Rabu, 06 Juli 2011

Candi Gedong V

Kompleks Candi Gedong Songo
Candi Gedong V (Candi Gedong songo)
Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C)Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang.Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan,Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.
Perjalanan kedua, 'eksplor Candi Gedongsongo akhirnya terlaksana juga, Jumat tanggal 1 Juli 2011 jam setengah 3 meluncurlah dari kantor. Saya memaksakan diri ke candi walau dengan kondisi fisik yang sedikit meragukan.
tampak dari belakang
Agak sedikit mendung dilangit ketika saya sampai di kompleks candi gedongsongo ini, tujuan utama saya hanya satu candi yaitu candi Gedong V. Setelah Bayar Tiket Rp. 6000,- (lokal, kalau turis asing Rp. 25.000,-), langsung saya menuju candi gedong V. Setelah pintu gerbang Candi Gedong9, langsung kearah kiri melewati kandang kuda, agar lebih cepat saya melewati kandang kuda ini terus kekiri.
Kalau sahabat lurus nanti akan ketemu Candi I,II,II dst...dan merupakan urutan candii yang benar). Candi Ini Berada pada ketinggian 1.308 mdpl di Gunung Kendalisada (berdekatan dengan Gunung Ungaran).
Kala
dupa yang tersisa di sudut candi
Patung Dewa
sesampainya di pos pandang menuju candi Gedong V, kondisi fisik malah ngedrop, kepala pusing, perut mual... (yang terjadi selanjutnya----sensor saja---), setelah beristirahat agak lama di gardu pos pandang, saya melanjutkan berjalan kaki menuju candi Gedong V. Walau terlihat perjalanan kali ini tampaknya akan berat, tapi karena kepalang basah berada di sini, kuteruskan saja.... masih tersisa semangat dan niat yang harus sampai, tidak boleh tidak maka lajulah kaki saya walau dengan 'ngos-ngos an.... --- saran saya ikutilah jalur yang benar... sahabat mulai candi I-II-III dst...jadi jalan tidak terlalu nanjak...(kuranglebih rute langsung keCandi Gedong V ini 60 derajat)
  Candi Gedong V ini, didampingi 1 candi perwara yang runtuh tinggal sedikit sisa yang masih berdiri, juga beberapa reruntuhan yang terletak di belakang candi (dari papan nama candi) yang berada pada dataran yang lebih rendah sedikit, yang konon katanya merupakan 2 bangunan candi yang sekarang tinggal reruntuhan candi serta pondasinya saja.
Atap Candi Gedong V
Batuan pondasi
     Candi Hindu yang merupakan peninggalan jaman Wangsa Syailendra ini sampai sekarang masih digunakan untuk beribadah, terbukti banyak, dupa,hio ataupun kemenyan dan bunga sesajen.
Hiasan pintu masuk candi yang berupa Kala pun masih terlihat hanya saja Yoni yang sudah tidak ada.
tangan jahil
Disisi sebelah kanan candi, di dindingnya masih ada bekas arca
Yang memprihatinkan ada beberapa ukiran nama yang dibuat orang (bukan tulisan asli candi)... selain beberapa coretan di dinding batu candi dan banyaknya sampah yang bertebaran disekitar candi....
Reruntuhan Candi yang katanya candi ke 9

Selain Eksotisnya candi, sesekali kita akan mendenngan kicauan burung-burung di sekitar Candi.
Beberapa kali kabut datang dan pergi selama saya berada di Candi Gedong V ini, selain hawa dingin yang menusuk tulang (pen dikaki berontak nic.... ketika yang datang kabut yang pekat dan malam mulai datang akhirnya saya memutuskan untuk turun 'gunung'.....
Berbeda dengan perjalanan menanjak tadi, sekarang perjalanan menurun, curam sampai ingin rasanya berlari..... tentunya saya tidak berlari..... rasanya capek banget....
----
tapi ini adalah perjuangan yang menyenangkan bagi saya, sampai ketemu lagi di Candi Gedong IV... semoga tidak lama lagi-

berpose diatas reruntuhan candi dilatar belakang candi Gedong V yang diselimuti kabut/ diambil sekitar jam 17.30
kira kira bila para sahabat ingin berkunjung ke gedong songo.... diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.