Rabu, 22 Maret 2017

Watu Lumpang Seleses : Jejak Peradaban tanah silam.

Watu Lumpang Seleses

 Rabu, 23 Maret 2017. Kali ini berawal dari ketidaksengajaan melihat sebuah postingan dari Tapak…., di Grup Ambarawa tentang watu Lumpang. Segera saya kumpulkan beberapa informasi keberadaan watu lumpang tersebut dari komentar dari postingan tersebut. (Kalimat ini atas perkenan ijin dari beliau mas Tapak Sakti: masih menunggu permitted). Kenapa saya sangat ingin langsung menelusuri lokasi? Jawabanya, Karena beberapakali saya menelusur sumber Air Seleses ini hasilnya nihil. Dibeberapa naskah sebelumnya pernah saya tulis, dan yang paling mencolok adalah telah hilangnya Golek Kencono : diduga Arca dewa Siwa dari kawasan di mata air seleses ini.
Ketika saya mendapati informasi keberadaan ‘teman’ lain yang mungkin saja berkaitan dengan keberadaan golek kencono tadi maka saya tak menunda waktu. Di area ini, tak terlalu jauh ada beberapa tinggalan seperti struktur bangunan suci (=candi), juga yoni menjadi bukti nyata, sebuah peradaban yang luhur masa itu yang bersemayam disini.
Dan kebetulan saat saya berkomentar di status tersebut, ada rekan merespon “sang absurb” Mbah Eka, = status e belum jelas tapi dedikasi atas pekerjaane saya akui joss gandhoss..--- end. Singkat cerita kami janjian di Perpusda Kab. Smg (alun2 lama Ungaran) –tempat kerja saya---. Start  jam 3 sore, walaupun langit gelap berarak, namun tak menyurutkan semangat kami. Melalui jalur belakang, setelah melewati dusun demi dusun sampailah kami di depan sebuah pabrik (Tahu mungkin), di bawah sumber mata air Seleses (Yang entah mulai tahun berapa sudah diambil PDAM, dan hanya menyisakan beberapa puluh debit air untuk pertanian). 
Berbekal Informasi, “Didekat PDAM, dibelakang POS Satpam.” Dari gambar yang diposting juga menambah pelengkap petunjuk bagi kami. 
Di pinggir kali, dibawah pohon kresen kami turun....
Berada di sungai yang jernih. Dan beberapa detik kemudian setelah kami meminta ijin security, kemudian kami telusuri tepian sungai di samping kanan Pos satpam.
Dan Ketemulah, 
Watu Lumpang Seleses
Berada di lereng sungai, diantara bebatuan alam dan ditutupi rumput liar, maklumlah banyak orang yang tak mengetahuinya…. Hehehe security yang kami minta ijin saja malah tanya, “Apa iya ada mas?”, hehehehe. (seperti yang Mbah Eka ceritakan ulang kepada saya.). Untung Mbah Eka bawa pisau lipatnya, setelah saya bersihkan secukupnya mulailah kami mencoba secara detail mendokumentasikan gambar Watu Lumpang Seleses.
Watu Lumpang Seleses
Beruntungnya, tas ransel saya ada meteran, untuk mengetahui dimensi lumpang ini, bejo double… kamera Nikon bernomor seri kantor masih di Tas Ransel, karena sebelumnya mendokumentasikan kegiatan di Perpus Ambarawa. Keberuntungan saya berlipat-lipat dengan satu titik cerah di seleses ini.
Watu Lumpang Seleses
Bentuk Lumpang tak bulat sepenuhnya, melihat dari cirri fisik lumpang nampaknya beberapa mengalami kerusakan sehingga membentuk sudut bukan bulat sepenuhnya. Dugaan saya terbentur batuan yang hanyut karena banjir. Perdebatan lumayan seperti debat pilkada terjadi antara saya dan mbah eka insitu atau Lumpang ini hanyut terbawa aliran = posisi asli diatas, dibukit yang sama dimana golek kencono’ berada.

Watu Lumpang Seleses

Setelah kami nongkrong agak lama disertai berbagai pandangan dan ilmu kira-kira, kesimpulan sementara dari berbagai asumsi, berbagai argumen lumpang ini insitu, alias dari dulu dilokasi ini.. 
Tapi pasti berkaitan dengan beberapa peninggalan di area Seleses ini. 
Watu Lumpang Seleses
---sekali lagi kami mohon kiranya dimaklumi, pengetahuan kami hanya tak sedalam laut atlantik (rodo lebay)--- mohon pencerahanya para ahli.
Adapun berbagai dugaan fungsi lumpang pada masa lalu, tak akan saya bahas disini, para ahli pasti lebih tahu… hehehehe.
Batu-batu yang berlimpah disungai ini, dan Lumpang diantaranya, 
Rasa penasaran yang rasanya ingin keluar dari angan-angan, kemudian kami mencoba menyusuri hulu sungai, karena kami yakin tak hanya watu lumpang ini saja. Untuk kali ini kami tak menemui hasil, namun keyakinan kami suatu saat akan berjodoh. Tapi keanehan yang kami lihat, hulu sungai ini tak ada aliran air… maaf kami terlupa mendokumentasikan hulu sungai dimana berada di area mata Air Seleses yang suasanya sungguh ‘berbeda” dengan puluhan pohon besar dan tua-nya… Artinya ; walaupun air sudah disedot habis PDAM, pohon-pohon besar ini tetap menjaga aliran air untuk pertanian warga. Yang Kuasa memang adil… Semoga manusia tetap adil untuk merawat pohon pohon ini.  
Di Gerbang batu Seleses, berlatar belakang Mata Air Seleses.
 Karena waktu durasi masih longgar, kami mencoba melanjutkan ke satu daerah bernama Si Petir-Sikreo, dimana ada beberapa Arca yang terpendam di lumpur sawah. ---Tunggu saja naskahnya--- Karena masih terpendam dan padi nya belum panen.
Berduet Blusukan, Mencoba merekontruksi jejak masa tersilam. 



















Salam Peradaban !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar