Selasa, 07 Agustus 2018

Situs purbakala di Kantor Desa Bergas Kidul : Watu Umpak


Umpak : Situs purbakala di Kantor Desa Bergas Kidul
Selasa 7 Agustus 2018. Sebenarnya bukan termasuk blusukan, karena terus terang saja serba kebetulan. Bagaimana tidak... ceritanya panjang sekali...
Umpak Bergas Kidul : Sumber dari website dinas
Cerita berawal sekitar tahun 2011-an ketika saya mencari sisik melik keberadaan Yoni yang berubah fungsi menjadi pawon atau alas kompor salah satu (konon perangkat desa) warga Bergas Kidul (Saat itu saya mendapatkan sumber informasi berasal dari sebuah website instansi, namun saat ini instansi tersebut telah pisah dengan instansi induknya, website ini telah hilang, untung saja saya sudah menyimpan dalam bentuk screenshoot).
Beberapakali pas blusukan disekitar area desa Bergas Kidul, selain bertanya situs yang dituju, juga tak lupa untuk bertanya keberadaan yoni ini. Bahkan awal-awal kenal dengan Mas Dhany (paling beliau lupa, jika saya sudah bertanya) malah saya titip pesan untuk dia mencari keberadaan di dapur rumah perangkat kenalannya. Sayangnya berlalu-nya tahun berlalu pula informasi tersebut.
Posisi Watu Umpak 2015
Sampai kemudian 2015, saat saya tak sengaja lewat di depan kantor Desa Bergas Kidul, tak sengaja saat menoleh ..eh di pojok dekat tangga masuk ada batu candi yang menyedot perhatian saya. Tanpa pikir panjang saya balik kanan dan memastikan secara langsung.
Yeah…!!,benar sekali, 'Watu Umpak' dugaan waktu itu.  Karena sudah menjelang waktu Magrib, tak satupun ada yang bisa saya tanya. Akhirnya ya hanya mencoba mendokumentasikan secara detail
Dalam Kenangan 2016 : Di watu Umpak Bergas Kidul
Dan sialnya saya terlupa terhadap info tentang keberadaan Yoni yang selama ini saya sangat cari-cari ingin saya telusuri. 
Tak ingat lagi bentuk, ciri dan bagaimana rupanya. Saking lupanya, saat kedua rekan lama ini blusukan setahun kemudian saya belum sadar juga, (sekitar tahun 2016).
Sekitar pertengahan 2017 Umpak ini sudah tak ada ditempatnya ketika saya kembali lewat. 
Timbul rasa menyesal, belum sempat mengupas tuntas.
Situs purbakala di Kantor Desa Bergas Kidul : Watu Umpak
Namun, hari ini. Agustus 2018 saat datang ke Kantor Desa bersama mobil perpusling, tepat didepan mobil batu itu di tempatkan,  saya seperti ingin meruntuki diri saja. 
Situs purbakala di Kantor Desa Bergas Kidul : Watu Umpak
Ternyata ini (umpak), adalah batu candi yang selama ini saya cari-cari. 
Karena ternyata, setelah saya amati lebih lama, saya ‘pegang’, sentuh secara langsung, nampaknya detail mirip gambar yang saya dapatkan dari website xxxx tersebut. 
Semua orang pasti pernah salah”, itu saja permakluman dari saya, namun saya sangat menyesal baru tersadar watu candi inilah yang disebut Yoni itu. (yang baru ngeh ternyata di deskripsi dibawah gambar adalah umpak. Dengan ukuran yang sama persis.
Posisi Watu Umpak Bergas Kidul 2015
Lega…. Plong sekaligus tertawa geleng kepala mengutuki kealphaanku. Seperti sebuah peribahasa gajah dipelupuk mata tak Nampak, semut di ujung laut jelas terlihat.
Namun semoga pihak desa segera merealisasikan ide membuat wisata edukasi sejarah. 
Agar segera diamankan, tak keburu dicolong mafia laknat (maaf tapi memang seperti itu pengucapannya---hehehhe).  
Detail Watu Umpak terkini (2018),


Di Kantor desa ini sendiri ada beberapa benda tinggalan kuno lain selain umpak, ada kentongan kuno juga lumbung padi kuno yang konon adalah tinggalan di masa kerajaan Demak.
Sampai Ketemu lagi di penelusuran berikutnya.....

Salam Pecinta Situs dan Watu Candi 

#hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar