokoharjo banyak sekali / bertebaran batuan candi.

    Atas inisiatif masyarakat, batu/arca yang ditemukan kemudian  di kumpulkan di situs terdekat, agar aman serta terawat dan yang paling penting bisa diteliti dikemudian hari ; asal-usulnya.

Salam Pecinta Candi...
Mampir situs  watu gudig

Tidak ada komentar:

Posting Komentar